Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia. Ternyata kunyit yang banyak dipakai sebagai bumbu masak, terutama dalam aneka kuliner di restoran Padang, banyak manfaat bagi kesehatan. Berkat menyantap kuliner yang banyak mengandung kunyit tersebut masyarakat berusia lanjut mampu terhindar dari penyakit alzheimer. Baca Khasiat kunyit untuk kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr.Sally Fraitschy dan rekan-rekannya dari Universitas California Los Angeles, AS, kunyit yang nama genusnya curcuma bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur tetapi juga sebagai tumbuhan obat. Salah satunya mampu menekan risiko penyakit alzheimer.

Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia

Penelitian yang mereka lakukan terhadap tikus membuktikan bahwa kunyit mampu mengurangi plak protein atau amyloid dalam sel otak, dan juga mengurangi respon otak terhadap amyloid ini. Adanya plak protein merupakan tanda timbulnya alzheimer.

Selama ini kunyit juga banyak dipakai untuk materi ramuan tradisional sebagai antioksidan dan antiperadangan yang kuat.

Dalam riset di laboratorium, frautschy memberi makanan kunyit kepada tikus berusia sembilan bulan dan 22 bulan. Semua tikus tersebut disuntik dengan amyloid sehingga menyerupau penyakit alzheimer.

Hasilnya menunjukan, kunyit dapat mengurangi jumlah akumulasi beta-amyloid serta hilangnya protein didalam sinapsis, atau penghubung antara sel saraf yang menjadi bab penting daya ingat. Demikian penjelasan singkat dari riset tersebut.

Dengan demikian alangkah baiknya bagi orang renta lansia untuk selalu menyertakan kuliner dengan bumbu kunyit semoga dapat terhindar dari penyakit alzheimer.