Bahaya gorengan bagi kesehatan dan kecantikan – Anda suka makan makanan gorengan? Mungkin kebanyakan orang menyukai makanan yang digoreng. Selain mudah dibuat, juga memiliki rasa yang renyah. Inilah makanan yang menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Namun bagaimana dengan kandungan, manfaat, dan bahayanya?
Berbicara perihal gorengan, memang rasanya enak, renyah, gurih, dan menyenangkan. Anda mampu memakan gorengan dimana saja, bahkan sambil nonton televisi atau sebagainya, karena praktis. Tapi tahukah anda kalau bekerjsama segala makanan yang digoreng itu kurang baik untuk kesehatan? Hal ini karena makanan gorengan mengandung kolesterol yang tinggi yang tentunya berasal dari minyak tersebut. Belum lagi jikalau minyak yang digunakan yakni minyak bekas yang sudah berkali-kali dipakai, itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Bagi anda yang menyukai segala macam makanan gorengan, mungkin banyak yang belum mengetahui apa saja ancaman dari gorengan yang biasa dimakan setiap harinya. Nah, biar lebih berhati-hati, berikut ini beberapa ancaman gorengan bagi kesehatan maupun kecantikan:
Bahaya gorengan bagi kesehatan dan kecantikan  Bahaya Gorengan Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Bahaya Gorengan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bahaya gorengan bagi kesehatan

1. Batuk-batuk

Makanan yang digoreng dengan minyak dapat menimbulkan gangguan pada tenggorokan. Salah satunya yakni batuk-batuk. Hal ini dikarenakan minyak yang digunakan untuk menggoreng kotor, sehingga menimbulkan benjol pada susukan tenggorokan sampai menimbulkan batuk kronis.

2. Gatal-gatal pada tenggorokan

Seperti yang terdapat pada poin 1, bahwa makanan yang berminyak atau yang digoreng dapat menimbulkan duduk perkara pada tenggorokan. Tenggorokan akan terasa gatal-gatal. Hal ini disebabkan karena senyawa akreolin yang terbentuk oleh pengendapan minyak goreng tersebut.

3. Nyeri dada

Anda pernah mengalami nyeri dada setelah mengkonsumsi makanan yang digoreng? Nyeri dada dengan sensasi terbakar pada dada ini akan dapat menjadi parah ketika berposisi berbaring atau membungkuk. Nyeri ini disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus atau susukan makanan yang  mengalirkan makanan dari verbal ke lambung. Kurangilah makanan gorengan yang anda konsumsi serta jangan berlebihan.

4. Gangguan pencernaan

Memang gangguan pencernaan ini tidak dianggap serius oleh sebagian orang, namun gangguan ini sering dialami oleh banyak orang. Hal ini karena makanan yang mengandung banyak lemak yang sangat asam dan berat pada perut. Jika anda mengunyah makanan gorengan dengan baik, maka akan lebih mudah dicerna dan dapat mengurangi duduk perkara perut.

5. Kadar kolesterol yang sangat tinggi

Minyak yang digunakan untuk menggoreng terdapat kandungan kolesterol yang tinggi dan dapat menimbulkan banyak sekali macam penyakit. Bahkan jikalau minyak itu yakni minyak bekas akan lebih tinggi lagi kandungan kolesterolnya, karena sebagai akhir dari pengendapan yang terjadi pada minyak goreng. Dan minyak bekas akan membentu lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol.

6. Dapat memicu penyakit tekanan darah tinggi

Gorengan juga dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan kolesterol yang sangat tinggi pada minyak yang digunakan untuk menggoreng. Apalagi kalau minyak tersebut yakni minyak bekas. Mengkonsumsi makanan gorengan dapat memicu kenaikan tekanan darah lebih cepat.

7. Memicu penyakit jantung

Selain kenaikan darah, mengkonsumsi makanan gorengan juga dapat menimbulkan penyakit jantung. Serangan jantung mampu terjadi akhir dari tingginya kandungan kolesterol yang tedapat dalam minyak goreng tersebut. Hal ini akan lebih parah jikalau terlalu berlebihan mengkonsumsi gorengan.

8. Kanker usus besar

Mungkin hal ini banyak yang belum mengetahuinya. Salah satu penyebab kanker usus besar yakni karena contoh makanan yang salah, salah satunya yaitu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng. Minyak bekas yang digunakan untuk menggoreng lagi dapat menimbulkan terbentuknya asam empedu dalam usus yang dapat mengiritasi usus.

9. Tukak lambung (ulcer)

Tukak lambung yakni penyakit luka yang terjadi pada episode lambung atau usus yang menimbulkan rasa nyeri pada sistem pencernaan yang dapat membangkitkan gangguan pencernaan. Penyakit ini disebabkan oleh basil pylori. Gorengan ini menimbulkan keasamana dan ulkus dalam perut. Jika ingin mengurnagi duduk perkara perut, maka hindarilah makanan junk food atau gorengan.

Dampak buruk bagi kecantikan

1. Menyebabkan kulit menjadi kusam dan berminyak

Makanan yang bermninyak jikalau dikonsumsi akan dapat menimbulkan banyak sekali macam gangguan kecantikan. Salah satunya yakni kulit kusam dan berminyak. Hal ini karena lemak dari minyak tersebut akan disimpan dalam badan dan hasilnya dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dengan demikian, kulit akan menjadi kusam dan berminyak. Oleh alasannya yakni itu hindarilah makanan berminyak, minimal tidak mengkonsumsi berlebihan.

2. Menyebabkan kulit wajah berjerawat dan komedo

Setelah kulit anda berminyak dan kusam, maka akan mudah menimbulkan banyak sekali duduk perkara kulit wajah menyerupai jerawat dan komedo. Kulit yang berminyak dapat mempermudah abu dan kotoran atau polusi udara menempel pada kulit anda dan menutupi pori-pori kulit. Inilah yang menimbulkan kulit anda menjadi berjerawat dan berkomedo.

3. Menyebabkan keriput dan penuaan dini

Konsumsi gorengan yang berlebihan dapat menimbulkan kulit menjadi berminyak. Inilah yang menimbulkan kulit menjadi keriput, muncul gari-garis halus serta duduk perkara penuaan lainnya. Kulit yang berminyak dapat memicu munculnya gejala-gejala penuaan dini, sehingga wajah akan terlihat lebih renta dari biasanya.

4. Membuat rambut lepek berminyak dan berketombe

Selain pada kulit, gorengan juga dapat menimbulkan duduk perkara pada rambut. Jadi, ketika anda mengkonsumsi gorengan berlebihan, tidak hanya kulit saja yang akan mendapat masalah, tapi juga rambut akan mencicipi msalah tersebut. Ya, rambut akan lebih mudah lepek, berminyak, dan juga berketombe. Kurangilah mengkonsumsi makanan gorengan dan jangan berlebihan.
Demikianlah info perihal Bahaya Gorengan Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Gorengan memang menjadi makanan favorit kebanyakan orang, namun ingat, gorengan tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan, jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.