Tumbuhan Untuk Mengatasi Penyakit Kuning Tumbuhan Untuk Mengatasi Penyakit Kuning Tumbuhan Untuk Mengatasi Penyakit Kuning. Penyakit Demam Kuning atau dalam bahasa asingnya icterus atau jaundice ialah suatu penyakit yang menyebabkan sipenderita pada biji bola mata dan air kencingnya menjadi kuning dikarenakan akhir akumulasi pigmen bilirubin dalam darah dan jaringan meningkat. Jika dibiarkan sehingga pasien menjelma kuning Penyakit ini terbilang cukup berbahaya dan mesti dirawat secara khusus dan sipenderita harus istirahat yang cukup.

Penyebab terjadinya sakit kuning karena perjalanan air empedu dari hati tersekat oleh kerikil empedu dalam pembuluh empedu, atau mampu saja penyakit kuning itu berasal dari beberapa penyakit seperti:  batu empedu, kurang ASI (pada bayi) sirosis hati, kanker pankreas, liver, Karena kerusakan sel-sel darah yang disebabkan oleh penyakit raja singa, penyakit malaria, dan gigitan nyamuk aedes aegypti dll.

Gejala atau tanda-tandanya

  1. Nafsu makan berkurang.
  2. Terasa pahit dalam mulut.
  3. Suhu tubuh naik hingga lebih dari 39 C.
  4. Terasa nyeri yang andal pada kepala dari muka dan dari belakang, kemudian menjalar ke tulang belakang dan kaki.
  5. Susah kering bila mendapat luka berdarah.
  6. Denyut nadi cepat sekali.
  7. Muntah-muntah, awalnya ibarat lendir kemudian empedu menjadi serbuk kopi.
  8. Warna kotorannya merah agak kebiri-biruan.
  9. Warna kuning mula-mula pada episode mata yang putih, kemudian mejalar keseluruh tubuh sehingga warna kulit menjadi kuning dan berdarah.

Perawatan yang harus dilakukan

  1. Usahakan supaya sipenderita menerima cukup istirahat.
  2. Berikan kepada sipenderita makanan yang cair (halus-halus) selama 2-3 hari.
  3. Sesudah 2-3 hari gres beliau boleh dikasih makanan bubur kacang hijau, sayur (bayam, bortel, daun singkong, kacang panjang), kuning telur ayam diaduk dengan madu atau hati sapi.
  4. Berilah ia buah buahan yang masak pohon (pepaya, mangga, sawo manila, pisang, tomat).
  5. Hindarilah makanan yang berminyak dan bumbu yang berbau tajam (lombok, lada).
  6. Demahlah tulang belakangnya dan rendamlah kedua belah kakinya dengan air panas yang dapat ditahannya.
  7. Kompreslah kepalanya dengan kompres hambar 2-3 kali sehari.

Pengobatan sakit kuning dengan ramuan tradisional

  • Bratawali 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tersisa setengahnya. Sesudah hambar disaring lalu diminum dengan madu seperlunya 3 kali sehari 3/4 glm.
  • Bunga pepaya gantung 1/2 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 2 glm sehingga tersisa setengahnya. Sesudah hambar disaring lalu diminum. Bunganya dimakan 2 kali sehari 1/2 glm.
  • Rimpang kunyit 1 jari, dicuci bersih lalu diparut, diseduh dengan air panas 1 sdm dan madu 2 sdt, diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari.
  • Daun dan bunga srigading masing-masing 1/3 dan 1/4 ggm, dicuci dan direbus dengan air bersih 3 glm sehingga tersisa 3/4 nya. Sesudah hambar disaring lalu diminum dengan madu seperlunya 2xhari 3/4 glm.
  • Rimpang bangle 1/2 jari dicuci lalu diparut, diberi air masak 1 sdm dan madu 2 sdt, diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari.
  • Buah tomat yang telah masak 2 buah, direndam dengan air panas sebentar, dikelupaskan kulitnya lalu dimakan 2 kali sehari.
  • Rebung bambu kuning 1/4 kpt, dicuci bersih lalu diparut, diramas dengan madu urni 1 sdm, diperas lalu disaring dan diminum 2 kali sehari.
  • Rimpang temulawak 3/4 jaridicuci bersih lalu diparut, diramas dengan madu murni 2 sdm, diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari.
  • Air kelapa muda hijau 3/4 gelas, diberi madu murni 2 sdm, diaduk hingga merata lalu diminum 2 kali sehari.