Jarang sekali orang memperhatikan dengan manfaat dan khasiat dari buah dan biji pala Mengenal Tanaman Pala dan Manfaatnya Mengenal Tanaman Pala dan Manfaatnya. Jarang sekali orang memperhatikan dengan manfaat dan khasiat dari buah dan biji pala, tanaman yang pada awalnya dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata kandungannya mempunyai manfaat yang sangat banyak. Tercatat Manfaat pala dapat digunakan untuk banyak sekali macam kepentingan kesehatan, kecantikan dan banyak sekali terapi pengobatan dengan memanfaatkan minyak asiri yang terkandung dari buah pala.

Buah pala yang mempunyai nama ilmiah Myristica fragrans dikenal sebagai tanaman asli Indonesia. Maluku merupakan asal muasal dari tanaman pala dan mempunyai banyak ragam dari jenis ini, dan pala banda yakni pala terbaik yang telah diproduksi dan diakui dunia sebagai pala terbaik penghasil minyak atsiri. Pada masa jajahan Inggris tanaman pala disebar ke banyak sekali negara jajahannya sampai sekarang tersebar luas diberbagai negara. Baca Tanaman penghasil minyak atsiri.

Kandungan Pala
Buah pala mengandung Vitamin A, B1, C, protein, lemak, pati gula, gliseda (borneol, giraniol, asam-miristinat, asam-oleat), serta minyak terbang (pinen, myristin, kamfen (zat membius), alkohol, eugenol, iso-eugenol, dipenten, pinen safrol), Minyak mengandung trimyristin.

Kelebihan dan sifat minyak pala

  1. Semua episode tanaman pala menyerupai batang, daun, dan biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit dalam tubuh.
  2. Tidak menyebabkan alergi Jika dioleskan pada kulit.
  3. Minyak pala dan minyak fuli dapat membunuh larva menyerupai nyamuk, lalat, serta serangga tanaman penyebab penyakit.
  4. Mengandung unsur psikotropika yang bisa menunjukkan efek halusinasi, sehingga sangat baik untuk mengobati stress dan menenangkan pikiran.
  5. Tidak dianjurkan mengonsumsi minyak pala secara berlebihan, hal ini dapat menjadikan keracunan, pusing, muntah, memicu amarah, bahkan dapat lebih parah lagi.

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Walaupun buah dan biji pala kecil, tetapi mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kebutuhan insan pada umumnya. Selain sering dijadikan bumbu kuliner ataupun manisan, buah pala paling sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan beberapa keluhan penyakit, selain itu kandungan minyak atsirinya yang baik sering dijadikan untuk terapi kecantikan dan pewangi aneka masakan. Berikut manfaat pala untuk kesehatan yang telah terbukti ampuh.

Menyembuhkan muntaber dan gangguan pencernaan
Ambil satu butir buah pala dan bunganya, 5 g jintan putih, kulit buah delima, dan 10 g jahe. Tamnbahkan kayu putih dan santa kelapa secukupnya. Aduk-aduk sampai merata, lalu balurkan pada episode perut yang terasa sakit.

Menghilangkan rasa lelah
Haluskan beberapa biji pala, kemudian larutkan dengan air garam dan sedikit alkohol. Usapkan pada episode tangan, kaki, punggung, dan episode pundak dengan larutan tersebut sampai terasa hangat dan pulih menyerupai sedia kala.

Menghilangkan rasa sakit haid
Haluskan satu biji pala, tujuh butir ketumbar, sedikit cengkih, dan sepotong rimpang kunir. Rebus dengan satu gelas air sampai mendidih, lalu saring dan minum pagi dan sore masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Gangguan telinga
Haluskan 5 g biji pala dan satu butir biji mahoni. Rebus dengan 500 cc air sampai mendidih. Setelah itu teteskan pada indera pendengaran yang sakit tiga kali sehari sampai hilang rasa nyerinya.

Menghentikan muntah
Tumbuk sampai halus satu sendok teh biji pala, kemudian tambahkan garam secukupnya. Lalu seduh dengan menggunakan air panas setengah gelas. Setelah agak hirau taacuh diminum seluruhnya sekaligus.

Mangatasi sulit tidur (Insomnia)
Sediakan beberapa biji pala, lalu tumbuk sampai halus. Campurkan beberapa tetes air sampai meresap, lalu usapkan pada area kening dan leher.

Manfaat lain Pala
Kino atau batang kayu pala sering dijadikan sebagai kayu bakar yang paling baik oleh penduduk pedalaman setempat.

Kulit, daun dan batang pala dapat dijadikan pewangi makanan. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak asirinya yang sangat baik.

Bunga pala atau fuli yang telah kering, dapat diseduh dengan air hangat. Hal ini berfungsi untuk keluarnya gas dalam usus secara cepat. Adapaun jikalau fuli dibungkus dengan kain lalu digantung, dapat mengharumkan ruangan sekaligus menunjukkan efek sedatif atau penenang bagi saraf yang tegang.