Manfaat Cengkeh Sebagai Tanaman Obat Tradisional 12 Manfaat Cengkeh Sebagai Tanaman Obat Tradisional 12 Manfaat Cengkeh Sebagai Tanaman Obat Tradisional. Sudah tidak diragukan lagi Manfaat cengkeh sebagai tanaman obat untuk mengatasi aneka macam penyakit,  Cengkeh atau cengkih sudah dari jaman dahulu sudah digunakan untuk mengobati penyaki menyerupai batuk dan sakit gigi. Sebagai jenis tanaman yang melimpah di Indonesia, cengkeh menjadi bumbu wajib untuk aneka macam hidangan khas nusantara. Sifat cengkeh hangat sering digunakan untuk memproduksi aneka macam minuman.

Cengkih atau cengkeh dalam bahasa botani dinamakan Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum, adapun orang inggris menyebutnya cloves.

Cengkeh sendiri mengandung minyak asiri kalsium oksalat, asam galatanat, gom, serat, tanin, kariofilen, metal amilketon, eugenol,asetil eugenol, dan air. Eugenol yakni kandungan penting yang dapat menunjukkan aroma yang khas dan dibutuhkan untuk kebutuhan indutri kosmetika, farmasi, pestisida nabati. bahkan dibutuhkan sebagai antiserangga, anti jamur, bakterisida, sampai nematisida.

12 Manfaat Cengkeh Sebagai Tanaman Obat Tradisional

Cengkeh sendiri biasa digunakan untuk kebutuhan terapi karena kandungan minyak asirinya yang khas. (Baca tanaman penghasil minyak atsiri) Namun, cengkeh juga dapat dijadikan obat alternatif untuk mengatasi aneka macam penyakit. Berikut manfaat cengkeh untuk kesehatan.

Mengobati Sakit gigi
Minyak cengkeh telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah terapkan minyak cengkeh ke dalam lubang di mana sakit gigi berada. Hasilnya luar biasa, zat yang ditemukan dalam cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

Mencegah Peradangan
Berbagai zat aktif menyerupai flavonoid yang ditemukan dalam minyak asli cengkeh. Flavonoid bekerja dengan sifat anti inflamasi yang akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik. Rasanya hangat juga mampu menjadi ekspektoran untuk mengobati aneka macam kondisi gangguan jalan masuk pernapasan.

Mengatasi mual dan muntah
Cengkeh memiliki aneka macam senyawa yang sangat efektif untuk mengobati mual dan muntah, selain minyak cengkeh juga efektif untuk mengatasi keluhan mual dan muntah.

Mengatasi pilek
Jika kondisi anda dingin, ada baiknya Anda mencampur minyak cengkeh dengan madu dan minum 1-2 kali sehari untuk menunjukkan efek hangat. Selain mengoleskan minyak di hidung juga mampu membantu meredakan pilek.

Menjaga badan supaya hangat
Dari zaman dahulu Cengkeh yakni herbal yang dapat menjaga badan untuk tetap hangat dikala dikunyah secara eksklusif atau dengan mengoleskan minyak pada episode masbodoh badan juga sangat efektif untuk menunjukkan rasa hangat.

Mengatasi Sinusitis
Ada banyak penelitian yang menghubungkan antara manfaat cengkeh dengan persoalan sinusitis. Cara pemanfaatan yakni dengan memanfaatkan abu cengkeh dan meletakkannya di episode dalam hidung.

Kesehatan Jantung
Penyakit jantung telah lama menjadi momok yang menyeramkan penduduk dunia. Kandungan eugenol dalam cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

Meredakan batuk
Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal di tenggorokan yang ada. Mungkin sedikit pahit rasa dan tidak ada kepahitan, tapi kandungan kimia dalam cengkeh yakni ekspektoran yang alami..

Meringankan abses jalan masuk pernafasan
Cengkeh memiliki aneka macam kandungan antioksidan dan aneka macam zat yang dapat mengurangi rasa sakit dan membunuh kuman yang menjadikan abses jalan masuk pernapasan.

Mengatasi Jerawat
Minyak cengkeh yakni salah satu herbal yang dari aneka macam penelitian yang sangat efektif untuk menyingkirkan jerawat. Hal ini sangat mudah yaitu meletakkannya di kawasan jerawat. Kemungkinan jerawat menyebar di wajah dapat dihilangkan dengan membunuh basil dengan pinjaman sifat antimikroba minyak cengkeh.

Menghilangkan noda dan gesekan di kulit
Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang penting untuk menghilangkan noda dan gesekan pada kulit yang disebabkan oleh cedera. Minyak ini dapat membantu membuat kulit lebih lembut.

Sumber antioksidan
Minyak esensial cengkeh kaya akan mineral, diantaranya natrium, fosfor, kalium, besi dan vitamin A dan C. Hal ini tumbuhan langka dalam bentuk minyak memiliki sifat antioksidan yang dapat memiliki baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Dengan demikian sediakan selalu cengkeh dirumah Anda sebagai perhiasan bumbu ataupun obat alternatif  untuk keperluan mendadak, agar bermanfaat.