Masa hamil yakni masa dimana sang janin peka terhadap makanan yang dikonsumsi sang ibu Hindari Kegiatan Ini Ketika Hamil Muda Hindari Kegiatan Ini Ketika Hamil Muda. Masa hamil yakni masa dimana sang janin peka terhadap makanan yang dikonsumsi sang ibu, ketika si ibu mencicipi keluhan kesehatan, lalu minum obat kimia ataupun jamu herbal untuk hilangkan penyakitnya, embrio akan cepat merespon dan dikhawatirkan berdampak buruk bila si janin tak tahan dengan efek samping dari obat yang di konsumsi ibu. Hal ini dapat membahayakan bila embrio mati berakibat keguguran, bila embrio bertahan dikhawatirkan mengalami kecacatan. Berikut beberapa hal yang mesti di hindari ketika masa kehamilan.

Hindari Kegiatan Ini Ketika Hamil Muda

Minuman beralkohol 

Jika sang ibu minum minuman beralkohol ketika masa hamil, sang janin akan mengalami ratardasi mental atau yang biasa disebut sindrom alkohol janin, semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka semakin besar kemungkinan risiko gangguannya. dimana janin akan mengalami masa keterlambatan pertumbuhan  mental,dan dikhawatirkan bayi lahir dengan cacat mental menyerupai idiot.
Merokok
Rokok dapat menimbulkan bayi lahir prematur dan membahayakan ibu dan anak alasannya yakni plasenta mudah lepas. Rokok juga memudahkan ketuban pecah secara dini risikonya terjadi sudden infant death syndrome, yaitu final hidup mendadak terhadap bayi dalam rahim tanpa diketahui penyebabnya.
Obat Kimia
Obat kimia dapat menimbulkan kerusakan janin dan bayi lahir cacat menyerupai kostikoroid untuk pananggulangan alergi berefek bayi lahir cacat contohnya bibir sumbing, Penggunaan vitamin A berlebihan menjadikan kerusakan sistem sarap dan kerusakan struktur kraniofacial (tulang wajah). Hindari juga penggunaan obat hormon androgen, diethylbestrol, antibiotik, antikejang, dan juga obat anti tiroid.
Ramuan Tradisional
Bagi pengguna obat-obatan herbal sebaiknya hindari dahulu ketika masa kehamilan dibawah 3 bulan alasannya yakni sang janin masih rentan terhadap paparan zat berbahaya. Sebagian tanaman mempunyai efek perangsang kontraksi uterus hal ini berbahaya pada masa kehamilan muda, apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Tanaman yang terbukti berbahaya bagi kehamilan ketika periode di bawah 3 bulan yakni : Asam, daun sribu, jahe, sirih, jati belanda, pengecap buaya, jeruk purut, kayu manis, sirsak, beluntas dan lain-lain.
Minum kopi
Hindari minum kopi ketika masa kehamilan walau belum ditemukan dampak negatif kopi, tapi menurut penelitian Institute National De La Sante (Fancis) kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dapat berakibat terganggunya pasokan oksigen sel hipokampus pengontrol memori otak besar dan dikhawatirkan bayi lahir menderita penyakit epilepsi.
Mandi Sauna
Menurut Dr.Aubrey Milunksky Fakultas Kedokteran London ketika sang ibu sedang hamil masa trimester pertama sebaiknya menghindari mandi sauna atau mandi berendam dengan air panas. Karena dikhawatirkan ketika masa kehamilan dibawah 3 bulan sang bayi mengalami kerusakan otak dan sarap tulang belakang walau data ini belum cukup berpengaruh untuk dijadikan rekomendasi seccara pasti. Tetapi ada baiknya hindari dulu mandi sauni pada ibi hamil dibawah 3 bulan.
Adapun golongan ibu-ibu yang mempunyai kesulitan pada dikala kehamilan dan riskan dalam persalinan serta mengancam keselamatan ibu dan bayi, diantaranya

  • Hamil di usia terlalu muda (dibawah 15 tahun).
  • Hamil di usia terlalu tua.
  • Baru hamil setelah melebihi 5 tahun perkawinan.
  • Terlau akrab jarak kehamilan (kurang dari 2 tahun)
  • Terlalu lama jarak kehamilan (melebihi 10 tahun)
  • Kurang tinggi badan
  • Terlalu kurus atau gemuk
  • Cacat bawaan
  • Pecandu alkohol dan pecandu rokok.