Gejala dan cara alami menurunkan asam lambung yang naik – Asam lambung yang naik memang terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut juga dengan GERD. Gejala yang ditimbulkan menyerupai nyeri pada pada ulu hati, sakit pada dada, sulit menelan, dan verbal terasa pahit.
Berbicara ihwal naiknya asam lambung ini tentu ada penyebabnya. Dan salah satu penyebabnya ialah kelebihan berat tubuh atau obesitas. Dan juga beberapa kondisi lain yang dapat memunculkan gejala asam lambung antara lain, radang esofagus, peradangan dinding lambung, dan pergerakan pencernaan yang lambat. Adapun makanan yang dapat meningkatkan resiko asam lambung naik ialah makanan berlemak menyerupai cokelat, kopi, dan alkohol.
Setiap penyakit pasti ada yang namanya gejala. Dan asam lambung juga memiliki gejala yang bisa anda kenali, beberapa diantaranya sudah disebutkan dalam penjelasan diatas. Berikut ini beberapa gejala terjadinya kenaikan asam lambung:
Gejala dan cara alami menurunkan asam lambung yang naik  Gejala dan Cara Alami Menurunkan Asam Lambung yang Naik
Gejala dan Cara Alami Menurunkan Asam Lambung yang Naik

Gejala umum asam lambung

Saat kekenyangan terasa sakit menyerupai terbakar. Atau rasa tidak nyaman pada perut anda yang secara cepat bergerak dari perut menuju ke dada. Bukan hanya hingga dada, bahkan bisa hingga pada tenggorokan anda. Rasa ini terasa sangat tidak nyaman.

Gejala lain asam lambung berlebih

  1. Kembung
  2. Tinja berdarah atau muntah darah
  3. Sering bersendawa
  4. Menyempitnya kerongkongan yang dapat menciptakan sensasi makanan terjebak di tenggorokan
  5. Cegukan yang tidak keluar
  6. Perut terasa mual
  7. Tidak ada penyebab pasti berat tubuh turun
  8. Batuk kering, mengi, bunyi serak, atau sakit tenggorokan kronis.

Cara alami menyembuhkan asam lambung

Setelah anda mengetahui beberapa gejala naiknya asam lambung, yang perlu anda ketahui selanjutnya ialah bagaimana cara mengatasinya, mengobatinya, maupun mencegahnya. Berikut ini cara alami menurunkan asam lambung yang naik:

Baca juga : Cara alami mengobati maag dan pantangannya

1. Menggunakan pengecap buaya

Lidah buaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan pengecap buaya ini bisa anda manfaatkan untuk menurunkan asam lambung dalam tubuh anda. Dengan minum jus pengecap buaya setelah berdiri tidur akan menyembuhkan sakit maag. Jus pengecap buaya ini bisa meredam inflamasi pada lambung. Bukan hanya itu, jus pengecap buaya juga dapat melancarkan pencernaan anda. 

2. Dengan pisang

Selain pengecap buaya, anda juga bisa memanfaatkan buah pisang untuk menurunkan asam lambung. Pisang bisa menjadi antasida yang dapat meredam produksi zat HCI yang berlebihan. Oleh alasannya ialah itu pisang dapat menymbuhkan sakit maag. Namun ingat, jikalau anda mengkonsumsi pisang malah mendapat hasil yang lebih parah, sebaiknya hentikan dan cari obat alternatif lain.

3. Dengan baking soda

Baking soda juga bermanfaat untuk menurunkan asam lambung. Sifat basa pada baking soda bisa menetralisir asam. Sehingga sifat basa pada baking soda ini bisa menetralisir asam lambung. Caranya anda cukup mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan segelas air putih. Lalu minumlah larutan tersebut.

4. Bawang putih

Memang bawang putih memiliki aroma yang tidak sedap, namun bisa membuat kuliner menjadi lebih lezat. Bukan hanya itu, bawang putih juga bisa menurunkan asam lambung secara alami. Kandungan pada bawang putih bisa menjaga pencernaan supaya tetap lancar. Cukup parut beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan segelas  air hangat lalu diminum.

5. Mengkonsumsi buah apel

Buah apel memiliki rasa sedikit asam. Sangat baik untuk memperlancar diet yang anda jalani. Buah apel ini dapat menurunkan asam lambung secara alami. Apel ini bisa membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Jika anda mengalami problem pada asam lambung anda, konsumsilah buah apel sebanyak 2x sehari.

6. Minum teh hangat

Minum teh hangat memang sangat menyenangkan, apalagi di waktu pagi hari yang dingin. Hmm, pasti enak dan menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan tubuh, teh hangat ini juga dapat menurunkan produksi asam lambung. Sehingg asam lambung tidak naik dan bisa stabil. Untuk itu biasakan minum teh hangat di pagi hari supaya asam lambung tidak naik.

7. Menggunakan kunyit

Kunyit ialah salah satu rempah-rempah yang banyak dicari oleh orang sebagai bumbu dan sebagainya. Selain itu, orang juga memanfaatkan kunyit sebagai obat tradisional yang manjur, salah satunya yaitu menurunkan asam lambung. Anda cukup mencincang dan merebus kunyit dengan 1,5 gelas air. Rebuslah selama 15 menit lalu saring airnya. Anda bisa menambahkan madu atau gula merah/ gula aren supaya terasa lebih enak.
Demikianlah info ihwal Gejala dan Cara Alami Menurunkan Asam Lambung yang Naik. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih