mempunyai puluhan jenis varietas dan semua jenisnya sangat terkenal menyerupai pisang ambon Manfaat dan Khasiat Pisang Batu Manfaat dan Khasiat Pisang Batu. Seperti diketahui pisang (musa paradisiacia) mempunyai puluhan jenis varietas dan semua jenisnya sangat terkenal menyerupai pisang ambon, pisang raja, pisang nangka pisang batu, pisang kapas dan lain-lain.

Rata-rata buah pisang dikelompokan pada 2 kelompok yakni kelompok pisang meja atau banana (musa sapientum) kelompok ini dapat dimakan segar atau eksklusif tanpa pengolahan. Contohnya pisang ambon, pisang mas, pisang susu dan lain-lain. Kelompok kedua yakni plain-tain (musa paradisiacia). Kelompok pisang ini lebih enak disantap bila diolah terlebih dahulu menyerupai dikukus, dikolek ataupun dijadikan manisan. Contohnya pisang tanduk, pisang nangka dan juga pisang watu atau pisang klutuk.

Hampir semua jenis pisang diatas mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan hampir semua organ pohon pisang mampu bermanfaat bagi kebutuhan manusia. (Baca Aneka manfaat pohon pisang). 

Manfaat dan Khasiat Pisang Batu

Untuk pisang watu (Musa brachycarpa) sebagian menyebutnya pisang klutuk ada keunggulan pemanfaatan dalam penerapan kesehatan. Pisang watu walaupun mempunyai biji yang cukup menggangu saat dimakan, tetapi sifatnya yang hambar dan astringen, serta kandungan vitamin, nutrisi protein, lemak dan karbohidratnya memperlihatkan khasiat yang memiliki kegunaan untuk kesehatan. Diantaranya :
Mengobati BAB Berdarah
Minumlah perasan dari pisang watu 3 kali setiap hari caranya dengan minium perasan bonggol dari pisang watu sampai mendapat 1/4 gelas, lalu tempelkan daun sosor angsa pada perut penderita, ganti saat sudah kering.
Diare 
Pisang watu dapat mengatasi diare pada anak dengan cara memeras 3 buah pisang watu mentah dan 3 buah pisang watu masak tanpa kulit. Lalu minum 2 kali sehari sampai terasa baikan.
Ambeien
Ramuan ambeien dengan pisang watu yakni dengan cara sediakan pisang watu beserta daun jambu muda. Lalu peras pisang watu sedangkan daun jambu ditumbuk sampai halus. Minumlah perasan pisang watu dicampur dengan daun jambu muda sampai penyakit terasa sembuh. Biasanya memerlukanbeberapa hari.
Membersihkan Rahim dan Vagina sehabis melahirkan
Bagi ibu-ibu yang gres melahirkan manfaatkan perasan bonggol pisang watu ini sangatlah bermanfaat, alasannya yakni membasuh dengan perasan pisang watu dapat membersihkan dan mengerutkan pada rahim dan vagina bagi wanita yang gres melahirkan.
Untuk manfaat dan khasiat buah pisang serta pohon pisang secara jelasnya Anda dapat mengunjungi Aneka manfaat pohon pisang yang telah di ulas sebelumnya.