Kembang korejat demikian masyarakat jawa barat lebih populer menamakan tumbuhan ini Kembang Korejat dan Khasiatnya Kembang Korejat dan Khasiatnya. Kembang korejat demikian masyarakat jawa barat lebih populer menamakan tumbuhan ini, padahal ada nama lain didaerah jawa barat menyerupai ki tolod, daun tolod, dan daun korejat. sedangkan dijawa saya nanya sama tukang bakso dan tukang jamu mereka menyebutnya daun sangkobak itu sesuai dengan hasil googling di google yakni sangkobak atau kendali.

Kembang korejat mempunyai nama ilmiah Isotoma longiflora suku campanulaceae berasal dari negeri Hindia Barat sangat mudah ditemui di selokan, dirawa-rawa bahkan di sisi-sisi jalan yang sedikit lembab, bahkan disekitar rumah saya (pegunungan) berbagai terdapat kembang korejat ini padahal tak ada seorangpun yang menanamnya.

Kandungan Kembang Korejat

Tanaman ini mempunyai rasa pahit dan getir dilidah, mengandung alkaloid yang cukup tinggi, diantaranya isotamine, lobelamine, dan lobiline berbasa nitogen layaknya oksigen.

Pengalaman Menggunakan Kembang korejat untuk Menyembuhkan Mata
Sambil memilih-milih kembang korejat yang indah untuk upload diblog, teringat kenangan dulu waktu saya masih belia sering menggunakan kembang korejat untuk merawat kesehatan mata. Waktu itu mata saya ada lamad menyerupai plak dan kotoran kuning yang menempel, lalu orang bau tanah saya menunjukkan kembang korejat untuk menghilangkan kotoran di mata.

Cara untuk menghilangkan kotoran dimata ialah dengan mencuci satu batang kembang korejat lalu masukan kembang itu pada segelas air diamkan beberapa saat. Lalu potong bunga kembang korejat tersebut dan teteskan pada mata dengan menggunakan tangkai bunga kembang itu sendiri.

Reaksi awal yang dirasakan sangat terkejut sekali lebih 15 menit tak bisa membuka mata, mata saya terasa panas dan perih, air mata keluar sangat banyak dan menguras seisi bola mata. Saya khawatir mata saya kena racun dan berakibat fatal, tapi setelah itu kotoran yang ada pada kelopak mata semua hilang dan bersih hanya dengan satu kali tetes.

Saya gres mengerti mengapa kembang itu dinamakan “korejat”. Korejat dalam bahasa sunda artinya sangat terkejut, kaget bukan kepalang. Ketika tetesan kembang korejat mengenai mata perasaan sangat terkejut, terperanjat alias korejat.

Dua hari kemudian saya gunakan lagi kembang itu untuk mencuci mata, tetesan yang kedua tak seperih dan sepanas yang pertama, mungkin alasannya ialah kotoran pada mata saya ga banyak menyerupai yang pertama, sehingga terasa segar dan enteng sekali digunakannya.

Tiga hari kemudian berlanjut saya gunakan lagi kembang itu untuk menghilangkan lamad kuning yang ada dimata. tetesan yang ketiga pun tak seperih yang pertama dan lamad kuning menyerupai katarak dimata sayapun hilang hanya dengan tiga kali tetesan selama satu minggu.

Itulah mengapa orang bau tanah dahulu meyembuhkan katarak, lamad dan kotoran dengan menggunakan kembang korejat. Rupanya dalam daun korejat tersimpan obat untuk menyehatkan mata, dan hal ini telah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun, turun temurun hingga ketika ini.

Kembang korejat disamping dapat menyembuhkan penyakit mata menyerupai katarak, rabun jauh, rabun akrab dan penyakit mata lainnya, kembang ini pula sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit bronkhitis, asma, bahkan radang tenggorokan.

Catatan

  • Getah pada kembang korejat beracun, disarankan untuk mencuci bersih terlebih dahulu bunga korejat kalau dipakai untuk penyembuhan mata.
  • Tidak disarankan menggunakan kembang korejat melampaui batas, 
  • Cukup seminggu sekali untuk perawatan.
  • Selalu berkonsultasi dahulu dengan terafi herbalis terpercaya.