Penyakit raja singa disebut juga sipilis  Obat Tradisional Penyakit Sipilis Obat Tradisional Penyakit Sipilis. Penyakit raja singa disebut juga sipilis (sypilis) merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh basil spirocheta pallida yang sekarang lazim disebut treponema pallidum. Penderita penyakit ini akan sangat tersiksa, disamping terjadi ruam pada seputar alat vital yang mengakibatkan gatal, juga mengakibatkan sakit yang sangat saat buang air seni, bahkan mengeluarkan nanah atau darah. Jasad reniknya berbentuk pilih (spiral), warna putih dan lekas mati diluar tubuh manuasia. Penyakit ini tergolong penyakit yang mudah menular, terutama saat bekerjasama kelamin.

Gejala Raja Singa atau sipilis

Gejala atau tanda-tanda penyakit raja singa pada umumnya melalui empat tingkatan.

Tingkatan pertama
  • 1-3 ahad sesudah masa tunas, biasanya disekitar alat kelamin pada kawasan masuknya spirochaeta, terjadilah benjolan kecil. Kulit diatasnya rusak dan luka bentuknya bulat dan keras. Warnanya merah mirip lak jikalau dipijit tak terasa nyeri.
  • Kira-kira 3 ahad kemudian, kelenjar disekitar lipat paha membengkak keras, tapi tidak nyeri.
  • Penderita mencicipi sedikit sakit, suhu tubuh kadang kala naik. Jika pada tahap pertama penyakit ini sembuh sendiri, jikalau tidak bersambung ke tingkat kedua.
Tingkatan Kedua
  • 3-6 ahad sipenderita timbul bercak merah dan benjol-benjol bulat yang disebut papel-papel yang letak dan bentuknya ibarat rantai yang membengkok. 
  • Papel-papel ini tidak mengakibatkan nyeri atau gatal kadang kala hilang dengan sendirinya jikalau diobati, tetapi jikalau sakit berlanjut tubuh seolah sehat tetapi didalamnya terdapat basil spirocheta dan berlanjut ke tahapan tiga.
Tingkatan ketiga
  • Pada alat tubuh terjadi benjolan yang disebut gummata yang biasanya tedapat dalam mata, otak, paru-paru, pembuluh darah dan dalam kulit.
  • Jika gummata itu hancur, maka tinggalah lubang-lubang yang bundar. Adanya gummata-gummata itu berlangsung lama, hingga akibatnya sampailah pada tingkatan ke empat.

Tingkatan ke empat
  • Tingkatan ini disebut neuroleus. Pada tingkatan ini sumsum belakang terasa juga, karena sipenderita merasa ada gangguan nyeri dalam saraf-saraf perasa.

Perawatan Penderita Sipilis

  1. Penderita diusahakan harus bisa menahan hawa nafsu (syahwat) untuk menjaga keselamatan diri dan keturunannya sebelum penyakit ini benar-benar sembuh.
  2. Usahakan semoga semua pakaian dan alat-alat yang digunakan penderita di rendam dalam air mendidih dan dicuci bersih-bersih.
  3. Usahakan semoga sipenderita menggunakan kawasan sendiri saat berhajat besar maupun kecil.
  4. Usahakan penderita tsetiap hari berendam dengan rebusan sambiloto atau daun peria hitam.

untuk Mengatasi Raja Singa

  1. Kikisan daun cendana 3/4 sendok, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan 1 sendok madu. Diminum suam-suam kuku sehari 2-3 kali.
  2. Batang dan daun bayam duri masing-masing 1/4 genggam, dicuci bersih lalu di giling halus, diberi air masak 1/2 cangkir dan madu 1 sendok. Diperas lalu disaring. Minum 3 kali sehari.
  3. Kulit batang kamboja 4 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4,1/2 gelas sehingga tersisa setengahnya, saring dan minum bersama gula seperlunya.
  4. Kemukus 30 butir, dicuci lalu digiling jalus-halus, diseduh dengan air panas 1/2 cangkir dan madu 1 sendok. Diminum suam-suam kuku 3 kali sehari.
  5. Daun kumis kucing 3/4 genggam, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4-nya, disaring dan minum bersama gula seperlunya.
  6. Puring 1 batang, dicuci lalu direbus dengan 5 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum bersama gula 3 kali sehari.
  7. Sambiloto 5 batang dicuci dan rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya, saring dan minum 3 kali sehari, boleh ditambahkan gula.
  8. Kelapa hijau 1 buah, dipanghkas adegan bawah dan adegan atas serta diberi lubang, dipanaskan diatas api bara hingga airnya mendidih selama 15 menit, setelah hambar diminum setiap hari.
  9. Daun pengecap buaya 1 jengkal, dibuang duri dan kulitnya, dipotong-potong seperlunya lalu dimakan atau diminum bersama air gula semoga rasanya manis.
  10. Kayu kedongdong 4 jari dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 4,5 air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum 3 kali sehari hingga sembuh.