Manfaat dan efek samping kulit manggis untuk kesehatan – Manggis yakni salah satu buah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Rasanya yang sedikit asam dan sedikit kenyal membuat banyak orang menyukainya. Manggis juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, tidak heran kalau buah manggis banyak disukai orang.
Berbicara perihal manggis, bekerjsama tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan. Kulit manggis yang selama ini kita biarkan ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Khasiat kulit manggis ini bahkan telah dipercaya bisa mencegah penyakit kronis ibarat kanker dan jantung.
Selain itu semua, ada juga manfaat lain yang perlu anda ketahui semoga tidak membuang kulit manggis setelah memakan buahnya. Namun ingat, jangan berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan.
Manfaat dan efek samping kulit manggis untuk kesehatan  Manfaat dan Efek Samping Kulit Manggis untuk Kesehatan
Manfaat dan Efek Samping Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan terjaga dan terhindar dari serangan radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Sehingga badan akan selalu sehat dengan mengkonsumsi kulit manggis. Konsumsilah secara rutin.

2. Mengatasi gangguan haid

Jika anda mengalami masalag gangguan haid, ibarat rasa sakit nyeri yang tak tertahankan, telat datang bulan dalam waktu yang cukup lama, atau haid tidak teratur, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan kulit manggis. Olahan kulit manggis ini akan membantu melancarkan haid dan mengurangi rasa sakit nyeri menjelang maupun ketika haid.

3. Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C pada kulit manggis sangat baik untuk kesehatan mulut, salah satunya mengobati sariawan. Cukup menyiapkan kulit manggis pada dua buah manggis. Potonglah kecil-kecil. Rebus hingga mendidih dengan air 3 gelas. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur anda secara rutin.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

4. Mengatasi diare

Banyak yang telah menggunakan kulit manggis sebagai obat herbal alami. Bahkan kulit manggis sangat terkenal di filipina sebagai obat herbal alami untuk mengobati beberapa gejala penyakit ibarat menurunkan suhu tubuh, mengatasi sariawan, disentri, gangguan kanal kencing, dan juga mengatasi diare.

5. Mencegah diabetes

Kadar gula darah yang meningkat memang sangat membahayakan tubuh. Bahkan bisa hingga menimbulkan serangan jantung dan stroke. Untuk mencegah kadar gula darah naik, anda bisa memanfaatkan kulit manggis sebagai pencegah alami. Kulit manggis akan membantu menurunkan diabetes dengan mengurangi kadar gula darah melalui air seni.

6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung yakni salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Kulit buah manggis mengandung beberapa mineral ibarat tembaga, mangan, dan magnesium. Kandungan tersebut bisa melindungi jantung anda semoga tetap terjaga kesehatannya. Konsumsi secara rutin akan melindungi anda dari stroke dan jantung koroner.

7. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Seperti halnay penyakit jantung, kanker juga merupakan penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Namun meski begitu, kanker juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan kulit manggis. Kulit manggis bisa mencega pertumbuhan sel kanker sekaligus menghancurkannya. Sehingga kalau dikonsumsi secara rutin akan membuat badan anda terhindar dari kanker atau mencega stadium lanjut.

8. Baik untuk kecantikan kulit

Kulit manggis bukan hanya baik untuk kesehatan badan saja, tapi juga sangat baik untuk perawatan kecantikan kulit anda. Kandungan antioksidan didalamnya dapat membantu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit semoga terlihat tetap bersinar dan selalu terlihat kencang kekal muda. Kulit manggis akan membantu memperbaiki regenerasi kulit kita menjadi lebih baik. Sel kulit mati akan tergantikan dengan sel kulit yang lebih segar.

Efek samping kulit buah manggis

Sama ibarat materi herbal lainnya, kulit manggis jua memiliki efek samping bagi penggunannya. Ada yang memang alasannya yakni mengalami anti reaksi pemakaian pertama kali, ada juga yang memang alasannya yakni berlebihan. Nah, berikut ini beberapa efek samping kulit buah manggis:

1. Alergi ringan

  • Terjadinya pembengkakan
  • Kulit memerah
  • Gatal-gatal pada adegan badan tertentu
  • Kulit menjadi bersisik

2. Alergi yang mensugesti sistem kerja tubuh

  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Perut mual, kembung, dan rasa ingin muntah
  • Sakit kepala
  • Insomnia dan gangguan istirahat lainnya ibarat jantung berdebar

3. Efek samping lainnya

Selain itu semua, manggis juga mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh. Hal ini akan terjadi kalau mengkonsumsi kulit manggis terlalu banyak atau berlebihan. 
Demikianlah informasi perihal Manfaat dan Efek Samping Kulit Manggis untuk Kesehatan. Kulit manggis yang selama ini kita anggap sebagai sampah, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.