Penyebab sariawan dan cara alami untuk mengobatinya – Sariawan yakni salah satu permasalahan lisan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Biasanya sariawan ini dimulai dengan peradangan pada adegan rongga mulut. Seperti bibi yang kering dan pecah-pecah.
Berbicara wacana sariawan. Sariawan itu sendiri berbentuk bundar cekung bewarna kemerahan dan terasa nyeri. Saat sariawan tersentuh oleh makanan, rasanya menjadi perih. Bahkan akhir rasa perih yang dirasakan, nafsu makan menjadi hilang dan menajdi malas untuk makan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang merasa susah ketika datang sariawan pada kawasan mulut. Mau makan susah dan mau ngemil pun susah.
Lalu, bagaimana cara mengatasi sariawan semoga mampu hilang lebih cepat? Memang telah banyak obat yang mampu digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Tapi lebih disarankan untuk menggunakan obat dengan materi alami semoga lebih aman. Namun sebelum melaksanakan pengobatan, ketahuilah beberapa gejala dan penyebab sariawan berikut ini:
Penyebab sariawan dan cara alami untuk mengobatinya  Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya
Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya

Gejala sariawan

  • Luka yang berwarna putih yang biasa muncul di pengecap atau adegan dinding mulut.
  • Sensasi terbakar pada lidah.
  • Rasa tidak nyaman dalam mulut.
  • Terasa sakit dikala menelan makanan.

Penyebab sariawan

  • Tidak menjaga kebersihan mulut.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  • Terlalu sering menggunakan obat-obat tertentu menyerupai antibiotik atau kortikosteroid.
  • Penggunaan gigi palsu terus-menerus.
  • Pipi, lidah, atau bibir tergigit.
  • Pemakaian peralatan gigi yang tajam menyerupai kawat gigi atau lainnya.
  • Penyakit gusi atau abuh lisan lainnya.
  • Nginang atau mengunyah tembakau.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman panas.
  • Alergi terhadap hal tertentu menyerupai makanan atau obat-obatan.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu menyerupai obat kemoterapi, antibiotik, obat yang digunakan untuk rheumatoid arthritis, atau obat epilepsi.
  • Paparan radiasi pada pengobatan kanker.
  • Penyakit autoimun yang dapat menghipnotis lapisan mukosa mulut. Seperti penyakit lupus, Crohn, atau Behcet.

Cara alami mengobati sariawan

1. Daun jambu biji

Sariawan yang anda alami mampu anda atasi dengan memanfaatkan daun jambu biji. Daun jambu biji ini memiliki kandungan alami yang dapat menyembuhkan sariawan. Anda cukup mengunyahnya saja selama beberapa detik atau menit. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. 

2. Konsumsi jeruk

Vitamin C yakni nutrisi yang dapat menyembuhkan sariawan. Dan salah satu buah yang mengandung vitamin C yakni buah jeruk. Konsumsilah buah jeruk secara rutin untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Tidak hanya jeruk, tapi juga buah dan sayur lainnya yang mengdung vitamin C.

3. Berkumur dengan garam

Garam bersifat antiseptik dan antibakteri yang dapat mengatasi duduk perkara sariawan. Anda mampu melaksanakan penyembuhan dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Berkumurlah dengan air garam selama beberapa detik atau menit. Lalu berkumur lagi menggunakan air bersih.

4. Ramuan pisang dan madu

Anda juga mampu memanfaatkan buah pisang untuk duduk perkara sariawan. Campuran pisang dengan madu sangatlah efektif menyembuhkan sariawan. Cukup haluskan pisang dan campur dengan madu. Oleskan pada adegan yang terkena sariawan. Lakukan hingga sariawan sembuh.

5. Air kelapa

Air kelapa juga dikenal sebagai materi alami yang dapat mengatasi duduk perkara sariawan. Selain dapat mengatasi dehidrasi, anda juga mampu memanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan. Minumlah secukupnya dan rutin hingga sembuh dari sariawan.

6. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt secara rutin dapat membantu menjaga keseimbangan kuman yang ada di dalam lisan dan tubuh. Sehingg, proses penyembuhan sariawan pun akan lebih cepat. Konsumsilah secara rutin sebagai penyembuhan dan pencegahan sariawan.

7. Bawang putih dan pepaya

Bawang putih yang dikombinasikan dengan bua pepaya juga mampu anda gunakan untuk mengatasi duduk perkara sariawan. Anda mampu melaksanakan penyembuhan dengan cara menempelkan pribadi pecahan bawang putih dan pepaya, atau dengan cara menghaluskan kedua materi dan campurkan lalu tempelkan pada area yang terkena sariawan.

8. Minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa yakni salah satu minyak yang sangat efektif menyembuhkan sariawan. Apalagi jikalau dikombinasikan dengan materi alami lainnya menyerupai madu. Minyak kelapa bersifat antibakteri yang sangat cocok untuk mengatasi sariawan. Campurkan dengan madu dan oleskan pada adegan yang terkena sariawan.

9. Kunyit

Kunyit yakni salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat dan khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga mampu digunakan untuk obat alami sariawan. Anda cukup menghaluskan kunyit dan oleskan pada adegan yang terkena sariawan.

10. Istirahat cukup dan hindari stres

Selain melaksanakan beberapa cara pengobatan alami. Yang perlu anda lakukan lainnya yakni dengan istirahat yang cukup. Jangan terlalu memaksakan untuk beraktivitas atau bekerja. Dan juga hindari stres. Jangan terlalu memakasakan menanggung beban pikiran sendirian. Konsultasilah dengan orang terdekat anda tetang duduk perkara yang anda hadapi semoga terbebas dari stres dan juga terbebas dari sariawan.
Demikianlah isu wacana Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.