Foundation, dasar tata rias yang berwarna senada dengan warna kulit, dibutuhkan untuk meratakan warna kulit wajah, menutup kekurangan pada kulit wajah, dan kadang, untuk mengubah tampilan warna kulit. Penggunaan foundation sebagai dasar tata rias sudah dikenal semenjak lama. Namun, sayangnya masih saja ada yang salah menggunakan kosmetik yang satu ini. Memang, perlu kejelian dan kesabaran ketika memilih foundation yang tepat supaya tidak membuat wajah terlihat belang. Belum lagi, soal pengaplikasiannya.

Pada peluncuran dua buah produk perawatan kulit wajah, yang berlangsung di La Moda Cafe, Selasa (12/4/2010), Qiqi Franky, penata rias kenamaan, membagikan tips cara menggunakan foundation supaya lebih meresap pada kulit wajah dan terlihat lebih natural.

Menurut Qiqi, ketika ini banyak orang yang mencoba menggunakan teknik pengelupasan kulit, sehingga membuat kulit terlihat memerah dan pecah-pecah. Ia bahkan pernah harus menghadapi klien yang di hari pernikahannya gres final melaksanakan perawatan pengelupasan kulit. Hasilnya, kulit si klien terasa sangat licin, sehingga foundation tidak mau menetap. Padahal, menurut Qiqi, asalkan kulit bersih dan terawat, tak perlu repot untuk tampil cantik.

Untuk mengakali dan memastikan foundation mampu terserap tepat pada kulit, Qiqi menyarankan untuk menggunakan serum atau pelembap pada wajah yang telah dibersihkan dengan gerakan memutar seraya memijat. Lalu, dengan perbandingan 1:1, ambil foundation krem dan serum atau moisturizer, letakkan pada punggung tangan, campurkan, gres aplikasikan pada wajah.

Mengapa pada punggung tangan? “Saat mencampurkan di atas punggung tangan, kita juga sekaligus menghangatkan foundation tersebut dengan suhu tubuh kita,” terang Qiqi. Ketika tercampur dengan suhu badan, foundation akan lebih mudah pada ketika diaplikasikan pada wajah, dan menyerap lebih mudah.

Teknik tadi didapat Qiqi dari banyak sekali penata rias internasional yang pernah ia temui. Qiqi juga menjelaskan, jikalau kita menggunakan spons atau kuas, maka foundation tidak sempat dipanaskan, karenanya akan sulit untuk menyatu dengan kulit wajah. Sebelum digunakan, suhu foundation umumnya lebih dingin, sehingga lebih mudah menggumpal, dan sulit diaplikasikan, bahkan mampu menjadikan warna yang tidak merata.

Sumber: http://chantika.com