Manfaat dan efek samping mentega untuk kesehatan dan kecantikan – Mendengar kata mentega, pasti sebagian besar orang sudah tahu apa itu mentega. Tapi banyak juga orang yang menganggap jikalau mentega sama dengan margarin, padahal berbeda. Mentega ada dua jenis, ialah mentega tawar dan mentega asin. Mentega lebih dikenal sebagai salah satu materi masakan, salah satunya untuk olesan roti tawar, materi untuk membuat kue, dan sebagai pengganti minyak goreng.
Mentega dan margarin memang sekilas hampir sama, namun mentega lebih mengandung lemak alami dan mengandung nutrisi yang kaya akan manfaat. Mentega memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan vitamin A, E, K, mineral, kalsium, protein, lemak. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung, tulang, gigi, melindungi pencernaan, dan masih banyak lagi.
Berbicara wacana mentega, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, ialah manfaat dan efek samping dari mentega. Jika mentega memiliki manfaat, tentu juga memiliki efek samping. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping mentega untuk kesehatan dan kecantikan:
Manfaat dan efek samping mentega untuk kesehatan dan kecantikan  Manfaat dan Efek Samping Mentega untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat dan Efek Samping Mentega untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat mentega untuk kesehatan

1. Membangun Sistem Kekebalan tubuh

Mentega kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bersifat antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel tubuh. Itu berarti mengkonsumsi mentega dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Pencegahan benjol jamur

Seperti yang kita tahu bahwa kulit sangat rentan terhadap benjol jamur, menyerupai kadas, kurap, dan lainnya. Untuk mencegah semoga tidak terjadi benjol jamur, anda bisa mengkonsumsi mentega yang kaya akan kandungan vitamin E tersebut.

3. Membantu pertumbuhan otak anda

Kandungan lemak dan kolesterol dalam mentega juga baik untuk perkembangan otak. Mengkonsumsi mentega secara rutin dapat membantu meningkatkan perkembangan otak dan bisa menyimpan memori lebih lama. Konsumsilah secara rutin dan secukupnya saja.

4. Meningkatkan stamina

Saat kita akan mengawali hari dengan aktifitas yang padat, kita membutuhkan stamina yang berpengaruh dan lebih. Anda bisa mengkonsumsi mentega rutin untuk meningkatkannya. 100 gram mentega mengandung 755 kkal. Ini berarti asupan energi akan terpenuhi dengan baik.

5. Menguatkan tulang

Mentega juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tulang anda. Kandungan vitamin A, D, E, dan kalsium dalam mentega bisa menjaga kesehtaan tulang dan membuat tulang menjadi semakin kuat. Kalsium sangat dibutuhkan tulang untuk memperkuat susunan tulang dan persendian.

6. Terhindar dari penyakit kronis

Berbagai macam penyakit kronis juga bisa anda hindari dengan rutin mengkonsumsi mentega. Dengan mengkonsumsi mentega secukupnya dan rutin, anda bisa mengcegah penyakit kronis menyerupai jantung koroner, kanker, dan lainnya.

7. Membantu diet sehat

Mentega memiliki kandungan lecithin yang juga membantu mengontrol berat badan. Sehingga baik untuk membantu diet sehat anda. Dengan mengkonsumsi mentega secukupnya dan rutin, tubuh  dapat mendapatkan lemak secara efisien.

Manfaat mentega untuk kecantikan

1. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan lemak jenuh dalam mentega bisa membantu menjaga kesehatan kulit tubuh. Bahkan kandungan alami pada mentega pun dapat membantu mengatasi banyak sekali dilema kulit menyerupai jerawat, komedo, dan noda hitam pada kulit wajah.

2. Melembutkan kulit wajah

Kulit wajah anda akan terasa lebih lembut ketika anda melaksanakan perawatan secara rutin dengan menggunakan mentega. Kandungan vitamin A pada mentega ini dapat membantu melembutkan dan menghaluskan kulit wajah. Anda bisa membuat masker mentega dengan campuran minyak zaitun, putih telur, maupun strowberry.

3. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar dapat menjadi penyebab terjadinya banyak sekali macam dilema kulit. Anda bisa mengecilkannya dengan memanfaatkan mentega. Kandungan alami pada mentega dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Anda cukup menyebabkan sebagai scrub. Campurkan mentega dengan sedikit garam dan oleskan pada wajah. Tunggu 15 menit dan bilas dengan air.

4. Memerahkan dan melembabkan bibir

Anda juga bisa memerahkan bibir anda secara alami. Yaitu dengan menggunakan mentega sebagai scrub alami bibir. Cukup oleskan mentega pada bibir anda secara merata. Cara ini dapat membantu melembabkan dan membuat bibir lebih merah.

5. Merapikan alis mata

Alis mata bisa anda rapikan dengan menggunakan mentega. Teksturnya yang lembut dan lembab dapat dengan mudah merapikan alis mata anda. Oleskan sedikit mentega pada alis anda merata lalu rapikan dengan eyebrow brush sampai mendapat bentuk alis yang rapi sesuai keinginan.

6. Dapat digunakan untuk mencukur alis

Jika anda ingin mencukur alis anda, anda bisa menggunakan mentega sebagai pelumas. Istilahnya biar licin dan mudah untuk dicukur tanpa melukai kulit wajah anda. Sebab, mentega memiliki sifat minyak yang dapat memudahkan kita untuk mencukur.

7. Membersihkan riasan pensil di alis

Disaat anda ingin mempertebal alis dan membentuk alis menggunakan pensil alis. Setelah tidak terpakai biasanya sulit untuk dibersihkan sisa pensil yang tertinggal di alis. Nah, anda bisa menggunakan mentega untuk menghilangkan sisa pensil tersebut cukup oleskan mentega lalu bersihkan dengan cotton bud.

8. Dapat menebalkan alis

Jika anda menginginkan alis anda menjadi lebih tebal, anda bisa mengoleskannya dengan mentega. Lakukanlah pada malam hari sebelum tidur. Lalu setelah anda berdiri tidur bersihkanlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin  dan alis akan terlihat lebih tebal.

9. Membantu pertumbuhan alis

Setelah anda mencukur alis, tiba-tiba anda ingin alis anda menjadi lebih tebal lagi dan bisa tumbuh lebih cepat. Anda bisa menggunakan mentega untuk mempercepat pertumbuhan alis. Olesan mentega pada alis akan membuat alis lebih tebal dan tumbuh lebih cepat.

Efek samping mentega

Mentega memiliki efek negatif untuk kesehatan tubuh. Kandungan lemak jenuh yang lebih banyak dari lemak tak jenuh membuat kita harus berhati-hati dalam mengolahnya. Mentega mengandung lemak jenuh 66% dan lemak tak jenuh 43%. Hindarilah pemakaian mentega dalam proses penggorengan, alasannya dapat menghasilkan lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Perhatikanlah dalam mengolah dan mengkonsumsi mentega. Hal ini ditujukan semoga terhindar dari dilema kesehatan sampai dilema stroke.
Demikianlah berita wacana Manfaat dan Efek Samping Mentega untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.