Berapa banyak tip kecantikan yang selama ini telah Anda kumpulkan dan terapkan? Lalu, sejauh mana yang telah berhasil?

Sampai di sini Anda akan bungkam. Sebab, sering kali wanita dikecoh oleh beragam tip yang konon amat manjur, tetapi ternyata tidak berdampak apa pun. Ketahui beragam tip yang gotong royong hanya isapan jempol, dan baca juga kebenarannya.

Fiksi: Pakai concealer untuk samarkan noda pada wajah.
Fakta: Concealer  mampu dipakai untuk mencerahkan lingkaran hitam pada bawah mata, tetapi bukan berarti pasti dapat menyamarkan noda. Kecuali, Anda memakai yang warnanya dua tingkat lebih muda daripada warna kulit.

Fiksi:  Bedak warna transparan cocok digunakan semua warna kulit.
Fakta: Bedak warna transparan gotong royong berwarna pink muda keabu-abuan, sehingga membuat kulit terlihat pucat. Bedak berwarna kuning yaitu yang paling baik untuk kulit alasannya yaitu bisa  lebih mencerahkan wajah.

Fiksi: Aplikasikan pemulas pipi pada cekungan pipi untuk menghasilkan bentuk tulang pipi.
Fakta: Pemulas pipi dirancang untuk menambah warna sehat pada wajah, jadi bukan untuk membentuk garis tajam. Untuk penampilan sempurna: senyum dulu, sebelum sapukan blush dan membentuk bulatan di pipi. Kemudian tarik ke belakang sampai mendekati rambut, gres kemudian bergerak menurun sampai merata.

Fiksi: Gunakan bantalan bedak pada kelopak mata biar eyeshadow tahan lama.
Fakta: Alas bedak yang diulas di sekitar mata justru akan membuat lengket. Yang paling baik, gunakan bedak dasar agak pucat di sekitar kelopak mata untuk membuat eyeshadow jadi tahan lama.

Fiksi: Buat garis pada kelopak mata untuk menampilkan kesan mata lebih lebar.
Fakta: Beberapa dokter mata menyarankan untuk tidak melaksanakan hal ini, alasannya yaitu ada risiko abuh atau kemungkinan Anda menusuk mata tanpa sengaja. Cara paling baik biar mata terlihat lebih besar yaitu dengan membuat garis sedekat mungkin sepanjang garis atas dan bawah mata. Pastikan garis-garis itu bertemu di sudut mata adegan luar.

Fiksi: Selalu gunakan pensil bibir lebih dulu sebelum lipstik.
Fakta: Untuk tampil alami, bentuk garis bibir setelah menggunakan lipstik, lalu padukan dengan kuas bibir. Namun, kalau benar-benar butuh bibir yang warnanya tahan lama, maka garis dan warnai bibir dengan pensil dulu, gres kemudian lapisi dengan lipstik di atasnya.

Fiksi: Bibir mampu terlihat lebih lebar dengan menunjukkan garis di luar garis alami bibir.
Fakta: Justru akan terlihat tak alami dan abnormal kalau Anda mencoba membuat hal-hal yang tak pernah dimiliki. Agar bibir kecil terlihat lebih penuh, gunakan pewarna bibir medium sampai warna ringan, atau gunakan lip gloss. Garis yang terlalu tajam membuat bibir kecil dan tipis akan terlihat lebih kecil lagi.

Sumber: kompas.com