Bahaya Minuman Beralkohol bagi kesehatan – Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan minuman yang berbahaya dan membahayakan bagi orang yang meminumya, orang yang meminumnya bisa membuatnya mabuk dan hilang nalar sehatnya. Dalam agama juga melarang minuman yang mengandung alkohol ini karena dengan alasan berbahaya bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa ancaman minuman beralkohol bagi kesehatan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar eksklusif saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa menambah isu buat anda. Berikut Bahaya minuman beralkohol bagi kesehatan.

Bahaya Minuman Beralkohol bagi kesehatan  Bahaya Minuman Beralkohol bagi kesehatan
Bahaya Minuman Beralkohol bagi kesehatan

Golongan minuman keras

Pada umumnya minuman keras dibagi menjadi tiga golongan, ialah :
  • Golongan A, ialah minuman keras dengan kadar alkohol 1% hingga 5% menyerupai minuman bir dan green sand.
  • Golongan B, ialah minuman keras dengan kadar alkohol 5% hingga 20% menyerupai minuman anggur, martini dan wine.
  • Golongan C, ialah minuman keras dengan kadar alkohol 20% hingga 50% menyerupai brandy dan wisky.

Efek minuman keras jangka pendek

Gejala awal yang ditimbulkan oleh orang yang minum minuman keras antara lain yaitu:
  • Mulut terasa kering
  • Jantung berdetak lebih kencang
  • Menimbulkan rasa mual
  • Kesulitan bernafas
  • Sering buang air kecil

Bahaya minuman beralkohol

1. Menyebabkan kerusakan otak

Kerusakan yang ditimbulkan dari minuman keras ialah melemahnya fungsi otak hingga resiko depresi dan frustasi kian meningkat. Jika hal ini terus dibiarkan maka kesehatan mental bisa terganggu dan berakibat fatal.

2. Gangguan daya ingat

Konsumsi minuman keras juga bisa menimbulkan penurunan kemampuan dalam berfikir dan mengingat sesuatu serta kesulitan dalam memecahkan problem dan banyak sekali gangguan problem lainnya.

3. Bisa menyebabkan penurunan fungsi daya indra

Minuman beralkohol juga bisa membuat indera menjadi menurun, diantaranya ialah bisa terjadi kerusakan mata. Akibatnya mata bisa terjadi kebutaan secara permanen.

4. Kecanduan

Karena minum minuman keras bisa menawarkan sensasi yang nikmat, maka orang yang mengkonsumsinya bisa menimbulkan kecanduan. Tentu jikalau hal ini terjadi bisa menimbulkan gangguan fisik hingga mental si peminum.

5. Over dosis

Jika minum minuman keras dikombinasikan dengan obat-obatan yang berbahaya lainnya maka efek sampingnya bisa berkali-kali lipat. Bahkan bisa terjadi over dosis dalam tingkat yang sangat parah.

6. Nyeri ketika haid

Bagi wanita juga tidak dianjurkan meminum minuman keras. Hal ini karena kadar alkohol dalam minuman keras tersebut bisa membuat para wanita merasa kesakitan atau nyeri ketika datang haid atau menstruasi.

7. Kejang

Banyak mengkonsumsi minum minuman yang beralkohol bisa menyebabkan resiko epilepsi serta bisa menimbulkan kejang. Selain itu alkohol juga bisa menghipnotis kerja obat yang digunakan untuk mengatasi epilepsi atau kejang.

8. Kerusakan sistem pencernaan

Minum minuman keras dalam jangka panjang bisa menyebabkan resiko terkenan peradangan kronis terhadap susukan pencernaan. Lambung bisa mengalami kelainan, termasuk bisa merubah sel-sel ganas dalam usus.

9. Osteoporosis

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang menimbulkan cacar permanen bahkan bisa menimbulkan maut karena patah tulang. Seseorang yang mengkonsumsi minum minuman keras bisa lebih mudah terkenan osteoporosis. Hal ini bisa terjadi karena minuman alkohol bisa menguras kalsium yang dimiliki oleh tubuh.

10. Kerusakan saraf

Alkohol juga merupakan racun buat sel-sel saraf yang bisa menimbulkan kerusakan sel saraf yang disebut neuropati alkoholik, rasanya nyeri menyerupai tertusuk-tusuk. Adanya cita-cita mendesak menyerupai ingin buang air kecil disfungsi ereksi dan banyak sekali macam gangguan lainnya.

11. Asam urat

Penyakit asam urat bisa menyebabkan nyeri sendi, penyakit tersebut disebabkan karena pembentukan kristal asam urat. Bagi penderita asam urat mengkonsumsi alkohol bisa memperparah penyakit tersebut, termasuk dengan makanan penyebab asam urat.

12. Gangguan liver

Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan gangguan liver Alkohol bisa memicu liver supaya bekerja lebih keras ketika menyaring cairan yang anda minum tersebut. Maka dari itu liver akan membengkak.

13. Terkena kanker hati

Terlalu sering minum minuman keras juga bisa beresiko terkenan kanker hati. Hal ini bisa terjadi karena penurunan fungsi hati yang ditimbulkan oleh minuman keras yang dikonsumsi tersebut.

14. Penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi minum minuman keras dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu terjadinya maut bagi penderita penyakit jantung. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya kardiomiopati, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan maut akhir melemahnya fungsi otot jantung.

15. Cacat pada janin

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol bisa membuat resiko janin mengalami kecacatan. Para andal kesehatan menyarankan pada wanita hamil supaya jangan hingga mengkonsumsi minum-minuman yang mengandung alkohol, apalagi pada masa kehamilan 3 bulan pertama, hal ini untuk mencegah bayi lahir prematur ataupun keguguran.

16. Mempercepat monopouse

Mengkonsumsi alkohol juga bisa berakibat organ reproduksi tidak bisa berjalan maksimal, oleh karena monopouse pada wanita bisa terjadi lebih cepat karena mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

17. Kanker

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol bisa beresiko tinggi munculnya beberapa jenis penyakit kanker, resiko ini bisa terjadi karena badan mengubah alkohol menjadi aseltidihida, ialah distributor karsinogenik kuat.

Efek alkohol menghipnotis kehidupan sosial

1. Efek eksklusif alkohol bisa mencetuskan timbulnya perbuatan kriminalitas yang bisa mengubah tingkah laku seseorang diluar kebiasaannya.
2. Tindak kriminal juga bisa dijumpai pada upaya ilegal untuk menerima minuman beralkohol.
3. Minum alkohol dan mabuk sendiri bisa dikategorikan sebagai perilaku kriminal.
4. Minuman beralkohol bisa berdampak menurunnya kemampuan seseorang untuk melakukan peran sehingga beliau bisa menjadi pribadi yang permisif terhadap tindakan melanggar hukum.

Demikianlah isu perihal Bahaya Minuman Beralkohol bagi kesehatan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.