Manfaat scrub dan cara membuatnya – Scrub ialah salah satu campuran dari beberapa materi yang digunakan untuk perawatan kulit wajah. Tujuannya ialah dengan membuat kulit menjadi lebih lembab dan terbebas dari radikal bebas serta melindungi sengatan UV..
Berbicara wacana scrub. Scrub ini bisa terbuat dari buah-buahan maupun sayuran, bahkan juga bisa dengan materi lainnya ibarat madu, susu, minyak, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan scrub ini, kulit kita akan tetap terjaga kelembabannya. Ini sebabnya mengapa banyak orang menggunakan scrub untuk melindungi kulitnya..
Kalau mendengar kata manfaat dari scrub, mungkin banyak yang penasaran. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari scrub? Sebenarnya manfaat dari scrub itu sendiri sangatlah banyak, tentunya untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

 Scrub ialah salah satu campuran dari beberapa materi yang digunakan untuk perawatan kulit Manfaat Scrub dan Cara Membuatnya
Manfaat Scrub dan Cara Membuatnya

Manfaat scrub

1. Mencerahkan wajah

Dengan menggunakan scrub kulit wajah, wajah anda akan terlihat lebih cerah. Hal ini dikarenakan sel kulit mati terangkat dan tumbuh sel-sel baru. Proses regenerasi kulit menjadi lebih baik karena rutin menggunakan scrub untuk perawatan dan pelindung kulit.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat

2. Mengatasi sel kulit mati

Sama halnya penjelasan poin satu. Scrub yang anda gunakan akan dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada badan anda terutama wajah. Sel kulit mati akan terangkat dan berganti dengan sel yang gres yang lebih baik. Dengan terangkatnya sel kulit mati akan dapat menghindarkan kulit dari benjol serta komedo.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati pada kulit

3. Membuat wajah lebih kenyal

Scrub bukan hanya mengangkat sel kulit mati, tapi juga membuat wajah anda menjadi lebih kenyal. Butiran scrub halus akan membuat wajah menajdi lebih rileks dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Kulit anda akan menerima nutrisi lebih karena peradaran yang lancar. Nutrisi yang lebih inilah yang akan membuat kulit terasa lebih kencal.

4. Membersihkan lebih dalam

Scrub yang anda gunakan juga akan membersihkan kulit wajah anda hingga hingga yang terdalam. Ya, akan membersihkan hingga pori-pori yang sulit dijangkau. Sehingga kotoran yang ada pada kulit akan hilang dan pori-pori menjadi bersih. Hal ini tentu dilakukan secara rutin, tidak hanya satu atau dua kali.

5. Melembabkan kulit

Dengan melaksanakan perawatan menggunakan scrub secara rutin, kulit anda akan terasa lebih lembab dan lebih sehat. Sehingga akan terbebas dari yang namanya kulit kering, kusam, dan kasar. Semua dilema kulit yang membuat kulit menjadi kering akan bisa diatasi oleh scrub. Lakukanlah scrubing secara rutin.

Baca juga : Cara alami melembabkan kulit wajah yang kering

6. Menghambat penuaan

Penuaan dini memang terasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Anda bisa mengatasi dilema penuaan dini dengan menggunakan scrub secara rutin. Penuaan akan terhambat, alasannya ialah sel kulit mati akan selalu terangkat dan beregenerasi menjadi kulit gres yang lebih baik.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan

Macam-macam scrub

1. Scrub gula dan lemon

Scrub gula dan lemon ini merupakan kombinasi yang cocok untuk anda gunakan. Scrub ini dapat mengakibatkan kulit anda tampak lebih lembut dan lembab. Penggunaan secara rutin bisa meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi dari radikal bebas..
Cara membuatnya: Siapkan secangkir gula, perasan air 2 lemon, seperempat cangkir krim susu, 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian campurkan semua materi dalam wadah. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Oleskan pada wajah dan leher lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat luar biasa lemon untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

2. Scrub gula cokelat dan madu

Scrub gula cokelat dan campuran madu ini bisa anda gunakan untuk kulit anda supaya lebih lembab dan sehat. Scrub ini aman untuk diaplikasikan pada kulit anda. Anda cukup menggunakannya secara rutin supaya mendapat hasil maksimal..
Cara membuatnya: Siapkan secangkir gula dan setengah cangkir madu. Campurkan semua materi kedalam mangkuk. Aduk perlahan supaya gula tidak larut. Oleskan pada kulit wajah anda secara merata dan gosok dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Scrub gula dan teh hijau

Anda juga bisa menggunakan scrub gula dan teh hijau ini untuk perawatan kulit anda. Bukan hanya perawatan tapi juga bisa untuk dukungan kulit anda. Kulit akan tampak lebih kencang setelah menggunakan scrub ini..
Cara membuatnya: Siapkan secangkir gula, 5 sendok teh minyak zaitun, 1 sendok makan teh hijau, dan beberapa tetes vanili. Campurkan semua materi dalam sebuah wadah. Aduk perlahan supaya gula tidak larut. Oleskan pada kulit wajah hingga leher. Tunggu 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Scrub Garam

Garam ialah salah satu materi yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menawarkan rasa asin pada suatu masakan. Tapi tahukah anda jikalau ternyata garam juga dapat menawarkan manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan? Garam dapat membantu memperbaiki kulit wajah.

Baca juga : Manfaat garam untuk kecantikan

Cara membuatnya: Siapkan garam secukupnya dan letakkan pada wajah. Campurkan garam dan minyak zaitun pada wadah yang bersisi garam. Setelah tercampur rata lalu oleskan pada wajah anda secara merata. Tunggu beberapa ketika lalu bilas dengan air bersih.

5. Scrub minyak zaitun

Minyak zaitun zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan pada minyak zaitun dapat membantu melembabkan, melembutkan, dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit..
Untuk membuatnya: Tuangkan minyak zaitun pada sebuah wadah secukupnya. Tambahkan sedikit gula lalu aduk hingga rata. Oleskan wajah anda disertai dengan pijatan perlahan. Tunggu beberapa ketika lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

6. Scrub alami madu

Madu telah dipercaya bisa membuat kulit menjadi lembab dan sehat. Bahkan kulit juga terasa lebih lembut, cerah, dan lebih putih setelah perawatan menggunakan madu. Anda bisa mengakibatkan madu sebagai scrub alami..
Cara membuatnya: Siapkan 2 sendok teh madu, 2 sendok teh gula pasir. Campurkan semua bahan. Setelah tercampur rata lalu aplikasikan pada kulit wajah anda. Tunggu 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan kulit wajah

7. Scrub alami kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menghancurkan lemak di bawah permukaan kulit. Melakukan perawatan secara rutin menggunakan scrub kopi akan membuat kulit anda tampak lebih sehat..
Cara membuatnya: Siapkan 1 genggam kopi debu dan 2 sendok teh gula pasir. Campurkan kedua bahan. Lalu tuangkan sedikit air hangat. Diamkan beberapa jam. Setelah itu oleskan pada kulit wajah anda. Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker kopi untuk kecantikan

Peringatan!

Hindari menggunakan scrub setiap hari atau bahkan setiap beberapa waktu sekali. Kulit membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari untuk melepas sel kulit mati. Sehingga jikalau scrub dipakai setiap hari akan membuat kulit menjadi sensitif. Pakailah scrub setidaknya 2-3 hari sekali, atau satu ahad sekali. Dan juga berhati-hatilah ketika menggosok scrub di kawasan kulit wajah yang sensitif, misalnya pipi atau lainnya. Dan hindari juga penggunaan scrub pada area mata dan mulut.