Manfaat dan efek samping mandi dengan air hangat – Air ialah salah satu sumber kehidupan manusia. Tanpa adanya air, insan pasti tidak akan mampu bertahan lama. Dengan adanya air, insan akan terhidrasi dengan baik. Ini berlaku apabila minum air secara rutin, paling tidak 8 gelas dalam sehari.
Berbicara ihwal air, air sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Baik itu air hambar maupun air hangat. Baik itu untuk diminum maupun untuk mandi atau sekedar membasuh. Manfaat yang begitu besar yang ada pada air putih ini mampu anda dapatkan jikalau dapat memanfaatkannya dengan baik. Apalagi kalau air itu dimanfaatkan dalam keadaan hangat, pasti akan menunjukkan kenyamanan, badan menjadi fresh, dan lebih bersemangat.
Manfaat dan efek samping mandi dengan air hangat  Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat
Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat

Manfaat mandi dengan air hangat

Jika anda menggunakan air hangat untuk mandi, anda akan menerima banyak manfaat yang mungkin tidak mampu anda dapatkan dari lainnya. Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan menggunakan air hangat:

1. Mengurangi stres dan insomnia

Dengan mandi menggunakan air hangat, badan anda akan terasa lebih kalem dan rileks. Jika anda sakit, sakit pun terasa lebih ringan. Jika anda merasa stres dan resah karena banyak beban pikiran, pikiran anda akan lebih rileks dan lebih baik. Dan jikalau anda susah tidur, anda akan mampu tidur dengan nyanyak. Mandilah dengan air hangat selama 10 menit di malam hari.

2. Mencegah sakit ringan

Jika anda mengalami sakit ringan ibarat batuk, flu, dan sebagainya, anda hanya perlu mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat. Dengan menghirup uap air panas tersebut akan dapat menghilangkan phlegm penyebab iritasi pada tenggorokan. Selain itu juga mampu menghilangkan dahak serta rasa tenggorokan nyeri. Jangan lupa juga untuk tambahkan minyak ekaliptus ke kulit atau udara.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika anda mandi dengan air hangat, rasa hangat pada air tersebut akan merangsang sirkulasi dan ajaran darah dalam tubuh. Dan pada waktu bersamaan tersebut akan terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan, dan otot. Meski tidak menyembuhkan secara permanen,  mandi hangat ini dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, mengurangi radang, dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Baik untuk penderita diabetes

Jika anda mengalami persoalan diabetes, atasilah dengan mandi menggunakan air hangat. Berendamlah dalam air hangat selama setengah jam. Dengan begitu, tingkat gula darah dalam badan anda akan lebih menurun secara perlahan. Anda pun akan merasa lebih baik dari persoalan diabetes, dan juga akan terhindar dari diabetes.

5. Obat migren

Migren atau sakit kepala ini disebabkan oleh peredaran darah pada kepala tidak lancar. Agar mampu beredar dengan lancar, anda mampu mandi dengan air hangat secara rutin. Sehingga peredaran menjadi lancar dan rasa sakit pada kepala akan teratasi dengan baik.

6. Meredakan sakit leher dan pundak yang pegal

Mungkin jikalau anda merasa sakit atau pegal pada episode badan anda, anda akan eksklusif memijatnya. Anda juga mampu mengatasinya dengan menggunakan air hangat untuk mandi. Guyurlah pada episode yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot badan anda. Lakukan secara rutin.

7. Mengatasi sindrom kaki gelisah

Bagi penderita sindrom kaki gelisah, anda dapat mengatasinya dengan cara mandi menggunakan air hangat. Mandilah dan berendamlah dalam air hangat selama 15 menit, yaitu 1 atau 2 jam sebelum anda tidur. Maka penyakit yang terkait dengan sindrom kaki gelisah akan teratasi dengan baik. Lakukan secara rutin supaya kesannya maksimal.

8. Meredakan batuk

Jika anda mengalami persoalan batuk, anda juga mampu mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat yang digunakan untuk mandi dapat meredakan batuk dengan baik. Hal ini karena uap air panas yang muncul akan terhirup oleh hidung dan menghilangkan ingus atau dahak yang menjadikan pilek atau hidung tersumbat. Bahkan mandi air hangat juga mampu mencegah iritasi tenggorokan.

Efek samping mandi dengan air hangat

Kalau air hangat ada manfaatnya, tentu juga ada efek sampingnya. Jika anda menggunakan air hangat untuk mandi dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan, maka anda akan menerima manfaat yang baik, tapi jikalau tidak teratur atau berlebihan ada beberapa efek samping yang akan mengintai:

1. Kulit sensitif

Mandi air hangat memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun mandinya juga harus ingat waktu dan jangan berlebihan atau terlalu sering. Hal ini dapat berefek negatif pada kesehatan maupun kecantikan anda, ibarat kulit yang menjadi lebih sensitif. Ini terjadi karena perbedaan suhu air dengan suhu kulit normalnya. Jika berlebihan, maka akan mengirimkan sinyal sensitif dengan banyak sekali reaksi ibarat kulit terbakar, muncul ruam merah, dan luka pada kulit.

2. Tekanan darah menurun drastis

Berhati-hatilah jikalau anda mandi dengan air hangat. Jangan berlebihan dalam hal ini. Sebab bagi anda yang mengalami darah rendah akan sangat berbahaya. Mandi dengan air hangat secara berlebihan akan dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Kondisi juga tergantung pada kesehatan di awal baik sebelum maupun sesudah mandi. Beberapa orang merasa detak jantung terasa lebih cepat berdetak karena jantung memompa lebih cepat.

3. Sakit kepala

Memang mandi dengan air hangat mampu menghilangkan migren atau sakit kepala. Namun jikalau anda mandi air hangat berlebihan justru akan menjadikan sakit kepala. Ini sangat berkebalikan bukan? Ya, perubahan suhu udara dengan suhu air ini akan membuat persoalan pada ajaran darah ke episode otak. Inilah yang menjadikan rasa sakit tiba-tiba. Kondisi ini membuat penderitanya sulit untuk berdiri, berjalan, atau duduk dengan baik.

4. Gangguan pencernaan

Jika anda mengalami persoalan pencernaan, jangan mandi dengan air hangat secara berlebihan, ini mampu memperparah pencernaan anda. Hal ini akan lebih parah lagi jikalau dilakukan setelah anda makan. Gejala yang terjadi biasanya rasa mual dan muntah. Jika anda mencicipi hal ini, maka tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat.

5. Pori-pori membesar

Air hangat mampu membuat pori-pori anda menjadi lebih besar. Hal ini berlaku jikalau mandi air hangat terlalu berlebihan. Dengan pori-pori yang membesar ini akan membuat badan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena dikala badan terkena air hangat atau panas pori-pori akan membuka dan pembuluh darah kulit menjadi sensitif, setelah itu pori-pori tidak mengecil lagi. Inilah yang menjadikan penyakit kulit mudah masuk ibarat jerawat, komedo, dan lainnya.

6. Bisa membahayakan janin

Mandi dnegan air hangat sangat tidak disarankan bagi itu yang sedang mengandung. Hal ini sangat membahayakan kesehatan janin, bahkan jikalau terlalu berlebihan mampu menjadikan keguguran. Air hangat mampu menjadikan kontrasi lebih cepat, bahkan sistem pembuluh darah dapat mengalami ancaman lain. Mandi air hangat juga mampu menjadikan keanehan pada kelahiran bayi.
Demikianlah info tentang  Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.