Bayangan hitam di bawah mata merupakan salah satu faktor yang bisa mengurangi penampilan dan kesejukan wajah. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, salah satunya membuktikan Anda kurang tidur atau tengah menderita alergi.

Rona kehitaman di bawah mata, menurut andal kesehatan, bisa juga membuktikan gejala dari gangguan kesehatan serius. Terutama bila rona tersebut dibarengi dengan sakit radang tenggorokan atau demam.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi biang keladi adanya bayangan hitam di bawah mata, salah satunya adalah:

  • 1. Akibat sinar matahari

Sinar matahari dapat menjadi penyebab adanya bayangan hitam di bawah mata, alasannya ialah area di bawah mata lebih cepat bermetamorfosis gelap dibandingkan kulit lain di sekitar wajah.

  • 2. Kurang asupan nutrisi

Jika Anda kurang mengkonsumsi sayuran berwarna hijau tua, maka rona kehitaman di bawah mata Anda ialah tanda jikalau Anda mungkin mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan setiap hari.

  • 3. Kurang tidur

Jika semalam atau kemarin malam Anda begadang, maka bulat hitam di bawah mata akan menjadi penanda Anda kurang istirahat (tidur). Semakin lelah Anda, kulit wajah akan semakin menyampaikan anutan darah di bawah mata. Sehingga corak kulit di bawah mata Anda akan terlihat kebiruan atau lebih gelap.

  • 4. Keturunan/genetik

Sayangnya, untuk sebagian orang, corak kehitaman di bawah mata sifatnya turun temurun atau genetik. Jika ibu Anda mengalaminya, bisa jadi Anda pun mendapatkannya.

Umumnya ini akhir adanya pembesaran pembuluh darah. Pengaruh tingginya jumlah darah yang terdapat di area tersebut, membuat kulit menjadi terlihat lebih gelap dibanding warna kulit di episode wajah lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi warna gelap di bawah mata tersebut:

  • – Dengan produk kosmetik

Saat ini banyak produk kosmetik yang dapat membantu memutihkan rona hitam di bawah mata, tapi gunakan secara hati-hati dengan memperhatikan cara pemakaiannya.

  • – Cara tradisional

Rona hitam di bawah mata akhir mata lelah atau kurang tidur, bisa disegarkan dengan mengkompres mata dengan irisan ketimun atau tomat yang di tempelkan di mata.

  • – Tidur

Beristirahat atau tidur yang cukup selama 8 jam sehari, akan membantu Anda dalam menghilangkan rona kehitaman di bawah mata.

  • – Menghilangkan faktor pemicu

Menghilangkan atau meminimalisir penyebab timbulnya rona hitam tersebut. Pelajari apa faktor penyebab rona hitam di bawah mata Anda lalu sebisa mungkin menghindarinya.