Kosmetik telah menjadi episode yang penting dalam kehidupan wanita. Penggunaan kosmetik yang cocok dapat membantu menutupi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan dari wajah, sehingga pemakainya kelihatan lebih cantik. Namun ternyata Anda juga harus memperhatikan umur dari kosmetik Anda, karena kosmetik dapat kadaluwarsa. Zat yang digunakan sebagai pengawet pada kosmetik setelah jangka waktu tertentu akan habis atau tidak menunjukkan manfaat lagi. Pada ketika inilah kosmetik dikatakan kadaluwarsa.

Kadangkala karena melihat kosmetik belum habis, kita merasa sayang untuk membuangnya. Namun bila kosmetik tersebut sudah kedaluwarsa dan tetap digunakan, dapat menimbulkan dampak yang merugikan untuk wajah, misalnya kulit menjadi alergi, gatal, merah, atau bengkak. Hilangnya fungsi pengawet, menimbulkan banyak basil yang berkembang biak dan merusak kosmetik sehingga menunjukkan efek negatif untuk wajah.

Secara umum, masa kedaluwarsa kosmetik sebagai berikut:

Jenis Kosmetik & Masa Kadaluwarsa

Lipstik atau Lip Gloss : 2 – 3 tahun
Alas bedak : 1 – 2 tahun
Bedak : 1 – 2 tahun
Blush On : 4 – 6 bulan
Maskara : 3 – 6 bulan
Eye Shadow : 3 – 6 bulan

Selain hilangnya fungsi pengawet setelah jangka waktu tertentu, adapula yang menimbulkan kadaluwarsa jenis kosmetik tertentu tidak sama. Beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab kadaluwarsa tiap jenis kosmetik berbeda-beda antara lain ialah materi pembuat kosmetik, cara pemakaian kosmetik dan cara penyimpanan kosmetik. Berikut ini beberapa faktor penyebab kadaluwarsa kosmetik berbeda-beda, yaitu:

  • Bahan pembuat kosmetik

Kosmetik berbentuk cream (misalnya blush on) lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan bentuk debu padat. Kosmetik yang berbahan dasar air umurnya lebih sedikit dari kosmetik yang berbahan dasar minyak.

  • Cara pemakaian atau penggunaan kosmetik

Pemakaian kosmetik dengan menggunakan kuas lebih tahan lama dibandingkan bila eksklusif digunakan ke wajah atau bila menggunakan jari. Hal ini disebabkan adanya kontak eksklusif dari anggota badan yang dapat berbagi basil pada kosmetik.

  • Penyimpanan kosmetik

Bila disimpan dalam kawasan yang sejuk dan tertutup rapat dapat mengurangi jumlah basil yang masuk dalam kosmetik sehingga umur kosmetik dapat lebih lama.

Anda juga sebaiknya membuang kosmetik Anda kalau kosmetik berubah warna, pecah-pecah membentuk butiran, atau bila berbau. Hal ini mengindikasikan bahwa kosmetik sudah lama dan kadaluwarsa. Ingatlah, bahwa wajah Anda lebih penting daripada tetap menggunakan kosmetik kadaluwarsa yang berdampak buruk.

Sumber: kumpulan.info