Manfaat dan efek samping kopi bagi kesehatan – Kopi yaitu salah satu minuman sangat digemari oleh sebagian besar orang. Terutama di kalangan orang yang suka begadang atau kerja di malam hari. Biasanya kopi yaitu minuman yang tidak bisa ditinggalkan bagi mereka.
Berbicara perihal minuman, tentu semua minuman itu ada manfaatnya baik dan tidak baiknya. Begitu juga dengan kopi. Bagi sebagian orang menganggap kopi itu minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, oleh karena itu mereka memilih kopi sebagai minuman sehari-harinya. Tapi berbeda dengan sebagian orang lagi, kopi dianggap sebagai minuman yang merugikan kesehatan, karena kandungan kafeinnya yang terlalu banyak. Semua itu memang benar. Namun manfaat atau tidaknya tergantung cara mengkonsumsinya bagaimana.
Kopi akan menunjukkan manfaat yang luar biasa bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Namun akan merugikan kesehatan tubuh bila dikonsumsi sembarangan atau berlebihan. Berbicara perihal manfaat dan efek samping kopi, berikut ini beberapa manfaat dan efek samping kopi bagi kesehatan:
Manfaat dan efek samping kopi bagi kesehatan  Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan
Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi

1. Meningkatkan energi dan membuat anda lebih cerdas

Kopi mengandung kafein yang merupakan zat psikoaktif yang umum dikonsumsi di dunia. Kafein dalam kopi akan diserap ke dalam fatwa darah yang kemudian mengalir hingga ke otak. Hal inilah yang mengakibatkan fung otak mengalami peningkatan, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, tingkat energi, dan fungsi umum kognitif. Dengan begitu, mengkonsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan energi dan menambah kecerdasan otak.

2. Meningkatkan kinerja fisik

Kandungan kafein pada kopi bisa merangsang saraf juga meningkatkan adrenalin dalam darah, yang merupakan hormon untuk membuat tubuh siap beraktivitas fisik dengan semangat. Oleh karena itu banyak orang yang sebelum beraktivitas meminum kopi dulu, karena kopi dapat membuat seseorang menjadi semangat dan kinerja fisik menjadi meningkat.

3. Menjaga kesehatan mulut

Kopi bersifat antibakteri yang dapat menjaga dan melindungi kesehatan ekspresi dari basil serta kuman penyebab penyakit dan wangi mulut. Bahkan bila mengkonsumsi kopi secara rutin pun akan dapat mencegah seseorang mengalami penyakit kanker mulut.

4. Mengurangi penyakit alzeimer dan demensia

Alzeimer biasanya menyerang pada seseorang yang telah mencapai usia 65 tahun ke atas. Berdasarkan penelitian, kopi yaitu salah satu minuman yang bisa meningkatkan santunan terhadap penyakit yang berafiliasi dengan degradasi fungsi saraf, termasuk penyakt alzeimer.

5. Meningkatkan mood

Pernahkah anda merasa lebih bernafsu dan lebih ceria dikala atau setelah meminum kopi? Ini menunjukan bahwa kopi bisa meningkatkan mood seseorang. Yang tadinya memiliki mood sedih, sekarang menjadi lebih senang dan bersemangat, karena kopi menunjukkan efek krelasi pada kebahagiaan.

6. Mencegah encok

Berdasarkan studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa orang yang berusia lebih dari 40 tahun yang rutin mengkonsumsi kopi akan lebih rendah resiko terkena encok. Oleh karena itu dianjurkan bagi anda supaya mengkonsumsi kopi secara rutin supaya terhindar dari encok.

7. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 yaitu salah satu penyakit atau duduk perkara kesehatan yang besar. Penyakit ini ditandai dengan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau tidak mensekresi insulin. Jika anda ingin terhindar dari diabetes tipe 2, konsumsilah kopi secara rutin namun jangan berlebihan.

Baca juga : Cara mudah cegah dibetes semenjak dini

8. Menurunkan resiko parkinson

Parkinson yaitu penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua setelah alzeimer. Penyakit ini juga belum ada obatnya. Sehingga sangat penting bagi kita untuk lebih fokus pada pencegahan. Untuk mencegahnya, anda bisa mengkonsumsi kopi lebih rutin lagi.

9. Meningkatkan metabolisme tubuh

Dengan mengkonsumsi secara rutin, anda bisa mempertahankan atau bahkan menurunkan berat tubuh lebih mudah. Berdasarkan studi tahun 1980 ditemukan bahwa kafein pada kopi dapat merangsang metabolisme tubuh pada orang yang berkondisi normal. Sedangkan orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

10. Mencegah kerikil empedu

Penelitian tahun 2002 menemukan bahwa wanita meminum kurang lebih 4 cangkir kopi sehari memiliki resiko terserang penyakit kerikil empedu lebih rendah dari biasanya. Bukan hanya pada wanita, studi selanjutnya pun menemukan hal yang sama pada pria.

11. Dapat mencegah depresi

Memang duduk perkara yang ada seringkali membuat kita merasa stres. Namun anda bisa mencegah pikiran terlalu stres dan depresi dengan lebih rutin mengkonsumsi kopi. Mengkonsumsi kopi secara rutin akan beresiko lebih rendah mengalami depresi daripada orang yang tidak pernah mengkonsumsi kopi.

12. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam kopi bisa membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Bahkan penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terkena kanker akan mengalami penurunan sebesar 25%.

Efek samping kopi

1. Kopi bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur
2. Kopi juga bisa membuat detak jantung menjadi lebih kencang
3. Berbahaya bila dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga
4. Tidak cocok dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil
5. Dilarang untuk asam lambung
6. Dilarang untuk penderita darah tinggi
7. Dilarang bagi penderita radang usus
8. Kopi yang cukup panas akan menyebabkan sakit tenggorokan dan sariawan atau panas dalam

Tips mengkonsumsi kopi

Bagi anda yang belum tahu bagaimana tips mengkonsumsi kopi yang menyenangkan dan benar, berikut ini tips yang bisa anda coba:
  • Minumlah kopi maksimal 2 gelas dalam sehari
  • Hindarilah minum di malam hari, paling tidak sebelum jam 4 sore
  • Jangan mengkonsumsi kopi bersama dengan durian
  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan perhiasan gula yang berlebih
  • Usahakan kopi diminum kurang lebih 3 jam setelah dibuat

Demikianlah berita perihal Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan. Kopi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun kopi juga berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.