Penyakit pusing kepala sebelah atau migraine ialah karena peredaran darah yang tidak tera Ramuan Alami untuk Mengatasi Migrain Ramuan Alami untuk Mengatasi Migrain. Penyakit pusing kepala sebelah atau migraine ialah karena peredaran darah yang tidak teratur dalam otak atau dalam sebagian otak. Penyebab lain migrain ialah karena pencernaan yang tidak baik, radang tonsil, bengkak, dan lain-lain dalam tubuh. Kegagalan seseorang dalam menggapai keinginan dapat juga menjadi alasannya ialah timbulnya penyakit kepala pusing sebelah. Ada kecenderungan pendapat yang menghubungkan penyakit itu dengan keturunan. Penyakit kepala pusing sebelah seringkali terdapat pada orang yang berusia 15-35 tahun. Bagi seorang wanita, jikalau masa mati haid telah lampau (menopause) biasanya akan hilang dengan sendirinya, setidaknya tidak begitu menyusahkan lagi.

Gejala Sakit Kepala Sebelah
  • Gejala atau tanda-tanda penting penderita sakit pusing kepala sebelah atau migraine yang penting diantaranya Kepala pening pada sebelah kiri atau kanan saja.
  • Penderita biasanya lelah dan ngantuk.
  • Kadang mual dan mau muntah.
  • kepala panas, tak tahan terhadap cahaya jelas dan bunyi yang bising.
  • Penglihatan kabur dan kunang-kunang.
  • Kadang timbul lali (mati rasa), dan berbicara terganggu.
  • Serangan datang berulang pada satu waktu.

Perawatan dan pengobatan
  • Usahakan sipenderita dapat beristirahat dengan hening dalam kamar yang agak gelap, tetapi harus cukup dengan hawa yang segar.
  • Usahakan semoga tidurnya cukup.
  • Untuk mengurangi rasa nyeri ikatlah kepala dengan sapu tangan.
  • Kompreslah kepala dengan air yang hangat.
  • Jauhkan dari rokok dan minuman beralkohol.

Pengobatan Migrain dengan Tumbuhan Berkhasiat

Berikut ini tanaman berguna yang dapat mengatasi bagi penderita penyakit pusing kepala sebelah atau migrain.
  1. Rimpang bangle 2 jari, dicuci lalu diparut, diberi air garam seperlunya, untuk menggososk tulang punggung, tengkuk, dahi, dan pelipis (1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan). 
  2. Bawang putih 2 butir, dibuang kulitnya, dikunyah perlahan-lahan, sesudah lumat gres ditelan, disusul minum air yang hangat (2-3 kali sehari).
  3. Serbuk kopi murni 2 sendok, diseduh dengan air yang mendidih 3/4 cangkir dan madu 1 sendok, diaduk baik-baik. Sesudah suam-suam kuku diminum 1-2 kali sehari.
  4. Daun kaki kuda 15 lembar, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga tersisa 3/4-nya, sesudah cuek lalu disaring dan diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  5. Rimpang jahe 1/2 jari, rimpang lempuyang pahit 1/2 jari, cekur 3/4 jari. Dicuci lalu ditumbuk halus-halus, diremas dengan air masak 4 sdm dan madu murni 2 sdm. Diperas dan disaring lalu diminum 3 kali sehari 2 sdm.
  6. Daun kangkung 1/4 genggam, daun bayam 1/4 genggam, buah jagung muda yang masih berkulit dan berambut 2 tongkol, daun sangket 1/4 genggam, gula enau 2 jari. Dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tersisa 3/4-nya, sesudah cuek disaring lalu diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.