Manfaat wedang jahe untuk kesehatan dan cara membuatnya – Jahe yaitu salah satu rempah-rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Bahkan jahe ini telah dipercaya dapat menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Kandungan alami didalamnya dapat mengobati masuk angin, sakit perut, tenggorokan serak, dan sebagainya.
Jahe bisa sangat muda ditemukan di negara kita yaitu Indonesia. Bahkan hampir setiap tempat ada yang namanya jahe. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Anda cukup mengolahnya menjadi wedang. Tentu tidak ajaib lagi ditelinga kita dengan yang namanya wedang jahe. Biasnya wedang jahe ini eksklusif dikonsumsi dan ada juga yang dicampur dengan susu atau madu. Selain menghangatkan tubuh juga membuat tubuh menjadi lebih bersemangat.
Selain itu, apa saja sih manfaat lain dari wedang jahe? Untuk menambah pengetahuan, perlu bagi kita untuk mengetahui manfaat jahe lebih detail lagi. Berikut ini beberapa manfaat dari wedang jahe untuk kesehatan tubuh:
Manfaat wedang jahe untuk kesehatan dan cara membuatnya  Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya
Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

1. Metabolisme tubuh

Wedang jahe yaitu salah satu minuman yang dapat mengkremasi kalori dalam tubuh. Minuman inilah yang dapat membantu proses metabolisme tubuh. Selain itu, anda juga bisa mencegah perut buncit dengan wedang jahe. Jika anda ingin menurunkan berat badan, sangat cocok minum wedang jahe. Konsumsilah wedang jahe secara rutin semoga kesehatan selalu terjaga.

2. Sistem pencernaan

Jika anda memiliki duduk perkara pencernaan ibarat sembelit atau perut kembung, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan wedang jahe. Mengkonsumsi wedang jahe ketika mengalami duduk perkara pencernaan akan lebih mudah dan cepat mengatasi duduk perkara tersebut. Perut anda tidak akan terasa sakit setelah makan dan usus anda akan lebih bersih.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

3. Obat sakit kepala

Sakit kepala jenis apapun bisa anda atasi dengan minum wedang jahe. Kandungan alami didalamnya dapat mengatasi duduk perkara sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan sakit kepala migren. Konsumsilah wedang jahe secara rutin setiap harinya semoga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman serta terbebas dari sakit kepala.

4. Mengatasi duduk perkara pernapasan

Berbagai macam pernapasan ibarat pilek dan batuk dan juga duduk perkara pernapasan lainnya, anda bisa memilih wedang jahe untuk mengatasi duduk perkara ini. Jahe akan dapat membantu melancarkan dahak dan memperluas paru-paru. Sehingga pernapasan yang sulit pun akan lebih cepat teratasi. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe secara rutin untuk memperlancar pernapasan.

5. Meredakan batuk dan masuk angin

Jika anda merasa tidak enak badan, misalnya batuk-batuk atau masuk angin, anda juga bisa mengatasinya dengan meminum wedang jahe. Kandungan alami pada wedang jahe ini dapat membantu meredakan batuk dan mengeluarkan angin berlebih dalam tubuh. Yang artinya, anda akan terbebas dari batuk maupun masuk angin. Hal ini disebabkan jahe mengandung anti toksin dan anti jamur yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

6. Mengatasi sakit perut

Wedang juga memiliki manfaat baik untuk mengatasi duduk perkara sakit perut. Baik itu perut kembung atau sakit perut lainnya, anda bisa memilih obat alami yaitu wedang jahe. Wedang jahe ini akan menunjukkan kehangatan pada tubuh terutama perut, sehingga akan lebih nyaman dan lebih bersemangat. Minumlah wedang jahe ketika sakit perut, lalu tunggu beberapa ketika untuk lihat reaksinya.

7. Mengatasi rasa mual

Rasa mual dan rasa tidak nyaman pada perut juga bisa anda obati dengan wedang jahe. Kandungan alami pada jahe bisa membantu meredakan rasa mual dan menunjukkan kenyamanan serta kehangatan pada perut. Makara tidak perlu takut mual akan datang lagi.

8. Meningkatkan immune tubuh

Biasanya seseorang yang minuma wedang jahe akan berkeringat setelahnya. Nah, suhu tubuh yang meningkat dan berkeringat ini akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap mikroba penyebab batuk, flu, atau demam.

9. Mencegah peradangan

Peradangan pada perut bisa anda obati atau anda cegah dengan meminum wedang jahe. Selain itu, wedang jahe juga dapat membantu menyuntikkan energi pada tubuh anda, sehingga tubuh anda akan menjadi lebih bersemangat, sehat dan bugar. Anda pun akan lebih hening dan semangat menghadapi aktifitas setiap hari.

10. Sirkulasi darah

Jahe memiliki kadar gingrol yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab kandungan tersebut bersifat antikoagulan yang sangat diharapkan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Minumlah wedang jahe secara rutin, baik itu di pagi hari maupun malam hari.

11. Diet

Wedang jahe juga dapat membantu agenda diet yang anda jalani. Sebab jahe kaya akan serat dan rendah kolesterol. Jika anda ingin diet anda lebih cepat berhasil, konsumsilah wedang jahe secara rutin setiap harinya. Ini akan membantu mempercepat dan memaksimalkan diet anda.

12. Detoksifikasi

Dengan meminum wedang jahe, kesehatan tubuh anda akan selalu terjaga. Bukan hanya itu, kekebalan tubuh anda juga akan semakin meningkat dan semakin besar lengan berkuasa dengan rutin minuma wedang jahe. Proses metabolisme akan meningkat dan membuat tubuh menjadi berkeringat. Inilah yang membuat proses detoksifikasi tubuh menjadi lebih baik dan lebih lancar.

13. Mencegah kanker

Kanker yaitu salah satu penyakit yang mematikan. Anda bisa mencegahnya dengan memanfaatkan jahe sebagai wedang. Jadikan wedang jahe sebagai minuman sehari-hari untuk menjauhkan diri anda dari penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian bahwa bila sel kanker usus dan rahim bisa diberantas dengan jahe.

Resep Wedang Jahe

  1. Jahe 100 gr
  2. Serai 2 batang
  3. Gula merah 220 gr
  4. Daun Pandan 2 lembar
  5. Air 1 liter

Cara Membuat Wedang Jahe

Untuk membuat wedang jahe tidaklah sulit. Sama ibarat membuat wedang pada umumnya. Jika anda tertarik untuk membuatnya untuk menjaga kesehatan, berikut ini cara membuat wedang jahe:
  1. Memarkan jahe dan serai, lalu kemudian rebus dengan air yang dicampur juga dengan semua materi untuk membuat wedang jahe.
  2. Setelah direbus selama kurang lebih 30 menit, maka wedang jahe sudah siap untuk diminum.
  3. Anda juga bisa menambahkan susu pada wedang jahe. Minuman ini sangat disukai oleh kebanyakan orang. Selain menghangatkan juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Demikianlah informasi tentang  Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya. Jahe yaitu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai minuman yang kaya akan manfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.