Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Baking soda merupakan materi alami yang biasa digunakan untuk membuat kue. Sehingga baking soda juga biasa disebut dengan soda kue. Siapa sangka baking soda yang selama ini sebagai materi pembuat kudapan manis ternyata juga bisa sebagai perawatan kulit. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya untuk itu pribadi saja anda simak beberapa keterangan dari kami, biar bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut Sejuta manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan.
Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan  Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat baking soda untuk kesehatan

1. Obat kumur alami

Baking soda bisa berfungsi sebagai obat kumur yang alami yang bisa mengatasi duduk perkara menyerupai amis mulut, sariawan, sakit gigi serta membersihkan verbal dari kuman. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100ml air, aduk hingga rata kemudian dibuat berkumur.

2. Menghilangkan amis badan

Selain bisa menghilangkan amis mulut, baking soda juga sangat efektif untuk mengatasi amis badan. Caranya sangat mudah sekali, yakni gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak anda. Baking soda bisa bekerja menetralisir keringat serta amis tubuh yang dikeluarkan.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi amis tubuh menyengat

3. Meredakan gatal

Jika rumah anda kotor alasannya jarang sekali dibersihkan, maka jangan heran bila rumah anda banyak nyamuknya, alasannya nyamuk suka dengan tempat-tempat yang awut-awutan dan kotor, tak heran bila balasannya anda sering digigit oleh nyamuk. Baking soda dipercaya bisa meredakan gatal-gatal akhir gigitan nyamuk.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Baking soda dipercaya oleh para hebat bisa mengatasi duduk perkara gangguan pencernaan. Baking soda bisa bekerja menetralkan asam lambung bila sudah masuk ke dalam tubuh. Kemudian baking soda bisa menunjukkan reaksi meredakan gangguan pencernaan, rasa mulas dan sakit maag.

5. Memperbaiki dan mencegah efek kulit terbakar

Kulit yang terkenan paparan sinar matahari pribadi disiang hari bisa membuat kulit kering dan kusam. Bahkan orang yang memiliki kulit sensitif bisa terjadi semacam iritasi. Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan baking soda sebagai solusinya. Caranya yakni campurkan setengah cangkir baking soda dan air hangat ke dalam bathtub kemudian buat berendam, nikmati prosesnya dan rileksasikan tubuh anda.

6. Menyegarkan kaki yang lelah

Kaki yang lelah akhir seharian beraktifitas bisa disegarkan kembali menggunakan ramuan baking soda. Rasa lelah dan pegal pun bisa hilang dengan baking soda. Caranya yakni dengan mencampurkan baking soda dan air hangat secukupnya, kemudian rendamkan kaki anda pada air tersebut selama beberapa menit sambil kaki dipijat secara perlahan.

Manfaat baking soda untuk kecantikan

1. Membersihkan kulit wajah

 Baking soda juga bisa berfungsi sebagai pembersih wajah dari kotoran-kotoran yang menempel. Caranya yakni campurkan sedikit baking soda dengan air hangat secukupnya kemudian oleskan pada wajah sambil wajah dipijat secara perlahan.

2. Mengatasi wajah berminyak

Baking soda juga bisa mengatasi duduk perkara wajah berminya. Caranya yakni campuran baking soda dan gandum mentah dengan dibentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan adonan tersebut pada wajah serta sambil dipijat-pijat secara perlahan.

3. Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah

Baking soda juga bisa membuat kulit menjadi putih dan cerah. Hal ini alasannya baking soda bisa mengangkat sel kulit yang mati, bisa menghilangkan flek hitam serta mengatasi kulit kusam. Caranya yakni baking soda dengan air sabun kemudian oleskan pada kulit wajah serta leher secara merata sambil dipijat secara perlahan.

4. Menghaluskan kulit

Baking soda juga bisa memiliki kegunaan untuk membuat kulit menjadi halus. Penyebab kulit bernafsu dan kulit kusam bisa teratasi dengan menggunakan baking soda alasannya baking soda bisa bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah.

5. Mengobati bisul dan menghilangkan jerawat

Jerawat memang bukan suatu hal yang membahayakan, namun eksistensi bisul bisa mengganggu penampilan seseorang. Dalam duduk perkara ini baking soda bisa menjadi solusinya untuk menghilangkannya. Caranya yakni campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah yang berminyak.

6. Menghilangkan komedo

Komodo merupakan musuh utama kaum muda setelah jerawat. Sama menyerupai jerawat, komedo juga bisa merusak penampilan seseorang. Baking soda dipercaya bisa mengatasi duduk perkara ini, caranya yakni sebagaimana mengatasi jerawat. Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada kulit di sekitar hidung yang menjadi potensi terbesar komedo.

7. Mengangkat sel kulit mati

Baking soda bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya yakni anda bisa mengambil satu sendok makan baking soda yang telah dicampur dengan susu biasa dan air secukupnya. Kemudian gosokkan pada kulit anda.

8. Membersihkan kuku

Anda bisa membersihkan serta mempercantik kuku hanya dengan menggunakan baking soda. Caranya yakni campurkan baking soda dan air hingga membentuk soda kemudian anda oleskan dan pijat pada kuku anda lalu bilas dengan air.

9. Mencerahkan ketiak

Kulit ketiak yang gelap terkadang membuat wanita kurang percaya diri. Namun anda tidak perlu khawatir lagi alasannya duduk perkara itu bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Caranya yakni campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Memutihkan gigi

Cara alami untuk memutihkan gigi bisa menggunakan baking soda. Caranya yakni hancurkan satu buah strawberry matang dan campurkan dengan setengah sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi dan diamkan selama lima menit, kemudian sikat gigi yang bersih, metode ini tidak boleh dilakukan lebih dari sekali dalam satu ahad alasannya bisa merusak lapisan enamel gigi.

Manfaat baking soda lainnya

1. Pembersih toilet

Baking soda merupakan materi alami yang bisa membersihkan kotoran. Caranya cukup taburkan baking soda ke toilet kemudian sikat hingga merata. Dengan demikian kamar mandi anda akan nampak lebih bersih serta efisien alasannya tidak perlu lagi membeli pembersih toilet.

2. Membersihkan buah dan sayuran

Baking soda juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan kuman yang menempel pada buah-buahan dan sayuran. Caranya yakni isikan air ke dalam mangkok besar atau panci kemudian tambahkan dua sendok makan baking soda, lalu gunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Cara menyerupai ini bisa lebih bersih daripada hanya menggunakan air biasa.

3. Penghilang bau

Masukkan baking soda dalam wadah yang terbuka di dalam kulkas, baking soda bisa menjaga kesejukan makanan serta menghindari kontaminasi oleh amis yang tidaks sedap. Bau kulkas bisa berasal dari daging atau ikan mentah atau makanan yang sudah lama tersimpan.

4. Menghilangkan noda membandel

Noda membandel memang sesuatu yang menjengkelkan. Terutama bila kotoran tersebut terdapat apda pakaian. Untuk mengatasi noda yang membandel ini anda bisa menggunakan baking soda sebagai solusinya. Caranya yakni cukup campurkan baking soda dengan detergen kemudian masukkan ke dalam mesin basuh untuk mencuci pakaian dengan noda yang membandel.

5. Pembersih perhiasan

Baking soda juga bisa bermanfaat sebagai pembersih embel-embel menyerupai emas, perak dan mutiara. Perhiasan yang kusam bisa menjadi berkilau kembali dengan mencucinya menggunakan baking soda. Gosok embel-embel anda menggunakan baking soda dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Pembersih perabot rumah tangga dan kaca

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan perabit rumah tangga anda ataupun kaca-kaca di rumah anda. Caranya yakni campurkan baking soda dengan air, siapkan lap dan serbet kemudian gunakan untuk membersihkan beling ataupun perabot rumah tangga.

Efek samping dari pemakaian baking soda

Baking soda memang banyak menjadi alternatif seseorang untuk perawatan kulit wajah. Baking soda bisa membersihkan kulit wajah dari banyak sekali kotoran yang menempel, mengangkat sel kulit mati serta mengatasi jerawat, namun pemakaian baking soda yang berlebihan bisa merusak kulit serta membuat kulit menjadi kusam dan keriput. Sebaiknya penggunaan baking soda ini secara jarang-jarang saja dan jangan hingga melaksanakan pemakaian selama 4 hari berturut-turut.