Banyak yang berpendapat, perempuan paling takut pada perubahan fisik. Salah satu problem yang menjadi musuh kaum perempuan yakni kerut dan keriput yang disebabkan oleh faktor penuaan. Padahal bekerjsama kerut dan keriput tidak hanya terlihat di wajah, tetapi juga pada kulit tubuh.

Menurut dr.Ratih Citra Sari dari Estetiderma RS. Thamrin, Jakarta, kelembaban kulit di tubuh dan di wajah berbeda. Wajah memiliki kelenjar-kelenjar yang memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan di badan.

“Tubuh bekerjsama punya kelembaban alami, tetapi kelembaban itu kita kikis setiap hari ketika mandi. Bahan-bahan yang terdapat pada sabun membuat kulit kering, apalagi kalau mandinya menggunakan shower puff,” tuturnya.

Padahal, tambah dr.Ratih, selain mandi, masih banyak hal yang menjadi pemicu hilangnya kadar kelembaban alami kulit, misalnya paparan sinar matahari, penuaan, cuaca dan AC. Jika kulit tubuh selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik, lama kelamaan kulit akan kendur, kering dan kusam.

Memiliki kulit yang halus, kencang dan sehat bekerjsama bukan hal yang tidak mungkin, asalkan kita melaksanakan perawatan semenjak dini. Salah satunya yakni dengan rajin memakai pelembab setiap kali jawaban mandi dan setiap kita merasa kulit kering.

Kandungan pelembab

Pelembap terutama dirancang untuk mencegah dehidrasi kulit. Pelembap biasanya berbentuk krim, dengan kekentalan yang bervariasi dari ringan hingga sangat kental, tergantung dari kandungan minyak dan gliserin.

Menurut penjelasan Widyawati Salim, Product Develompent Manager for Skin, Unilever, pelembab tubuh atau yang biasa kita kenal sebagai body lotion mengandung bahan-bahan pelembab, ibarat halnya humektan dan emolien yang berfungsi mencegah air menguap dari kulit dengan jalan membuat lapisan tipis di permukaan kulit.

Gliserin merupakan humektan standar yang biasa dipakai produk body lotion selama bertahun-tahun lamanya, fungsinya untuk mengikat air. Gliserin juga terbukti sangat aman untuk kulit. Salah satu produk yang menggunakan gliserin yakni Vaseline.

Bahan lain yang terdapat pada produk body lotion yakni materi emulsi. Pada pelembab yang mengandung water-in-oil emulsion, biasanya lebih berminyak sehingga lebih digemari karena dengan mudah menyerap dalam kulit dan mampu memberi efek mendinginkan.

Walau kandungan produk pelembab terdiri dari materi kimia tapi dijamin disukai para pemakainya, karena di dalamnya juga terdapat materi pewangi, materi pengawet untuk mencegah kontaminasi mikroba dan materi aktif lain yang sangat bermanfaat, misalnya pencerah kulit dan tabir surya.

Olahraga dan nutrisi

Kosmetik semahal apa pun tidak akan mampu menutupi kulit yang kusam. Karenanya jangan pernah tinggalkan olahraga. Berolahraga tak hanya membuat tubuh bugar dan sehat tapi juga memperbaiki sirkulasi darah ke jaringan. “Jika sirkulasi bagus, otomatis kulit akan cukup mendapat nutrisi,” ujar dr.Ratih. Tak hanya itu, olahraga juga menarik otot sehingga tidak kendur.

Biar kulit kita sehat dan kencang, mulailah berolahraga. Misalnya jogging setidaknya satu jam setiap dua kali seminggu, atau ikutan aerobic di Senayan. Kalau ingin lebih fokus lagi, coba untuk bergabung dengan sentra kebugaran.

Hal lain yang tak kalah penting yakni pemenuhan nutrisi dari dalam melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A,C dan E, yang sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berkhasiat untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.

Sumber: kompas.com