Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan – Bagi sebagian orang, tidur larut malam atau biasa disebut dengan begadang ialah suatu kebiasaan yang tidak mampu ditinggalkan. Entah itu karena ada peran atau kegiatan tertentu yang membuatnya harus begadang, atau memang kemauannya sendiri untuk tidur malam, atau juga memang terdapat riwayat penyakit yang membuatnya tidur larut malam.
Memang sesekali tidak ada problem kalau kita ingin begadang. Mungkin saja memang karena pekerjaan kita pas dapat sift malam, atau mungkin juga karena ada kegiatan lainnya. Tapi tetap ingat, tidur malam yang terus-menerus bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Bahkan dapat merusak kesehatan. Jangan jadikan tidur malam sebagai kebiasaan. Biasakan tidur sempurna waktu biar kesehatan tetap terjaga.
Tidur larut malam mampu disebabkan oleh banyak hal, selain faktor impian dan juga kebiasaan, ada juga karena faktor penyakit yang memang membuatnya tidak mampu tidur sempurna waktu, salah satunya penyakit insomnia. Sehingga membuat seseorang penderitanya menjadi kurang tidur. Apa saja sih dampak negatif dari kurang tidur? Berikut ini beberapa dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan:
Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan  Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan
Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dampak buruk untuk kesehatan

1. Kekebalan tubuh menurun

Jika anda memiliki kebiasaan kurang tidur atau selalu tidur malam, maka hal itu mampu membuat kesehatan anda terganggu, salah satunya ialah kekebalan tubuh anda menjadi menurun. Saat tidur, tubuh akan tetap memproduksi sitokin dan antibodi yang mampu melawan infeksi. Kaprikornus kalau kekurangan tidur juga akan kekurangan sitokin yang alhasil akan membuat tubuh menjadi lemah.

2. Gangguan tidur berat

Orang yang memiliki kebiasaan kurang tidur juga rentan terserang gangguan tidur yang berat menyerupai insomnia dan paranoid. Beberapa gejala yang sering terjadi ialah sakit kepala, tubuh akan lelah, dan sering tidak mampu tiduk. Jika ini selalu terjadi, maka akan mampu menyerang sistem kekebalan tubuh dan bahkan penyakit kronis.

3. Depresi

Depresi juga akan terjadi kalau anda selalu kurang tidur setiap harinya. Orang yang kurang tidur, sering begadang atau tidur larut malam akan menjadi sensitif terhadap segala hal, termasuk perasaan. Jika mengalami problem lebih besar maka akan lebih rentan tidak mampu menanganinya dan alhasil terjadilah depresi dan stres.

4. Menghambat pertumbuhan

Hal ini berlaku untuk semuanya, namun terutama bagi bawah umur hingga dewasa. Jika lebih sering begadang, tidur terlalu larut malam, dan juga kurang tidur akan mampu menghambat pertumbuhan. Hormon pertumbuhan yang dikeluarkan akan sedikit sehingga menyebabkan otot menjadi lemah. Bahkan hal ini juga mampu menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh pada titik tertentu.

5. Ingatan yang buruk

Kurang tidur bukan hanya mengganggu kesahatan tubuh, tapi juga mampu mensugesti ingatan. Ya, kinerja otak akan menjadi menurun yang disebabkan karena kurang tidur. Memori dalam otak pun tidak akan mampu menyimpan ingatan lebih lama lagi dari sebelumnya. Jadi, akan sangat merugikan sekali bagi yang kurang tidur. Ingatan menjadi lemah, buruk, dan mampu menjadi pikun.

6. Resiko pikun

Seperti pada poin 5. Bahwa tidur yang terlalu larut malam, sering begadang, dan juga kurang tidur mampu menyebabkan seseorang mengalami ingatan buruk dan kemudian akan mengalami kepikunan. Jika anda ingin ingatan anda tetap besar lengan berkuasa meski sudah tua, yang perlu anda lakukan ialah jangan terlalu sering begadang dan tidurlah yang cukup. Sebab kurangnya tidur mampu menyebabkan kepikunan.

7. Berat tubuh berlebih

Kemungkinan juga anda akan mengalami kenaikan tubuh kalau selalu tidur larut malam. Bukan hanya sekedar naik, bahkan naik berkali-lipat. Sebab kurang tidur atau tidur larut malam akan membuat anda mudah lapar dan makan berlebihan bahkan sembarangan tanpa memperdulikan kandungan gizi. Akhirnya lemak dan kolesterol akan bertambah dan menyebabkan berat tubuh berlebih hingga obesitas.

8. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah juga mampu meningkat secara drastis kalau anda selalu berkebiasaan begadang dan kurang tidur. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini disebabkan karena tidak mampu menetralkan sistem pembuluh darah kerja jantung yangtidak mampu maksimal. Pembuluh darah yang tidak mampu bekerja dengan baik inilah yang menjadikan tekanan darah naik.

9. Penyakit jantung

Seseorang yang kurang tidur juga mampu beresiko terkena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Sebab kurang tidur membuat tekanan darah naik pesat yang memicu datangnya penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena jantung tidak memompa darah dengan baik sehingga kesehatannya menjadi terganggu.

10. Stroke

Setelah membahas penyakit jantung, kemudian mungkin saja akan berlanjut pada penyakit stroke. Sebab penyakit jantung sangat identik dengan stroke. Kondisi ini disebabkan karena problem pada pembuluh darah yang membuat sistem pada otak menjadi terganggu. Terhentinya aliran darah pada otak ini mampu menyebabkan pembekuan yang memicu stroke.

11. Kematian yang bahkan mendadak

Ini merupakan suatu kemungkinan yang mampu saja terjadi. Ya, kalau sering tidur malam dan kekurangan tidur atau kurang istirahat mampu menyebabkan terjadinya kematian. Bahkan final hayat ini akan terjadi secara mendadak. Tanpa diduga akhir kurnag tidur mampu menyebabkan final hayat mendadak. Hal ini disebabkan penyakit komplikasi akhir kurang tidur.

12. Kurang produktif

Kurang tidur mampu menyebabkan tubuh anda terasa tidak nyaman. Anda akan mengalami banyak sekali macam gangguan menyerupai emosi, rasa ngantuk berat di siang hari, mudah marah, mudah tersinggung, malas, dan sebagainya. Akibatnya tubuh anda akan menjadi kurang produktif. Bagi pelajar atau mahasiswa tidak akan mampu mengikuti pelajaran dengan baik, dan pekerja tidak mampu bekerja dengan baik pula.

13. Resiko kerusakan tulang

Sama halnya yang telah dijelaskan diatas. Bahwa seseorang yang sering tidur larut malam atau begadang atau kurang tidur mampu menyebabkan tulang-tulang menjadi melemah dan sistem kekebalan menurun. Inilah yang mampu menyebabkan kerusakan pada tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Mineral sum-sum tulang belakang mengalami penurunan yang menyebabkan osteoporosis.

Efek buruk bagi kecantikan

1. Mata panda

Efek buruk bagi kecantikan ketika anda kekurangan tidur atau istirahat ialah mata panda. Ya, mata panda ini salah satu efek buruk bagi kecantikan kulit wajah anda. Akan terdapat bulat hitam pada sekitar mata anda yang sangat mengganggu penampilan. Ini disebabkan karena kurang tidur ataupun sering berada dilayar monitor.

2. Keriput

Bukan hanya mata panda, kulit anda pun akan mudah berkeriput. Jika anda kurang tidur, secara perlahan kulit akan berkeriput lebih cepat dan menyebabkan penuaan dini. Kurang tidur akan meningkatkan inflamasi yang mengurangi kolagen. Akhirnya kulit menjadi keriput dan kusam.

3. Penuaan dini

Seperti halnya poin 3. Kulit anda akan berkeriput dan muncul garis-garis halus serta tanda penuaan dini lainnya. Padahal usia anda masih jauh dibawah tua, namun kulit anda sudah mendekati bau tanah akhir kurang tidur. Hal ini disebabkan regenerasi sel kulit yang rusak yang menimbulkan tidak mampu berjalan dengan optimal yang alhasil menjadikan kulit terlihat lebih tua.

4. Jerawat dan alergi

Kurang tidur akan meningkatkan inflamasi yang juga mampu memembuat kulit wajah anda dipenuhi oleh jerawat serta alergi. Kulit akan menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Inilah mengapa kita harus tidur cukup serta sempurna waktu biar terbebas dari jerawat.
Demikianlah gosip perihal Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan. Idealnya kita tidur 7-8 jam dalam semalam. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.