Fungsi Otak Kiri


Home – Pada kesempatan kali ini, saya ingin melanjutkan artikel saya ihwal fungsi-fungsi dari otak. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas sedikit fungsi dari otak kanan. Untuk selengkapnya dapat melihat disini Ini beliau 5 fungsi dari otak kanan

Pernahkah Anda ditanyakan, apakah kau lebih lebih banyak didominasi otak kanan atau otak kiri?? Tentunya Anda akan sulit untuk menjawabnya. Ada beberapa hal untuk mengetahui hal tersebut, tapi akan kita bahas pada artikel berikutnya. Apapun tipikal otak Anda, tolong-menolong pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tipikal-tipikal otak Anda, akan mensugesti bagaimana cara berprilaku Anda dan ini akan memperlihatkan kepribadian Anda. 


Akan tetapi, sekarang banyak cara untuk menyeimbangkan bab otak yang sering digunakan. Sebenarnya satu yang menjadi pertanyaan untuk hal tersebut, Andai kata A yaitu orang yang lebih banyak didominasi otak kanan dan beliau ingin menyeimbang otak kirinya, ciri apa yang memperlihatkan bahwa otak kirinya sudah seimbang dengan otak kanan?? dan apakah hal tersebut akan mensugesti bagaimana cara A berprilaku?? Saya belum menemukan balasan dari pertanyaan ini.
Oke, sekarang kita balik ke pembahasan artikel hari ini ihwal fungsi-fungsi dari otak kiri, yaitu:

4 Fungsi Penting dari Otak Kiri

A. Logika
Otak kiri sangat berperan dalam fungsi nalar atau berfikir secara rasional. Rasional yang dimaksud yaitu dapat diterima oleh budi sehat. Orang-orang yang otak kirinya dominan, akan selalu mencari/membuktikan suatu hal hingga dapat diterima oleh budi sehatnya. Misalnya, final hidup Paul Walker yang sempat menjadi menggemparkan dunia. Kel A berpendapat “bahwa tidak ada mungkin Paul Walker masih hidup, jelas-jelas mobilnya sudah hancur lebur”. Kel B berpendat “sepertinya akun twitter yang menyatakan bahwa Paul Walker mati, yaitu info hoax karena bla..bla..blaa”. 
B. Menganalisis Secara Terperinci
Otak kiri sangat berfungsi dalam proses menganalisis. Misalnya, ada suatu permasalahan. Orang-orang yang lebih banyak didominasi otak kirinya, akan suka mencari alasannya yaitu dari akar permasalahan tersebut hingga pada akar-akarnya
C. Sistematis
Berfikir secara sistematis yaitu fungsi dari otak kiri. Sistematis dapat dikatakan secara berurutan. Misalnya dalam membahas sesuatu, Anda membahas dari umum – khusus. Contoh, Anda ingin membahas ihwal memori jangka panjang. Anda membahas terlebih dahulu keseluruhannya ihwal memori. Apa itu memori, apa itu fungsi memori, pembagian memori, gres ke memori jangka panjangnya (khusus).

D. Praktis

Otak kiri tidak menyukai suatu hal yang ribet atau berbelit-belit. Dia lebih menyukai suatu hal yang praktis, menyerupai dalam memilih makanan, pakaian, dan lain-lain

Para ilmuwan biasanya lebih menggunakan otak kiri, sedangkan para seniman biasanya lebih lebih banyak didominasi otak kanan. Untuk mengenal lebih jauh antara otak kiri dan kanan dapat melihat tabel di bawah ini.

Otak Kiri Otak Kanan
Menggunakan logika Menggunakan perasaan
Berorientasi detail Berorientasi secara keseluruhan
Melihat fakta Melihat imajinasi
Kata-kata dan bahasa Simbol dan gambaran
Hari ini dan masa lalu Hari ini dan masa depan
Matematika dan ilmu pengetahuan Filosofi dan religi
Mengetahui Memahami
Mengetahui Mempercayai
Mengakui Mengapresiasi
Mempersepsi urutan/pola Mempersepsi secara spasial/ruang
Mengetahui nama objek Mengetahui kegunaan objek
Berdasar pada realita Berdasar pada fantasi
Menyusun strategi Berdasar pada apa yang terjadi
Praktis Terburu-buru/tidak sabar
Bermain aman Mengambil resiko

Sekian artikel saya tentang

Fungsi-fungsi dari otak kiri