http://www.alexa.com/ ialah website yang menjadi adegan dari Amazon.com dan menyediakan gosip mengenai trafik suatu website. Alexa rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa.Banyak webmaster yang menilai, Alexa Rank kurang akurat dibandingkan PageRank milik Google. Alexa masih mampu dicheat oleh para webmaster berpengalaman.
Jika memang Alexa kurang akurat dibandingkan PageRank, lantas mengapa Alexa penting ? Jawabannya, alasannya ialah ada beberapa website layanan iklan komersil yang memperlihatkan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews ialah 3 diantaranya. Jikapun kita tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menyebabkan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa mampu dipandang sebagai upaya untuk melaksanakan sedikit meningkatkan secara optimal yang mampu bermanfaat bagi kwalitas blog.
Tips untuk meningkatkan Alexa Traffic Rank :
Install alexa toolbar. Toolbar ini lebih cocok dengan browser mozilla firefox dan dikenal dengan nama Sparky ‘The Alexa Toolbar for Firefox.
Pasang widget Alexa pada sidebar atau dibagian lainnya dalam website kalian untuk mengetahui rank alexa dan popularitas link web kalian.
Gunakan Redirect pada link yang menuju pada blog kita. Contoh : http://redirect.alexa.com/redirect?btb4.blogspot.com. Silahkan ganti goresan pena yang saya beri warna merah itu dengan URL(alamat) dari blog kalian. Gunakan alamat redirect ini pada setiap kesempatan, misalnya pada signature email maupun siganture forum yang kita ikuti.
Buat postingan yang bekerjasama wacana meningkatkan secara optimal Alexa Rank ibarat yang saya lakukan skrg ini .
Buat artikel yang berkualitas, berbobot dan enak untuk dibaca sehingga para pengunjung berasa nyaman ketika mengunjungi blog kita dan tentunya untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blog kita. Saya pernah membaca artikel yang menarik dan mungkin akan memiliki kegunaan bagi kita semua mengenai cara mempopularitaskan link blog kita, silahkan baca disini.
Sering2lah blogwalking. Kunjungi blog milik orang lain dan berikan komentar didalam postingannya sehingga dapat membangun sebuah koneksi relasi pertemanan sekaligus ajang promosi blog kita sendiri.
Bergabung dengan milis atau forum-forum. Jangan lupa untuk mencantumkan signature yang didalamnya terdapat link website kita.