Cara alami membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat – Pori-pori kulit yang tersumbat memang dapat menjadi penyebab aneka macam macam duduk perkara kulit. Pada wajah, biasanya akan terjadi duduk perkara kulit ibarat komedo dan jerawat. Inilah yang membuat kulit menjadi rusak dan tidak bisa tampil maksimal lagi.
Berbicara ihwal tersumbatnya pori-pori. Biasanya disebabkan oleh banyak hal. Dan yang paling umum yakni polusi udara atau radikal bebas yang ada diluar ruangan. Saat pori-pori terbuka, polusi udara dan kotoran atau debu akan masuk kedalam pori-pori dan alhasil menghambat pori-pori. Inilah yang menyebabkan terjadinya jerawat, komedo, dan duduk perkara kulit lainnya.
Lalu bagaimana cara mengatasi duduk perkara pori-pori kulit yang tersumbat? Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara ini cukup mudah dan menggunakan materi alami yang mudah ditemukan. Namun sebelum melaksanakan caranya, lebih baik dulu berikut ini beberapa penyebab tersumbatnya pori-pori:
  • Kotoran dan polusi
  • Kulit yang berminyak
  • Make up
  • Keringat
Cara alami membersihkan pori-pori yang tersumbat
Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari tersumbatnya pori-pori. Sekarang waktunya anda melaksanakan beberapa cara berikut ini untuk membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Pastikan lakukan cara ini secara rutin:
pori kulit yang tersumbat memang dapat menjadi penyebab aneka macam macam duduk perkara kulit Cara Alami Membersihkan Pori-pori Kulit Wajah yang Tersumbat
Cara Alami Membersihkan Pori-pori Kulit Wajah yang Tersumbat

1. Uap air

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk anda lakukan. Anda cukup menyiapkan air panas kedalam sebuah wadah. Lalu letakkan wajah anda diatas wadah yang berisi air panas tersebut untuk menerima uap airnya. Kemudian tunggu beberapa saat. Uap air ini bisa membuka pori-pori dan membersihkan pori-pori dengan baik. 

2. Melakukan scrub wajah

Scrub wajah juga merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi duduk perkara pori-pori yang tersumbat. Scrub wajah dapat membersihkan pori-pori anda secara alami. Tapi ingat, gunakan scrub menggunakan materi alami. Bila memilih produk, gunakan produk yang cocok dengan kulit wajah anda.

Baca juga : Manfaat scrub dan cara melakukannya

3. Baking soda

Baking soda biasanya digunakan untuk campuran pembuatan roti atau sebagainya. Namun baking soda juga memiliki manfaat lain yaitu membersihkan pori-pori kulit wajah. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan 

4. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat ampuh untuk mengatasi duduk perkara kulit wajah ibarat jerawat, komedo, pori-pori tersumbat, dan duduk perkara kulit lainnya. Gunakan air lemon untuk anda oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan bilas lagi dengan air hirau taacuh biar pori-pori menutup.

5. Putih telur

Putih telur telah dipercaya dapat mengatasi duduk perkara kulit ibarat jerawat, komedo, berminyak, kusam, kering, kasar, pori-pori tersumbat, dan lainnya. Kandungan didalamnya dapat membuat kulit tampak bersih, halus, lembut, dan terbebas dari pori tersumbat. Oleskan putih telur pada kulit wajah secara merata dan tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu.

6. Kulit jeruk dan almond

Perpaduan antara kulit jeruk dengan almond memang perpaduan materi yang sangat cocok. Kombinasi keduanya dapat membersihkan pori-pori anda yang tersumbat. Gaunakan kulit jeruk manis secukupnya, potong kecil-kecil dan campurkan dengan 1 sendok teh almond bubuk. Tumbuk sampai halus. Oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Bilas dengan air bersih.

7. Jeruk nipis dan mawar

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Sedangkan mawar juga mengandung zat yang sangat cocok untuk melembabkan kulit. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dan mawar untuk membersihkan pori-pori. Ambil air perasan 2-3 jeruk dan tambahkan air mawar beberapa tetes. Anda juga bisa menambahkan air perasan 2-3 slice tipis mentimun. Oleskan pada wajah anda dan bilas dnegan air bersih.

8. Masker sari bengkoang

Bengkoang yakni salah satu buah yang telah dipercaya bisa memperlihatkan manfaat baik untuk kecantikan. Bahkan telah banyak produk kecantikan yang berbahan dasar bengkoang. Parut bengkoang yang telah dikupas. Peraslah parutan bengkuang tersebut dan ambil airnya. Diamkan airnya sampai mengendap. Gunakan endapan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Masker tomat

Masker tomat juga bisa anda manfaatkan untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Sehingga akan terbebas dari duduk perkara bisul dan komedo. Tomat mengandung vitamin C yang membunuh basil dan membersihkan kotoran. Anda cukup menimbulkan tomat sebagai masker dan oleskan pada kulit wajah secara merata. Bilas dengan air bersih.
Demikianlah info ihwal Cara Alami Membersihkan Pori-pori Kulit Wajah yang Tersumbat. Pori-pori kulit yang tersumbat dapat menyebabkan duduk perkara kulit seperi bisul komedo dan lain sebagainya. Untuk itu duduk perkara pori-pori kulit yang tersumbat harus diatasi. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih