Penggunaan Meta Tags sangat penting semoga Search Engine dapat dengan mudah mengindex blog yang kita daftarkan.

Meta Tag yang digunakan oleh Search Engine yaitu Meta Tag Description, Meta Tag Keyword dan Meta Tag Robots.

Meta Tag Description

Digunakan untuk menawarkan deskripsi umum wacana isi halaman blog kita. Sebaiknya tidak lebih dari 200 karakter. Usahakan semoga deskripsi ini mampu menjadi kalimat2 yang terletak di awal halaman blog tersebut.

formatnya ibarat ini :

<meta name="description" content="deskripsi singkat blog kita">

contoh aplikasi :

<meta name="description" content="BTB4 yaitu Blog Tempat Belajar Blogging Blogger Baru. Berisi tutorial dasar membuat blog, tips2 meningkatkan traffic dan langkah2 memonetisasi blog.">

Meta Tag Keywords

Meta Tag ini sangat penting sebab menentukan kata kunci (keyword) apa saja yang mampu menemukan halaman blog tersebut pada search engine.

formatnya ibarat ini :

<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, keyword4...dst">

contoh aplikasi :

<meta name="keywords" content="blogging, belajar, SEO, search engine, traffic, blogger, make money online, domain names">

Ingat ya, jangan mencantumkan keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi blog kita. Contohnya blog BTB4 ini, isinya yaitu wacana blogging, traffic dan make money online. Jangan mencantumkan keyword “gossip artis” atau “travel” di dalam Meta Tag Keyword, walaupun keyword2 itu yaitu keyword favorit di internet.

Meta Tag Robots

Penggunaan Meta Tag Robots ini yaitu untuk menentukan halaman blog yang mana yang mampu diindex dan yang mana yang tidak. Tag ini sangat berkhasiat terutama jikalau blog kita memakai frame untuk navigasi. Tentunya menu-menu blog yang ada di dalam frame tidak perlu diindex/ditampilkan oleh Search Engine. Yang kita ingin tampilkan yaitu isi dari blog kita.

formatnya ibarat ini :

<meta name="robots" content="index noindex follow nofollow">

contoh aplikasi :

<meta name="robots" content="index follow">

Pemilihan “index follow” disarankan bila kita menginginkan spider membaca main page dan menelusuri semua link yang ada di blog kita.

Memasang/meletakkan Meta Tag

Cara yang sempurna meletakkan 3 Meta Tag yang sudah kita buat tadi yaitu di antara :

<head>
dan
</head>

sebaiknya diletakkan sempurna di bawah :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Oke, dicoba ya!