Proses Kerja Memori Manusia

Home – Manusia merupakan makhluk hidup yang paling tepat diantara semua makhluk hidup yang lain. Manusia juga memiliki struktur dan fungsi otak yang kompleks (rumit). Saking rumitnya, banyak hal yang harus diketahui dan diselesaikan oleh manusia. Pernahkah Anda melihat hewan-hewan pada kuliah? Pernahkah Anda melihat hewan yang bingung alasannya yaitu ditinggal betinanya?? Tidak, semua itu hanya terjadi pada manusia. Karena insan dapat berfikir, sedangkan hewan hanya menggunakan instingnya. Nah, salah satu hal yang menghipnotis berfikir yaitu memori.
Memori merupakan daerah penyimpanan segala gosip yang di dapat manusia, melalui panca indranya menyerupai mata, telinga, hidung, kulit, lidah. Memori merupakan bab yang konstruk (tidak dapat dilihat) dalam diri manusia, tetapi itu ada.

Cara Kerja Otak/ Memori Manusia 

Proses penyimpanan gosip dalam memori
Memori memiliki 3 bab yang sangat penting dalam proses penyimpanan informasi, yaitu sistem sensori memori, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang.
A. Sistem Sensori Memori
Informasi-informasi yang Anda dapat melalui panca indra Anda merupakan fungsi dari sistem sensori memori Anda. Contoh sederhananya, waktu Anda kecil, tahukah Anda kalau api itu panas dan es itu dingin??? Tentu tidak. Akan tetapi, ketika Anda mendekatkan sedikit badan Anda ke api, apa yang dirasakan?? Kita bilang ada rasa yang tidak enak laa pokoknya. Pada ketika yang bersamaan, orang bau tanah Anda mengatakan “eh jangan dekat-dekat dengan api itu panas dan berbahaya untuk kita”

 
B. Memori Jangka Pendek
Sistem memori jangka pendek atau biasa disebut Short Term Memory (STM), merupakan daerah penyimpanan gosip sementara yang berasal dari sistem sensori memori tadi. Informasi yang di dapat dari sistem sensori memori tadi akan di bawa ke memori jangka pendek. Disinilah dapat terjadi proses yang dinamakan persepsi (memaknai apa yang kita dapat dari sistem sensori memori untuk dijadikan satu kesatuan yang dapat dipahami). Informasi wacana api tadi. Anak mulai mencar ilmu menggabungkan antara api dengan panas. Sehingga munculah konsep bahwa api itu panas.
Informasi yang berada dalam memori jangka pendek hanya dapat bertahan 10-30 detik tanpa usaha sadar (mengingat). Misalnya, Anda melihat nomor telepon sedot WC, 5984732. Anda hanya sekedar melihat, tidak ada usaha sadar untuk mengingat nomor telepon tersebut dalam pikiran Anda. Maka gosip ini hanya mampu bertahan selama 10-30 detik. Akan tetapi, jikalau Anda terus mengulang-mengulang gosip tersebut, maka sangat besar kemungkinan gosip itu masuk ke dalam sistem memori yang terakhir yaitu, memori jangka panjang.
C. Memori Jangka Panjang
Memori jangka panjang merupakan daerah penyimpanan gosip yang tidak ada kapasitasnya dan gosip yang ada di dalamnya tidak akan mampu dilupakan, kecuali ada sesuatu yang terjadi dalam otaknya baik secara fisik maupun psikologis.
Informasi-informasi yang sering diulang dalam memori jangka pendek tadi akan diteruskan ke dalam memori jangka panjang untuk penyimpanan selama-lamanya. Informasi yang mempunyai kesan tersendiri sama kita, akan sangat mudah untuk menerima posisi eksklusif dalam memori jangka panjang kita. Misalnya pengalaman traumatis, menyerupai meninggalnya orang bau tanah kita, musibah menyerupai tsunami di Aceh semalam. Hal-hal menyerupai ini biasanya akan eksklusif masuk dalam memori jangka panjang.
Informasi-informasi yang kita dapat selama ini, itulah yang dapat kita katakan sebagai pengalaman. Melalui pengalaman inilah insan dapat berfikir, membanding suatu hal, menyelesaikan permasalahan hidup, dan masih banyak lagi.
Bukti bahwa gosip dalam memori jangka panjang sangat lama tersimpan, Pernahkah Anda lupa bahwa gula itu manis, garam itu asin, api itu panas, es itu dingin??? Tentu tidak. Sampai Anda bau tanah nanti, Anda pasti masih mengenal konsep tersebut.
Mungkin sekian gosip yang dapat aku sampaikan dalam artikel ini, agar bermanfaat bagi yang membaca ^^
Sekian artikel aku tentang

Bagaimana cara kerja memori manusia???