Cara alami mengecilkan pori-pori kulit wajah – Pori-pori yaitu lubang kecil yang berada pada kulit sekaligus menjadi susukan pernapasan kulit. Pori-pori lah yang memudahkan kulit dalam melaksanakan metabolisme dan regenerasi. Tapi bagaimana jikalau pori-pori pada kulit itu membesar?
Berbicara wacana pori-pori kulit yang membesar, memang itu telah menjadi pembicaraan oleh banyak orang, terutama para wanita. Pori-pori yang besar ini sangat menjadi problem bagi setiap orang yang lebih banyak memperhatikan wacana kecantikan. Sebab pori-pori yag besar bisa mengurangi kecantikan dalam berpenampilan. Bukan hanya itu, pori-pori yang besar juga bisa menjadi sumber datangnya problem kulit sepert jerawat, komedo, dan problem kulit lainnya.
Pori-pori yang besar pada kulit biasanya disebabkan karena perawatan yang kurang atau juga perawatan yang salah, yaitu menggunakan materi perawatan atau produk perawatan yang tidak cocok. Sehingga membuat pori-pori anda membuka lebih besar. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi problem pori-pori yang besar, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba:
pori yaitu lubang kecil yang berada pada kulit sekaligus menjadi susukan pernapasan kulit Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah
Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

1. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Jika anda ingin memiliki pori-pori kulit wajah yang kecil, yang perlu anda lakukan yaitu membersihkan kulit wajah anda secara rutin. Pastikan menggunakan air yang bersih dan mengunakan sabun kulit wajah yang cocok dengan kulit wajah anda. Jangan menggunakan facial foam atau sabun wajah sembarangan. Sabun yang tidak cocok akan membuat kulit bertambah rusak. Pilih yang cocok dan jangan berganti-ganti.

2. Eksfloitasi

Eksfloitasi yaitu perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, keringat, debu, dan komedo pada kulit wajah. Biasa disebut dengan scrubing. Anda bisa melaksanakan scrubing ini dengan banyak sekali macam bahan. menyerupai gula, ampas teh, biji-bijian, dan lainnya. Caranya, haluskan materi menyerupai membentuk butiran pasir. Gosokkan ampas teh pada kulit wajah anda setelah mandi. Lakukan secara perlahan dan rutin.

3. Madu

Madu telah dikenal memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan pada madu bisa mengecilkan pori-pori dan melembabkan kulit. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon untuk hasil lebih maksimal. Cukup campurkan madu dan air lemon secukupnya. Lalu oleskan pada kulit wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

4. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Dengan perawatan menggunakan air lemon dapat menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Oleskan perasan air lemon pada kulit wajah anda sebelum tidur. Kulit anda bisa lebih kencang dan pori-pori mengecil. Anda juga bisa menambahkan pecahan lemon yang ditempelkan pada pori-pori yang besar.

5. Tomat

Tomat juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit anda. Masker tomat ini bisa mengecilkan pori-pori kulit anda. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Haluskan tomat dan oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan beberapa ketika sampai kering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

6. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang melimpah. Kandungan air ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembab. Dan kandungan pada mentimun lainnya dapat membuat pori-pori kulit wajah menjadi lebih kecil. Untuk melaksanakan perawatan dengan mentimun caranya haluskan dengan blender. Lalu campurkan dengan tepung maizena. Oleskan pada kulit wajah anda dan bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker mentimun dan cara membuatnya

7. Es batu

Es kerikil bukan hanya menyegarkan badan saja, tapi juga bisa menyegarkan kulit wajah anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan es kerikil untuk mengecilkan pori-pori. Gosokkan es kerikil pada kulit wajah anda secara perlahan dan merata selama 15-30 menit. Pastikan wajah anda sudah bersih sebelum digosokkan es batu. Setelah digosokkan, bersihkan kembali kulit wajah anda dengan air bersih.

8. Putih telur

Putih telur juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi problem kulit wajah. Kandungan didalamnya dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah. Cukup pisahkan putih telur dari kuningnya. Lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Tunggu sampai mengering. Setelah itu lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin sampai pori-pori mengecil.

9. Almond

Almond bersifat restoratif  yang dapat meminimalkan pori-pori yang terbuka. Bahkan kandungan didalamnya dapat mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit. Hancurkan dan haluskan 5-6 biji almond. Tambahkan beberapa tetes air lemon. Setelah tercampur rata lalu oleskan pada kulit wajah anda. Tunggu 20 menit lalu bersihkan dengan air.

10. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit anda. Kandungan pada cuka apel juga dapat menjaga tingkat keasaman pH kulit. Anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk perawatan dengan cara oleskan cuka sari apel pada kulit wajah anda merata. Setelah beberapa ketika lalu bilas dengan air bersih.

11. Baking soda

Baking soda juga memiliki banyak manfaat baik untuk kulit wajah anda. Baking soda ini juga bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah secara perlahan. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air sampai menjadi pasta. Oleskan pada kulit wajah anda secara merata yang disertai dengan pijatan perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan 

Demikianlah isu wacana Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah. Pori-pori besar selain dapat mengganggu penampilan juga dapat mengakibatkan banyak sekali masalah, namun dengan materi alami diatas, problem pori-pori besar dapat kita atasi. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.