Sejuta Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya – Temu lawak sudah dikenal semenjak zaman nenek moyang dulu sebagai tanaman obat-obatan. temu lawak banyak mengandung zat yang diharapkan oleh tubuh, temu lawak biasanya dijadikan minuman herbal untuk menambah stamina.
Temu lawak sering kita jumpai dalam bentuk debu sebagai materi dasar jamu, kelihatannya sepele, namun jenis tanaman rimpang ini banyak mengandung khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan badan kita.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat temu lawak untuk kesehatan dan efek sampingnya. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar pribadi saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga mampu bermanfaat. Berikut Sejuta manfaat temu lawak untuk kesehatan dan efek sampingnya.
Sejuta Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya  Sejuta Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya
Sejuta Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Manfaat temu lawak untuk kesehatan

1. Menambah nafsu makan

Kandungan minyak atsiri pada temu lawak dipercaya mampu menambah nafsu makan. Caranya ambil 25 gram temu lawak, tambah 10 gram asam jawa dan juga gula merah secukupnya, kemudian rebus dengan air sehingga 300 cc, saring dan minum ramuan tersebut.

2. Mengurangi radang sendi

Temu lawak juga mengandung kurkumin yang sangat baik buat menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk mengurangi sakit radang sendi.

3. Mengatasi penyakit mag

Untuk mengobati penyakit mag, yang perlu anda siapkan yakni temu lawak satu rimpang, basuh bersih kemudian buang kulitnya, iris tipis lalu rebus dengan air sebanyak lima gelas, setelah mendidih diamkan sebentar kemudian minum selagi hangat.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

4. Meredakan asma

Siapkan setengah rimpang temu lawak kemudian basuh bersih. Kupas dan iris temu lawak, rebus dengan lima gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengahnya. Larutan herbal tersebut mampu diminum tiga kali sehari.

5. Menyembuhkan bisul

Temu lawak yang sudah dicuci bersih dan dikupas, rebus dengan dua gelas air dan sedikit gula aren hingga mendidih, kemudian angkat dan tambahkan asam jawa tunggu hingga agak hambar lalu diminum.

6. Melancarkan pencernaan

Jika anda memiliki duduk perkara dengan pencernaan menyerupai perut kembung ataupun masuk angin, anda mampu mengatasinya dengan menggunakan temu lawak. Caranya sangat mudah sekali, yakni cukup dengan mengkonsumsi rutin temu lawak setiap hari.

7. Mengurangi kelelahan otot

Temu lawak juga sangat efektif dalam mengatasi otot yang lelah, terutama buat anda yang sering melaksanakan latihan serius menyerupai fitnes atau pun para pekerja berat lainnya.

8. Obat penyembuhan hepatitis

Caranya yakni siapkan dua jari temu lawak, kemudian basuh dan kupas, iris dan rebus dengan sengah liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah, minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari.

9. Mejaga kesehatan hati

Temu lawak sangat baik untuk menjaga fungsi hati semoga tetap sehat. Temu lawak mengandung katagoga, katagoga inilah yang mampu membantu hati untuk memproduksi empedu serta menunjukkan rangsangan semoga mengkosongkan empedu.

10. Menurunkan lemak darah

Khasiat temu lawak lainnya yakni mampu menurunkan lemak darah. Temu lawak menghasilkan ekstrak temu lawak dan juga fraksi kurkuminoid, kedua kandungan tersebut mampu berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

11. Menyehatkan jantung

Temu lawak juga memiliki khasiat mampu menyehatkan jantung, manfaat temu lawak buat kesehatan jantung ini sudah tidak diragukan lagi, temu lawak memang banyak memiliki kandungan yang sangat baik buat menjaga kesehatan organ tubuh.

12. Mengatasi gangguan ginjal

Dengan mengkonsumsi temu lawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi mampu teratasi dengan baik. Caranya yakni siapkan temu lawak sebanyak dua rimpang, basuh bersih lalu iris tipis-tipis, rebus dengan menggunakan 500 ml air, setelah mendidih kemudian angkat dan saring airnya, minumlah dalam keadaan hangat.

13. Melawan kanker

Dalam sebuat study penelitian mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam temu lawak mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat dan hipertensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya.

Efek samping temu lawak

1. Gangguan lambung

 Diantara efek samping temu lawak yakni mampu menimbulkan mual dan iritasi pada lambung. Maka dari itu temu lawak sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hami dan menyusui.

2. Resiko gangguan ampedu

 Selain tidak dianjurkan oleh ibu hamil dan menyusui, temu lawak juga sebaiknya dihindari oleh orang yang menderita kerikil empedu dan pasien yang mengalami penyumbatan akses empedu.

3. Dosis kurkuma kelebihan

Temu lawak yang dikonsumsi bersama tanaman herbal lainnya yang mengandung kurkuma menyerupai kunyit juga perlu dilakukan secara hati-hati. Karena anda harus mampu memperhatikan dosisnya yang sempurna jangan hingga berlebihan.

4. Resiko pendarahan

 Diantara tips untuk mengkonsumsi temu lawak sebagai obat herbal yakni jangan mengkonsumsi temu lawak bersama dengan obat pengencer darah. Karena hal tersebut mampu mengakibatnkan terjadinya suatu pendarahan.

5. Menambah nafsu makan

 Efek samping dari temu lawak yang tidak membahayakan yakni bsa menambah nafsu makan. Zat kurkuma yang terdapat dalam temu lawak mampu mempercepat pengkosongan lambung, sehingga jikalau mengkonsumsi temu lawak dalam dosis rendah mampu menambah nafsu makan.
Demikianlah informasi perihal Sejuta Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.