Hipnosis ketika ini banyak disalahgunakan oleh seseorang untuk melaksanakan tindak kejatahan. Tidak sedikit kerugian bahan yang ditimbulkan akhir penyalahgunaan hipnosis ini. Sebelum kita berbicara lebih lanjut untuk mencegah kejatahan hipnosis, di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar kejahatan hipnotis. Sebelumnya pastikan Anda telah membaca artikel wacana ” 6 Pertanyaan Tentang Hipnosis Yang Sering Ditanyakan


1. Mengapa Anda Dapat Menjadi Korban Hipnotis Jalanan??
Hipnosis jalanan terjadi alasannya yaitu adanya pengalihan fokus yang dilakukan oleh penjahat hipnotis. Tentu saja ketika seseorang tiba-tiba mengatakan bahwa Anda atau keluarga akan mendapat bencana alam besar, perasaan pasti akan pribadi kaget (shock). Selain itu, pikiran menjadi panik dan mencari segala cara untuk mampu menyelamatkan keluarganya. Ketika shock berat menyerupai ini, pintu gerbang pikiran Anda terbuka lebar dan mudah untuk meneri input apapun. Nanti akan kita bahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya wacana hal ini.
Trik Hipnosis Jalanan
  1. Anda akan menerima bencana alam (trik ‘paranormal’)
  2. Anda menerima hadiah jutaan rupiah (trik ‘ muzijat’)
  3. “Jam berapat?? atau “Alamat ini dimana??” (trik pengalihan fokus).

Pikiran Anda akan mudah terhipnotis, sehingga hanya terfokus untuk dapat menyelamatkan keluarga yang mendapat musibah. Pikiran hanya terfokus akan segala cara yang diarahkan oleh penjahat hipnotis untuk menyelamatkan keluarganya tanpa sadar wacana apa yang dilakukannya. Ini menjelaskan bahwa korban kejahatan hipnotis tidak sadar ketika diarahkan untuk mentransfer sejumlah uang dan menawarkan perhiasannya.
Pada prinsipnya, apabila seseorang mau mendengarkan percaya dan mengikuti apa yang diarahkan maka orang tersebut semakin mudah untuk dipengaruhi dan terhipnosis.
2. Bagaimana Proses Hipnotis Jalanan Terjadi??
Hipnotis jalanan biasanya dilakukan oleh sekelompok orang (minimal 2 orang). Orang pertama (sebut saja Mr. X) bertugas mengetes sang korban untuk berinteraksi atau menanggapi arahan. Bahkan, mampu juga menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Mr. X tersebut. Jika korban bersikap ramah dan mampu dialihkan fokusnya mengikuti kode Mr. X, maka biasanya akan dibantu oleh orang kedua (sebut saja Mr Y) yang bertugas untuk lebih meyakinkan korbannya semoga menuruti perintah Mr. X.
Perbincangan yang biasanya terjadi pada proses hipnosis jalanan (trik ‘paranormal’ dan ‘pengalihan fokus’) yaitu sebagai berikut.
Mr X : “Maaf bu, boleh saya tahu jam berapa sekarang??”
Korban : (sedikit kaget) “Oh, jam 12 mas.” (sambil melihat jam tangannya).
Biasanya Mr. X akan mencoba untuk bertanya beberapa pertanyaan lanjutan untuk mengarahkan fokus dari sang korban.
Mr X: “Maaf ibu, kalau mau ke arah Blok M harus naik bis arah yang mana yaa??”
Korban: “Oh, ambil angkutan nomor 12, terus ganti naik nomor 26.” (sambil menunjuk arah yang harus dilalui).
Ketika korban menawarkan balasan kepada penjahat tersebut, secara bawah sadar si korban telah mengatakan “iya saya menjawab, iya jam 12, iya alamatnya di sana dan kalau si korban menjawab lebih dari dua kali maka Mr X merasa lebih yakin telah mendapat calon korban yang sesuai. Saat inilah biasanya Mr. Y akan ikut bergabung untuk mengelabui korban.
Mr Y: “Maaf mas dan ibu, kelihatannya sedang ada problem yah??”
Mr. X: “Masalah apa mas??”
Mr. Y: “Saya lihat ibu sedang ada bencana alam besar, anggota keluarganya akan ada yang tertimpa bencana alam atau sakit parah. Ibu memiliki orang renta atau keluarga yang sudah berumur di atas 40 tahun?? Saya lihat mereka akan terkena bencana alam besar!”
Percakapan dengan teknik menakut-nakuti korban biasanya berlangsung beberapa menit sehingga membuat komplotan hipnosis tersebut yakin bahwa korban benar-benar mempercayai omongan mereka.
Biasanya si korban akan pribadi merasa shock, panik, dan pribadi bertanya-tanya wacana apa yang harus diperbuatnya untuk menghindari bencana alam tersebut. Respon menyerupai inilah yang dibutuhkan oleh penjahat hipnotis. Jika kejadiaan ini terjadi, maka hal berikut yang dirasakan korban pada ketika sadar kembali yaitu akan merasa kehilangan uang maupun harta bendanya.
3. Bagaimana Cara Mencegah Kejahatan Hipnotis Jalanan??
Hipnotis jalanan dapat terjadi alasannya yaitu korban tidak mengetahui bahwa dirinya akan dijadikan sasaran penipuan. Berbeda dengan proses hipnosis yang dilakukan oleh seorang hipnotis profesional. Orang yang akan dhipnosis (suyet) secara sadar mengetahui bahwa dirinya akan menjadi bab dari pertunjukan akan dapat menolak secara sadar. Makara intinya untuk mencegah kejahatan hipnotis, harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri orang yang melaksanakan kejatahan hipnotis pada pertanyaan selanjutnya.
4. Bagaimana Ciri-Ciri Orang yang Akan Melakukan Kejahatan Hipnosis??
Orang yang melaksanakan kejatahan hipnotis biasanya berbicara terus-menerus dengan nada yang datar dan sedikit naik. Mereka berbicara terus-menerus dengan tujuan untuk mem-blocking pikiran si korban dan mencoba mengarahkan untuk terus mendengarkan serta menawarkan pertanyaan dengan balasan yang sudah pasti “iya”.
Contohnya:
“Selamat siang, bapak terpilih sebagai akseptor privilege card dari perusahaan kami. Bapak akan menerima banyak fasilitas, menyerupai hotel gratis, paket wisata keluarga, diskon restoran, dan lain-lain. “Semua ini mampu bapak miliki hanya dengan seratus ribu rupiah yang akan dipotong pribadi dari kartu kredit Anda?” 
Tentu saja kebanyakan orang yang ditelepon melalui handphone yang memiliki kartu kredit akan tidak keberatan membayar seratus ribu untuk menerima paket gratis dan diskon tersebut. Hipnosis yang dilakukan melaui telepon, biasanya penelepon (penjahat hipnosis) tersebut biasanya tidak menawarkan celah kepada Anda untuk menjawab, tetapi harus terus mengarahkan semoga Anda mengikuti perintahnya.

Cara Menghindari Kejatahan Hipnosis 

  • Tidak mudah percaya terhadap orang yang gres Anda kenal di jalanan
  • Tidak mudah percaya dengan acara paranormal di jalanan yang mengatakan bahwa Anda akan mengalami musibah.
  • Tidak mudah percaya bahwa Anda telah memenangkan undiah berhadiah, tetapi harus mengirim uang sebagai pembayaran pajak atau pengambilan hadiah.
  • Tidak mudah percaya dengan orang yang meminta pertolongan. 
  • Tidak mudah percaya dengan penelpon yang mengatakan Anda telah menerima kartu kredit atau paket liburan gratis dan kemudian menanyakan nomor kartu kredit yang dimiliki ketika ini.

Cara yang Harus Anda Lakukan Ketika Menjadi Sasaran Kejahatan Hipnosis

  • Anda boleh memberitahukan wacana jam, tetapi hindari fokus ke satu arah (misalnya melihat jam tangan). Ketika menjawab (contohnya, “jam 12”) usahakan mengaburkan pandangan untuk melihat hal lain (contohnya pedagang kaki lima atau kendaraan beroda empat yang lewat) semoga pikiran tidak dibuat fokus ke satu hal saja. Setelah itu, usahakan untuk menghindari pembicaraan selanjutnya dengan orang tersebut.
  • Apabila Anda mendapat telepon yang mengatakan memenangkan undian dan harus menghubungi nomor tertentu, jangan mudah percaya. Saat ini kebanyakan pemenang undiah hanya dihubungi melalui surat resmi. Jika ingin mencoba untuk percaya, pemenang undian biasanya tidak lagi diminta untuk membayar pajak undian alasannya yaitu sudah ditanggung oleh perusahaan. Biasakan untuk datang ke perusahaan yang menawarkan hadiah tersebut dan konfirmasi kebenarannya. Cara terbaik untuk menghindari kejahatan hipnotis melalui telepon yaitu pribadi menutup telepon tersebut.
  • Apabila sedang berada di dalam kendaraan umum, usahakan duduk di bersahabat pintu atau di bersahabat supir. Apabila mendapat kendaraan yang sepi, sebaiknya berhati-hati alasannya yaitu penjahat hipnotis sering memilih kendaraan tersebut. Teknik yang digunakan penjahat hipnotis yaitu dengan mendorong atau memepet penumpang yang sedang duduk sambil berkata ‘geser’. Perkataan tersebut membuat penumpang terfokus untuk mencari posisi yang lebih nyaman. Saat menyerupai ini biasanya pikiran penumpang menjadi “lengah” dan mudah untuk dipengaruhi. Pada kasus tertentu, korban sama sekali tidak merasa bahwa barang berharganya telah hilang hingga 30 menit kemudian.