Efek buruk kafein untuk kesehatan dan kecantikan – Kafein biasanya terdapat pada kopi, teh, minuman bersoda, cokelat, dan lain sebagainya. Memang sesaat kafein dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Namun dalam jangka yang panjang, kalau dikonsumsi terlalu sering kafein dapat membahayakan tubuh.
Kopi yaitu salah satu minuman yang paling digemari oleh sebagian besar orang setelah air putih dan teh. Terutama bagi mereka yang sering kerja malam atau sering begadang. Kandungan kafein didalamnya bisa menenangkan pikkiran dan membuatnya tahan melek semalaman. Namun justru dalam jangka panjang bisa mendatangkan banyak penyakit kalau dikonsumsi berlebihan. Bahkan kafein ini bisa dijadikan pesisida alami, dimana kalau para serangga memakan serbuk kafein akan mati.
Sangat berbahaya memang kalau kita perdalam lagi wacana kandungan zat kafein. Selain itu, ada juga beberapa efek buruk yang akan terjadi pada kesehatan dan juga kecantikan. Jika anda berlebihan mengkonsumsi kafein dapat berakibat tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan.
Efek buruk kafein untuk kesehatan dan kecantikan  Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan dan Kecantikan
Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan dan Kecantikan

Efek buruk kafein untuk kesehatan

1. Menyebabkan gangguan tidur

Kafein memang memiliki efek buruk untuk kesehatan. Salah untuknya yaitu mengganggu tidur anda. Jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan sering akan dapat membuat tidur anda tidak nyenyak. Hindarilah kafein dimakanpun dan kapanpun.

Baca juga : Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan

2. Memicu sakit kepala

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kafein. Mengkonsumsi berlebihan kafein akan dapat membuat kepala menjadi sakit. Yaitu pusing dan sebagainya. Anda bisa menemukan kafein juga pada obat sakit kepala. Sebab kafein dalam jumlah tertentu juga bisa menyembuhkan sakit kepala. Tapi kalau berlebihan bisa menimbulkan sakit kepala.

3. Menimbulkan perasaan was-was dan cemas

Perasaan cemas, was-was, atau khawatir memang perasaan yang tidak diinginkan. Semua perasaan itu membuat hati terasa tidak nyaman. Anda bisa mengalami problem ini kalau terlalu berlebihan mengkonaumai kafein. Apalagi bagi orang yang jarang mengkonsumsi kafein lalu mengkonsumsi berlebihan akan mencicipi efek lebih besar.

4. Menyebabkan kecanduan

Memang kafein dapat membuat seseorang merasa kecanduan. Setelah mengkonsumsi kafein akan membuat orang ingin mengkonsumsinya kembali. Gejala kecanduan itu sendiri ditandai dengan munculnya rasa pusing, mengantuk, cemas, cepat marah, dan lain sebagainya. Pada beberapa orang yang mengalami kecanduan juga akan merasa badannya gemeteran.

5. Mengakibatkan problem pencernaan

Masalah pencernaan memang sangatlah mengganggu. Anda merasa tidak nyaman dan sebagainya dikala pencernaan anda bermasalah. Apa penyebabnya? Salah satunya yaitu kafein. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan ataupun sering, dapat membuat diri anda sendiri mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Perut anda akan sakit dan buang air besar terus atau diare.

6. Menyebabkan overdosis kafein

Seseorang juga bisa mengalami overdosis kafein. Bukan hanya zat lainnya saja yang bisa menimbulkan overdosis, kafein pun bisa. Gejala overdosis yang disebabkan karena berlebihan kafein yaitu ditandai dengan perasaan sangat bingung, mual, muntah, diare, haus berlebihan, atau sering buang air kecil. Hal ini juga bisa menebabkan penderitanya mengalami kematian.

7. Membuat haus berlebihan

Kafein yaitu salah satu zat diuretik yang dapat membuat pengkonsumsinya merasa ingin buang air kecil terus. Apalagi kalau mengkonsumsi kafein sebelum berolahraga, dikhawatirkan akan terus membuang cairan yang ada didalam tubuh dan alhasil akan terjadi dehidrasi dan kekurangan cairan serta kehausan.

8. Meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah akan bisa meningkat lebih tinggi dibandingkan sebelumnya kalau anda mengkonsumsi kafein berlebihan. Kafein yang kita konsumsi akan eksklusif diserap oleh tubuh dan eksklusif masuk ke anutan darah. Dan dalam jangka waktu kurang lebih satu jam kafein akan mencapai level tertinggi didalam anutan darah. Inilah mengapa kafein dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah lebih cepat.

9. Menyebabkan osteoporosis

Kafein yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan terhambatnya kalsium untuk diserap oleh tulang. Inilah yang menimbulkan tulang lebih cepat kropos atau osteoporosis. Kekurangan kalsium jawaban berlebihan mengkonsumsi kafein ini bisa menimbulkan kekeroposan pada tulang. Tulang akan bau tanah dan keropos lebih cepat dari usia pada umumnya.

10. Menyebabkan sulit hamil

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kafein bisa menghipnotis metabolisme dan produksi hormon estrogen pada wanita. Hal ini dapat menimbulkan wanita sulit untuk hamil. Mengkonsumsi kafein berlebihan akan dapat menghipnotis metabolisme dan menghambat produksi hormon estrogen yang membuat wanita sulit hamil.

11. Meningkatkan resiko encok

Kafein sangat berkaitan dekat dengan penyakit encok. Hal ini telah dibuktikan oleh hasil penelitian. Telah ditunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kafein berlebihan cenderung lebih mudah terkena penyakit encok daripada orang yang jarang atau tidak mengkonsumsi kafein. Ini merupakan bukti kalau kafein juga dapat menimbulkan penyakit encok.

12. Menyebabkan sering buang air kecil

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kafein juga bisa menimbulkan seseorang sering buang air kecil. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian di Universitas Alabama, bahwa wanita yang sering konsumsi kafein akan sering buang air kecil dan sulit ditahan. Kondisi menyerupai ini terjadi hampir 70% wanita yang sering mengkonsumsi kafein dengan jumlah 329 mlg atau lebih. Berhati-hatilah dengan kafein.

Efek buruk pada kecantikan

1. Menyebabkan penuaan dini

Kafein juga bisa menimbulkan problem kecantikan menyerupai penuaan dini. Sering mengkonsumsi kafein juga dapat menimbulkan kulit anda mengalami penuaan dini lebih cepat dari usia yang sebenarnya. Hal ini karena kafein berkontribusi dalam penurunan dalam produksi hormon selama usia muda yaitu DHEA, melatonin, dan lainnya. 

2. Kulit menjadi kering dan bersisik

Mengkonsumsi kafein juga bisa menimbulkan seseorang mengalami pada kulit, bukan hanya wajah, tapi juga kulit tubuh lainnya. Ya, kulit anda akan mengalami kerkeringan dan bahkan bersisik. Hal ini dikarenakan kafein menimbulkan kulit mengalami dehidrasi dan sel kulit banyak yang mati. Dengan demikian kulit akan menjadi bersisik dan kering.

3. Munculnya flek hitam

Munculnya flek hitam pada kulit ini juga bisa disebabkan oleh banyaknya konsumsi kafein. Kandungan kafein ini bisa membuat kulit menjadi menggelap dan kusam. Kurangilah mengkonsumsi kafein. Berlebihan mengkonsumsi kafein dapat membuat sel kulit banyak yang mati dan muncul flek hitam.

4. Memicu timbulnya jerawat

Jerawat juga bisa timbul pada kulit wajah anda. Bukan dikarenakan yang lainnya, tapi dikarenakan berlebihan mengkonsumsi kafein. Ya, kafein dapat menimbulkan timbulnya jerawat. Bahkan lebih cepat dari biasanya. Hal ini dikarenakan kafein meningkatkan hormon adrenalin yaitu hormon penyebab stres. Sedangkan stres merupakan salah satu penyebab jerawat.

5. Menyebabkan munculnya kantung mata atau mata panda

Kantung mata atau mata panda yaitu salah satu problem kulit yang sangat mengganggu penampilan. Bukan hanya itu, bahkan bisa mengganggu pandangan mata. Kulit yang menghitam pada sekitar mata atau mata panda atau kantung mata ini bisa disebabkan oleh kafein. Berlebihan mengkonsumsi kafein dapat menimbulkan orang sulit tidur, dan jarang tidur inilah yang menimbulkan timbulnya bundar pada sekitar mata atau kantung mata.
Demikianlah isu wacana Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.