Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Bagi Kesehatan – Banyak orang yang belum paham dengan kegunaan atau manfaat yang bisa didapatkan dari buah mahoni yang biasanya berguguran di pinggir jalan ini. Anak-anak biasanya menggunakan buah atau biji mahoni ini hanya sebagai mainan belaka, menyerupai misalnya permainan baling-baling.
Ada beberapa kegunaaan buah mahoni yang bisa kita dapatkan. Diantara manfaatnya ialah bisa mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, kurang nafsu makan, gangguan gula darah, mengurangi kadar kolesterol dan kadar lemak pada dinding pembuluh darah.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat dan efek samping biji mahoni. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar pribadi saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut Manfaat dan efek samping biji mahoni.
Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Bagi Kesehatan  Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Bagi Kesehatan
Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Bagi Kesehatan

Manfaat biji mahoni

1. Meningkatkan selera makan

Seduh setengah sendok makan biji mahoni kedalam setengah cangkir panas, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, ramuan tersebut diminum tiga kali dalam sehari secara rutin dalam keadaan hangat untuk meningkatkan selera makan.

2. Mengatasi sembelit

Ketika menderita sembelit, rasanya sulit untuk melewati hari. Untuk mengatasi persoalan ini anda bisa memanfaatkan biji mahoni, biji ini bila diminum bersama dengan air hangat dipercaya bisa meredakan sembelit.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

3. Mengurangi alzheimer

Buah mahoni bisa berguna untuk mengurangi penyakit alzheimer, caranya ialah ambil buah mahoni kemudian tambahkan ke dalam gelas minuman yang berisi susu ataupun minuman lainnya, ramuan tersebut dipercaya bisa mengurangi alzheimer.

4. Nyeri haid

Wanita yang sedang mengalami haid terkadang merasa nyeri sekali, untuk mengekang rasa nyeri tersebut bisa menggunakan derma buah mahoni, makan buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi bisa mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat biji mahoni lainnya ialah bisa mengontrol tekanan gula darah. Caranya ialah konsumsi setengah sendok teh biji mahoni abu dengan air hangat sebelum makan bisa membantu kadar gula darah menjadi selalu stabil.

6. Melancarkan peredaran darah

Kandungan flavonoid dalam biji mahoni bisa berguna untuk melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi kadar kolesterolserta timbunan lemak dalam pembuluh darah, selain itu juga bia mengkal radikal bebas.

7. Menyehatkan jantung

Biji mahoni juga memiliki manfaat besar dalam meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan saponin sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji mahoni sangat baik buat kesehatan jantung dan menjaga sirkulasi darah biar tetap stabil.

8. Penangkal serangga

Biji mahoni yang sudah menjadi abu bisa dimanfaatkan sebagai obat semprotan penangkal serangga. Bubuk biji mahoni bisa digunakan sebagai aksesori untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

9. Demam, masuk angin

Ramuan yang berasal dari mahoni juga bisa mengatasi penyakit demam dan masuk angin, caranya ialah ambil setengah sendok teh biji maohoni seduh dengan seperempat cangkir air panas, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, minumlah selagi hangat dua kali setiap hari.

10. Tingkat kehamilan

Jika mengingikan kehamilan serta ingin memulai sebuah keluarga, namun tidak bisa sebab impotensi, maka buah mahoni bisa menjadi solusinya. Daging buah mahoni yang dikonsumsi bisa meningkatkan peluang kesuburan.

11. Melindungi dari penyakit hati

Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan saponin dalam biji mahoni juga bisa berguna untuk melindungi hati dari benjol serta penyakit yang berbahaya.

Cara mengkonsumsi biji mahoni

1. Cara yang pertama, anda bisa mengkonsumsi biji mahoni setelah kulit luarnya dikelupas, cara ini bisa anda lakukan bila anda tahan terhadap rasa pahitnya mahoni.
2. Cara yang kedua, seduh abu yang berasal dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas kemudian di minum selagi hangat.
3. Cara yang ketiga, anda bisa menggunakan produk-produk yang berasal dari ekstrak biji mahoni. Ada yang berbentuk kapsul, serbuk, esensial, serbuk instan dan lain-lain. Pilihlah sesuai dengan selera anda.

Efek samping penggunaan mahoni

Konsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu timbulnya kolesterol di dalam cairan empedu, sehingga bisa menimbulkan kerikil empedu. Hal ini sebab adanya kandungan flavonoid dan saponin dalam buah mahoani, jadi dosis paling banyak per hari ialah 200 mg.
Flavonoid yang terkandung dalam mahoni memang efektif dalam menurunkan hipertensin, namun bila penggunaannya secara berlebihan bisa menimbulkan efek tidak baik buat tubuh. Kaprikornus anda harus bijak dalam mengkonsumsi buah ini, bila anda mengkonsumsinya dalam bentuk ekstrak maka anda bisa mengatur dosisnya sesuai dengan yang dibutuhkan.
Demikianlah info perihal Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Bagi Kesehatan. Biji mahoni memang dikenal sebagai obat tradisional semenjak jaman nenek moyang kita. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.