Penyebab diabetes di usia muda dan cara mencegahnya –  Diabetes ialah salah satu penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang meningkat tinggi. Kadar gula darah yang meningkat ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya ialah faktor contoh hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab datangnya diabetes. Mengkonsumsi makanan juga perlu memperhatikan kandungan gizinya. Kandungan gizi yang tidak tepat dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah. Dan ini biasa dialami oleh sebagian orang di usia lanjut atau tua.

Tapi tahukah anda kalau diabetes tidak hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Diabetes juga bisa menyerang mereka yang berusia muda. Mengapa bisa? Apa yang menimbulkan terjadinya diabetes di usia muda? Berikut ini beberapa penyebab diabetes di usia muda:

Penyebab diabetes di usia muda dan cara mencegahnya  Penyebab diabetes di usia muda dan cara mencegahnya
Penyebab diabetes di usia muda dan cara mencegahnya

Penyebab diabetes diusia muda

1. Gorengan

Gorengan mengandung banyak minyak yang berlebihan. Meskipun merupakan salah satu makanan yang disukai oleh sebagian besar orang, gorengan ternyata dapat meningkatkan resiko diabetes. Bukan hanya mengancam kesehatan seseorang diusia muda yang menimbulkan terjadinya diabetes, tapi juga dapat membuat seseorang terkena kolesterol tinggi.

2. Teh manis

Segelas teh manis yang biasa diminum memiliki kandungan sekitar 300 kalori. Apabila sering diminum setiap hari, akan dapat menambah jumlah kalori dengan cepat dalam tubuh anda. Teh manis apalagi denga es kerikil memang terasa sangat segar, tapi tidaklah baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi terlalu banyak dan sering. Teh manis ini bisa menimbulkan penyakit diabetes pada seseorang diusia muda karena terlalu sering mengkonsumsi teh manis.

3. Sering merokok dan minum bersoda

Kebiasaan merokok memang bukanlah kebiasaan yang baik. Sebab kebiasaan merokok ini dapat menimbulkan banyak sekali macam penyakit, salah satunya ialah diabetes. Begitu juga minuman soda. Apalagi kalau keduanya dilakukan secara bersamaan dengan sering, akan lebih beresiko tinggi mengalami serangan diabetes.

Baca juga : Manfaat dan ancaman minuman bersoda

4. Suka ngemil

Memang kebiasaan yang paling menyenangkan ialah kebiasaan menyemil makanan ringan. Cemilan menyerupai biskuit, kripik kentang, kudapan manis manis, dan lainnya sangat disukai oleh bawah umur juga anak muda. Apalagi kalau ngemil sambil nonton televisi, pasti akan lebih menyenangkan. Tapi anda juga harus ingat, sering ngemil akan dapat memudahkan seseorang terserang diabetes.

5. Jarang gerak

Kebanyakan orang atau anak muda jaman sekarang memang malas atau jarang gerak karena kerja di kantor atau sebagainya. Tahukah anda kalau jarang gerak ternyata dapat memudahkan seseorang terkena diabetes? Diusia muda ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak acara fisik. Apapun acara atau pekerjaan anda, perbanyaklah acara fisik biar terhindar dari diabetes dan penyakit lainnya.

6. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyakit yang dialami tubuh berat badannya mengalami kenaikan segnifikan jawaban banyak sekali hal. Suka makanan berminyak dan berlemak, jarang olahraga, malas bergerak, dan sebagainya, bisa menimbulkan seseorang mengalami obesitas. Orang yang mengalami obesitas dapat membuat dirinya mudah terserang diabetes. Konsumsilah makanan sehat secara rutin dan perhatikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi biar terhindar dari obesitas serta diabetes.
Cara mencegah diabetes di usia muda

Baca juga : Penyebab dan dampak buruk obesitas bagi kesehatan

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah diabetes. Hal ini ditujukan biar diabetes tidak menyerang anda di usia muda anda sekarang hingga usia renta nanti. Berikut cara mencegah diabetes di usia muda:

  •     Hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi
  •     Kontrol asupan gula dengan baik biar tidak berlebihan
  •     Hindari makanan dan minuman yang mengandung pelengkap buatan
  •     Lakukanlah olahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu
  •     Perbanyaklah mengkonsusmi air putih dan kurangi teh manis
  •     Makan makanan yang berserat dan sehat menyerupai buah dan sayuran
  •     Istirahat yang cukup dan hindari stres yang berlebihan
Demikianlah informasi wacana Penyebab Diabetes di Usia Muda dan Cara Mecegahnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.