Adalah suatu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan Cara Tradisional Hilangkan Ketombe Cara Tradisional Hilangkan Ketombe. Ketombe dalam bahasa medisnya disebut ptiriasis. Adalah suatu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala umumnya yakni timbulnya sisik-sisik pada kulit kepala, gatal dan mampu juga disertai dengan kerontokan rambut. Penderita ketombe biasanya menghindarai pakaian yang berwarna gelap, untuk menghindari keterlihatan ketombe.

Munculnya keluhan ketombe biasanya diawali dengan rasa gatal dikulit kepala meski gres saja keramas, kelainan kulit kepala berupa rasa gatal, warna kulit kemerahan, rambut cenderung rontok dan lain-lain. Untuk mengatasi timbulnya ketombe dan menghilangkan ketombe, berikut cara tradisional dalam mengatasi ketombe diantaranya :

Cara Tradisional Hilangkan Ketombe

Shampo Herbal

Cara membuatnya, Bakarlah 1 genggam merang (Merang yakni tangkai dari bulir padi) kemudian rendam dalam air dan dihancurkan dengan meremas, diamkan 1 malam. Lalu haluskan 25 g daun pegagan dicampur dengan air merang, lalu saring. Gunakan airnya untuk keramas tanpa menggunakan sampo lagi.

Jeruk Nipis

Potong-potong 2 Buah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian gosokan eksklusif jeruk nipis tersebut ke seluruh kulit kepala, berilah sedikit pijatan, usahakan semua kulit kepala tergosok oleh rambut kepala biar ketombe dikepala terkikis habis, biarkan 20 menit lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa dan Lemon

Campurkan 8 sendok teh minyak kelapa dengan 1/2 gelas jus lemon. Kemudian pakailah ramuan tersebut pada rambut dengan cara menggosok-gosokannya dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Air rendaman kangkung

Sediakan kangkung secukupnya potong-potong lalu rendam dengan air sayuran tersebut semalaman, stelah itu pada pagi harinya silahkan keramas dengan air rendaman kangkung untuk menghikangkan ketombe.

Teh Hijau

Sediakan teh hijau 2 kantong celup, lalu seduh dengan air panas dan diamkan sampai 3 menit. Setelah hirau taacuh pijatkan pada rambut dan kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama semalaman. Lakukanlah hal tersebut 3 hari secara berturut-turut untuk menerima hasil yang maksimal.

Daun Pandan

Sediakan daun pandan amis kira-kira 7 lembar, Kemudian basuh bersih daun pandan amis tersebut dan tumbuk sampai halus, Berilah 100 ml air bersih pada tumbukan tersebut dan aduk sampai rata, Oleskan ramuan daun pandan tersebut kekulit kepala sampai merata. Biarkan 20-30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

Mengkudu

Sediakan 3 buah mengkudu lalu lumatkan mengkudu tersebut, beri air secukupnya setelaj itu peras airnya. Silahkan keramas dengan menggunakan air perasan mengkudu. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih.

Yoghurt

Basahi rambut terlebih dahulu secara merata, kemudian ambil yoghurt secukupnya dan pijatkan pada kulit kepala. Kemudian biarkan sampai 10 atau 15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.