merupakan tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit. Patah tulang (Euphorbia tirucalli) merupakan tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Namun ada juga yang menanamnya sebagai tanaman tunggal halaman. Bentuknya asing alasannya tidak tampak daun sesungguhnya. Sebagian besar hanya berupa batang berbentuk bundar panjang menyerupai pensil dengan warna hijau tua. Dibagian ujung batang terbentuk 2-3 cabang. Diujung cabang paling muda, muncul daun-daun kecil yang berumur pendek dengan sosok yang demikian. Tanaman ini menyerupai dengan karang laut atau tumbuhan laut, batangnya mudah sekali patah dan mengandung getah. Getah tersebut beracun sehingga bila digunakan sebagai obat hanya untuk obat luar. Cabang-cabngnya mampu dijadikan tanaman gres bila ditanamn didalam tanah.

Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit

Nama lain dari tanaman patah tulang yaitu kejuleso, susuru, kayu jaliso, kayu langtolangan, kayu tabar, kayu potong, pacingtawa, dan tikel balung.

Kandungan Patah Tulang
Tanaman patah tulang mengandung eufol, taraksasterin, tiru-kalol dan sapogenin. juga mengandung senyawa damar yang mengakibatkan rasa tajam, zat pahit dan zat karet. Berkhasiat mengobati sifilis, rematik, lambung, herpes, wasir, kesisipan duri, tahi lalat, sakit gigi dan patah tulang. (Buku berakal Tanaman berguna Obat).

Cara Pemakaian Patah Tulang
Giling halus akar dan ranting patah tulang yang telah dikeringkan menjadi bubuk. Campur dengan lontong beras hingga merata, kemudian bentuk menjadi pil kecil-kecil. Lalu jemur hingga kering. Makan bila perlu.

Untuk pemakaian luar, Tumbuk halus herba segar, lalu turapkan ke daerah yang sakit, menyerupai bisul, rematik, tahi lalat membesar, cacar ular (herpes). Atau mampu juga campur herba yang segar yang ditumbuk halus dengan susu untuk penyakit kulit. Seperti gatal-gatal, kapalan (clavus), kutil, tumor dan kurap.

Contoh Pemakaian Patah Tulang

Kanker
Tusuk batang tanaman patah tulang dengan jarum, ambil satu tetes getahnyya dan cairkan dengan satu sendok teh air matang. Kompreskan getah yang sudah diencerkan ke bab badan yang meradang (benjolan tumor atau kanker) dan luka. Cara ini dilakukan 2 kali sehari. Cara ini sangat ampuh untuk mengobati abses dan luka kanker menyerupai pada kanker payudara. (yellia mangan : solusi sehat atasi kanker)

Kesisipan Duri
Getah dioleskan pada daerah yang kesisipan duri. Duri akan tercabut dengan sendirinya bila getah telah kering. Hati-hati jangan hingga kena mata.

Tahi Lalat Gatal
Dengan santunan kapas getah dioles pada tahi lalat yang gatal, kemudian digosok dengan air jeruk nipis beberapa kali. Apabila sudah kering, dapat diolesi getah lagi. Hati-hati jangan hingga terkena mata.

Patah Tulang
Sediakan 3/4 genggam tanaman patah tulang ditambah dengan 1 genggam daun srigi. Kedua materi dicuci, digiling hingga halus dan diremas dengan 4 sendok makan air garam, campuran materi tersebut kemudian dihangatkan beberapa saat. Diusapkan pada bab yang cedera, lalu dibalut dengan daun bakung atau kulit randu. Lakukan 2 kali sehari.