Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan – Tomat merupakan buah-buahan yang penggunaannya sering sebagai sayur-sayuran. Rasanya yang asam bisa menambah cita rasa kuliner menjadi lebih lezat. Sebagai buah tomat juga bisa dikonsumsi secara pribadi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu, selain itu juga bisa dibuat jus tomat. Tomat aneka macam manfaatnya buat kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar pribadi saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda ihwal dunia kesehatan. Berikut berita ihwal Manfaat tomat untuk kesehatan.
Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan  Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan

A. Kandungan gizi tomat

Buah tomat banyak mengandung vitamin A, C, K dan kalium, selain itu tomat juga mengandung lemak jenuh, sodium, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat banyak menyajikan kandungan meneral yang baik menyerupai niacin, magnesium, fosfor dan tembaga,
Buah tomat juga mengandung karotenoid utama yaitu alpha, lutein, lycopene dan betakaroten. Buah tomat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Menurut sebuah study di Ohio State Universty, tomat yang dikonsumsi bersama lemak sehat bisa membantu dalam perembesan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 hingga 15 kali. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh.

B. Manfaat tomat untuk kesehatan

1. Penangkal radikal bebas

Para pakar kesehatan menunjukkan kepercayaan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas, kedua kandungan senyawa tersebut merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

2. Menjaga tulang dan gigi supaya tetap sehat

Kandungan kalsium yang terdapat dalam tomat bisa berguna untuk memelihara tulang supaya tidak mudah keropos, selain itu juga bisa menguatkan gigi supaya tetap sehat dan kuat. Pada ketika pembentukan tulang kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa menerima hasil yang sempurna.

3. Mencegah sembelit

Sembelit bisa menyiksa kondisi seseorang, dan bila hal ini sering terjadi bisa meningkatkan resiko kanker usus. Dengan mengkonsumsi rutin buah tomat bisa membantu anda untuk terhidrasi dan melancarkan BAB alasannya yaitu dalam buah tomat banyak mengandung air.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

4. Menyehatkan mata

Buah tomat sangat kaya akan antioksidan yang bisa berfungsi untuk menyehatkan mata. Seperti pada manfaat wortel, vitamin A pada mata juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan serta membantu mencegah rabun senja.

5. Menurunkan berat badan

Jika anda sedang menjalankan progam diet maka tidak ada salahnya bila anda memasukkan tomat sebagai menu diet harian anda. Tomat banyak mengandung air dan serat, sehingga bisa mengisi perut dengan cepat, namun dalam hal ini anda juga harus mengimbanginya dengan berolah raga.

6. Mengurangi rasa sakit

Jika anda sering mengalami rasa nyeri, maka tomat bisa menjadi alternatif obat untuk meringankan rasa nyerinya. Kaprikornus dengan membiasakan rutin mengkonsumsi tomat maka rasa nyeri anda akan menjadi lebih berkurang.

7. Menurunkan kolesterol

Jus tomat dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat sebesar 10 persen, syaratnya yaitu cukup dengan mengkonsumsi 25 miligram likopin setiap hari. Namun hal ini masih banyak membutuhkan penelitian lagi alasannya yaitu study ini masih terbilang baru.

8. Menormalkan tekanan darah

Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, selain iru juga penting untuk meningkatkan asupan kalium. Dalam hal ini tomat sangat kaya akan kandungan kaliumnya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

9. Menurunkan resiko serangan jantung

Manfaat ini gres terbukti pada tikus. Tikus yang telah diberikan likopen mempunyai tekanan darah yang lebih rupawan serta sedikit memiliki jaringan yang rusak. Sayangnya dalam study ini belum pernah di uji coba terhadap manusia.

10. Mengurangi resiko setroke

Dalam sebuah study di negara Finlandia menyebutkan bahwa mengkonsumsi banyak likopen dari buah tomat bisa menurunkan resiko penyakit kanker hingga 60 persen. Maka dari itu sangat dianjurkan mengkonsumsi tomat setiap harinya.

11. Mencegah kanker

Dalam sebuah study penelitian mengatakan bila kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah tomat bisa berguna untuk menangani penyakit serius menyerupai kanker payudara, penyakit paru-paru serta usus besar.

12. Mengontrol kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah tidak boleh hingga melebihi batas, hal ini alasannya yaitu bisa menimbulkan terkena resiko penyakit diabetes, nah anda bisa mengontrol tekanan kadar gula hanya dengan mengkonsumsi buah tomat. Tomat merupakan sumber kromium yang bisa menjaga kadar gula dalam darah tidak melonjak.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah diabetes semenjak dini

Demikianlah berita ihwal Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.