Yang terbayang dari tanduk rusa itu ialah tanduk dikepala rusa atau menjangan Manfaat Tanduk Rusa Manfaat Tanduk Rusa. Yang terbayang dari tanduk rusa itu ialah tanduk dikepala rusa atau menjangan, bukan.! kita sedang membahas wacana manfaat dan khasiat dari tanaman tanduk rusa, bukan tanduk yang ada dikepala rusa hehe..  Tanduk rusa (Platycerum alcicorne Gaud) atau simbar menjangan merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang berasal dari tempat tropis. Tanaman ini ditemukan dibeberapa negara Asia dan Amerika Selatan. Disebut tanduk rusa alasannya yaitu penampilannya seakan-akan dengan tanduk rusa.

Yang disebut tanduk bekerjsama yaitu batang palsu tanaman ini. Batang palsu tersebut berwarna hijau, sehingga orang menerka bab tanaman tersebut yaitu daun (digunakan sebagai obat). Munculnya dari sela-sela daun yang tumbuh bergerombol. Padahal daun yang bekerjsama berwarna coklat. Tanaman ini hidup menempel pada tanaman lain tapi bukan parasit, alasannya yaitu tanaman ini mempunyai sifat elpifit atau tak merugikan kepada tanaman inangnya. Orang sunda menyebutnya paku uncal. Nama lain tanduk rusa yaitu pakis tanduk menjangan, simbar agung, dan simbar menjangan.

Kandungan Tanduk Rusa

Tanaman tanduk rusa ini masuk kategori tanaman hias, rupawan dipandang, serta memberi kesan asri pada lingkungan sekitar. Makanya harganyapun cukup mahal, bahkan tanduk rusa yang besar serta juntaian daunnya banyak dan rupawan mencapai $50 bahkan lebih. Kaprikornus harus berpikir ulang bila dijadikan obat untuk mengobati penyakit ringan. Tapi bila yang kecil harganya sangat terjangkau.

Kandungan didalam tanaman tanduk rusa belum pernah diteliti, namun telah terbukti memiliki kegunaan menyembuhkan penyakit gondok, bisul, abses, radang rahim, dan demam setelah melahirkan.

Gondok

2 lembar daun tanduk rusa dicuci, lalu digiling hingga halus, tambah garam dan air secukupnya. Dioleskan pada bab yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

Radang Rahim

3 lembar daun tanduk rusa dicuci lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan garam dan air secukupnya, lalu remas-remas. Dioleskan dibagian yang sakit, yaitu perut bab bawah sebanyak 2 kali sehari.

Demam Setelah Melahirkan

1 lembar daun tanduk rusa dicuci hingga besih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan secangkir air matang dan garam secukupnya. Peras dan saring. Minumlah air tersebut 2 kali sehari.

Bisul dan Abses

Cuci bersih satu lembar daun tanduk rusa, lalu tumbuk hingga halus bersama satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian kompreskan pada bab badan yang sakit.