Fakta Unik Dari Mimpi

Pernakah Anda bermimpi?? Seperti apa mimpi Anda??

Dunia Psikologi – Ya, setiap orang tentunya pernah bermimpi, apakah mimpi itu cantik atau buruk, semua tergantung alam bawah sadar Anda yang menciptakannya. Akan tetapi, acara kita dalam dunia konkret bisa saja terbawa ke dalam mimpi, menyerupai lagi jatuh cinta (emosi cinta) kepada seseorang. 


Alam bawah sadar Anda akan merekam apa yang Anda lihat dan akan memunculkan ke dalam mimpi, apalagi apa yang kita lihat di dunia konkret ditambah dengan emosi. Ya, menyerupai rujukan tadi, ketika melihat seseorang yang kita sukai dengan perasaan yang begitu kuat.

Akan tetapi, tahukah Anda begitu banyak keunikan dari mimpi itu sendiri. Penasaran?? Yuk lihat fakta unik dari mimpi di bawah ini

7 FAKTA UNIK DARI MIMPI

1. Mimpi akan cepat menghilang. Ketika Anda sedang bermimpi, kemudian terbangun dengan sendiri atau alasannya hal lain, mimpi akan eksklusif menghilang, kalau tidak ada usaha sadar dari kita untuk mengingat mimpi itu tadi. Kebanyakan dari kita, ketika menceritakan mimpi sendiri sering menambahkan hal-hal yang dianggap nyambung dengan potongan-potongan mimpi itu tadi. Misalnya mimpi dikejar-kejar hantu.
Dari beberapa artikel yang saya baca, setelah Anda bangkit selama 5 menit, maka mimpi akan menghilang sebanyak 50 % dan setelah 10 menit. maka mimpi akan menghilang sebanyak 90% (Hal ini terjadi alasannya tidak adanya usaha sadar dari kita untuk mengingat mimpi itu tadi).
Jika Anda mau mengingat apa mimpi Anda, sediakanlah pulpen dan kertas di akrab daerah tidur Anda. Ketika Anda terbangun, eksklusif catat mimpi Anda di kertas tadi. Itu pun jangan hingga ada yang mengganggu Anda, ketika Anda sedang mencatat mimpi menyerupai kasus di bawah ini.
Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun setelah menerima mimpi yang indah, beliau lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-tiba ada orang yang datang ke rumahnya. Setelah urusan dengan orang itu selesai, Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi. Tapi beliau tidak berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai. Puisi yang tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan” dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.Robert Louis Stevenson (penulis buku Doctor Jeckyll and Mr. Hyde) dan Mary Shelley’s Frankenstein menerima wangsit dari mimpi yg mereka alami.
2. Rangsangan dari luar bisa terbawa ke mimpi. Misalnya Anda sedang bermimpi, terus rangsangan dari luar ada suara-suara yang mencoba memanggil-manggil nama Anda. Suara-suara itu tadi secara tidak sengaja akan masuk ke dalam mimpi Anda. Bisa juga, ketika dalam mimpi Anda sedang berada di toilet dan lagi buang air kecil. Akan tetapi, dalam dunia konkret bergotong-royong Anda melaksanakan buang air kecil pada dikala tidur atau biasa kita sebut “Ngompol”
3. Kita dapat merancang mimpi. Merancang mimpi?? Ya, kita bisa membuat mimpi sesuai alur yang kita inginkan. Jika Anda pernah melihat film “INCEPTION”, Anda akan menyadari bahwa mimpi itu bisa dirancang. Akan tetapi, tentunya dengan latihan dan teknik-teknik tertentu. Ini yang dinamakan “Lucid Dream”. Dengan masuk ke dalam lucid dream, kita dapat melaksanakan apa-apa saja yang mungkin tidak dapat kita lakukan dalam kehidupan konkret (menurut beberapa sumber). Ini akan kita bahas lebih lanjut pada artikel saya berikutnya.
4. Saat bermimpi badan akan lumpuh. Pernahkah Anda melihat seseorang yang lagi tidur, tapi matanya bergerak-gerak?? Hal tersebut dinamakan Rapid Eye Movement (REM). Dalam kondisi REM, biasanya seseorang sedang bermimpi. Jika dalam kondisi REM seseorang itu tadi terbangun secara tiba-tiba, maka beliau tidak akan bisa menggerakkan tubuhnya.  Saya yakin pasti dari Anda pernah mengalami hal tersebut. Kemudian dikait-katikan dengan makhluk halus. 
5. Kita hanya memimpikan apa yang kita ketahui. Mungkin dari kita sering memimpikan di daerah yang absurd dan orang-orang yang tidak kita kenal. Sebenarnya otak kita tidak asal menciptakan hal itu. Semua itu pernah kita lihat, tapi kita tidak bisa untuk mengingatnya. Para jago percaya kalau memori otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk merekam itu semua. Makara otak tidak akan pernah kehabisan “aktor dan setting” yang akan direplay dalam mimpi kita. 


6. Mimpi dapat disambung. Pernahkah Anda bermimpi, kemudian terbangun alasannya suatu hal. Padahal mimpi tadi belum selesai. Kemudian Anda tidur kembali, tidak tahu mengapa mimpi itu tadi menyerupai berlanjut. Ya awalnya terpotong alasannya suatu hal, tapi ketika Anda tidur kembali, dari pecahan itu tadi, mimpi Anda berlanjut kembali. Saya pernah mengalami hal ini. Sampai sekarang tidak tahu mengapa bisa menyerupai itu.


7. Bermimpi dengan tema yang sama. Ketika Anda bermimpi, biasanya tema mimpinya bisa itu-itu saja, menyerupai mimpi lagi di sekolah, mimpi dikejar-kejar, mimpi bisa terbang, mimpi jumpa orang mati, dll.  
Sekian artikel saya tentang