Umumnya tidak terlalu digemari alasannya yakni rasanya yang pahit Manfaat Pare Untuk Kesehatan Manfaat Pare Untuk Kesehatan. Pare atau Paria yang mempunyai nama ilmiah Momordica charantia L. Umumnya tidak terlalu digemari alasannya yakni rasanya yang pahit. Nama daerahnya sangat beragam, diantaranya Paria (Sunda, Batak, Bima, Bugis, Makasar), prien (Gayo), papareh (Madura), paya (Bali), foria (Nias), papare (Jakarta), pare (Jawa), dan popare (Manado).

Pare merupakan tanaman semak semusim yang tumbuh menjalar atau merambat, akarnya merupakan akar tunggang berwarna putih kotor. Batang masifnya berusuk lima dan berwarna hijau. Batang mudanya berambut dan setelah tuanya akan menghilang. Daunnya bundar telur, berbulu, dan berlekuk. Tangkai daun ini berukuran panjang 7-12 cm dan berwarna hijau. Baca juga 10 Sayuran Berkhasiat Obat.
Pare memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, mengonsumsinya dapat memperlihatkan efek manfaat bagi kesehatan. berikut kandungan gizi setiap 100 g pare mentah.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Daun
Kalori (energi) 19 kal 44 kal
Protein 0.8 g 5.0 g
Lemak 0.1 g 0.6 g
Karbohidrat 4.5 g 4.5 g
Serat 1.6 g 1.6 g
Abu 22 g 22 g
Kalsium 288 mg 288 mg
Fosfor 54 mg 54 mg
Kalium 270 mg 510 mg
Besi 2.3 mg 5.0 mg
Natrium  2 mg 19 mg
Niasin  0.3 1.56
Betakaroten 110 mg 5085 mg
Tiamin 0.06 mg 0.13 mg
Ribloflavin 0.07 mg 0.46 mg
Ascorbic acid 54 g 170 g
Air 94 g 84.6
Khasiat Pare Untuk Kesehatan
Demam
Sebanyak 15 g pare kering, 10 g bawang, dan 6 g jahe segar direbus dalam air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu, air rebusannya diberikan kepada penderita.
Tersengat Matahari
Daging buah pare secukupnya dipotong-potong dan dicampur dengan 6 g daun teh. Selanjutnya campuran ini direbus dengan air mendidih. Saat masih hangat, air rebusannya diberikan kepada sipenderita.
Rasa Panas dan Haus
Ambil buah pare secukupnya dipotong-potong, lalu direbus dalam air hingga mendidih. Untuk menghilangkan rasa panas, air rebusan disajikan ketika sudah dingin.
Sakit Perut
Pare secukupnya dibakar hingga menjadi arang, lalu ditumbuk menjadi bubuk. dari abu tersebut diambil 1 g, lalu dicampur dengan air panas hingga menjadi larutan homogen. Kemudian diberikan pada penderita 2-3 kali sehari.
Disentri
Buah pare segar secukupnya dibuat jus, lalu tambahkan air yang telah dididihkan. Kemudian, jus dapat diberikan kepada sipenderita. Selain ramuan tersebut, dapat pula disajikan berupa abu pare dengan air. Membuatnya dengan cara menjemur daunnya hingga kering, kemudian digiling hingga menjadi lembut. Kemudian, sebanyak 3 g abu dimasukan kedalam air panas. larutan ini disajikan setiap 6 jam sekali.
Radang mata (conjuctivitis)
Sebanyak 15 g pare kering dan 10 g bunga krisan direbus dalam air, lalu air rebusannya diberikan kepada sipenderita. Kunjungi Macam-macam penyakit mata
Bisulan
Daun pare secukupnya dijemur hingga kering, lalu ditumbuk menjadi bubuk. Untuk pengobatan, sebanyak 10 g abu dicampur dengan anggur, lalu disajikan kepada sipenderita.
Cacingan pada Anak
Sebanyak 7 g daun pare segar diseduh dengan air matang seperempat gelas, lalau disaring. Air saringan tersebut ditambahkan satu sendok teh madu, diberikan sekaligus kepada sipenderita sebelum makan pagi. Baca juga Obat Cacingan Tradisional
Khasiat lain
Sebetulnya masih banyak khasiat pare selain yang telah disebutkan diatas, makan buah pare dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan menguatkan daya tahan badan penderita sakit gula atau kencing manis.