Penyebab dan cara mengatasi bibir hitam – Bibir yang hitam, kusam, kering, pecah-pecah, itu semua memang sangat mengganggu penampilan. Setiap kali akan tampil keluar rumah tidak memiliki kepercayaan diri yang tepat hanya karena bibir yang hitam. Sebab itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan kecantikan bibir semoga tetap merah.
Bibir yang menghitam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dan pada umumnya yaitu karena referensi hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat ibarat makan sembarang dan tidak teratur, sering merokok, jarang perawatan, dan lainnya. Inilah yang menyebabkan bibir anda menjadi hitam. Jika sudah hitam, memang lebih sulit dan lama untuk mengembalikan kemerahannya.
Sebelum tahu bagaimana cara mengatasi bibir yang hitam, anda perlu tahu lebih lengkap lagi mengenai penyebab bibir hitam. Ini ditujukan semoga anda tidak terjebak pada suatu hal yang ternyata bisa membuat bibir anda menghitam. Berikut ini beberapa penyebab bibir menghitam:
Penyebab dan cara mengatasi bibir hitam  Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam
Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam

Penyebab bibir hitam

1. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan tidak baik yang perlu untuk ditinggalkan. Sebab kebiasaan ini bukan hanya menambah reskio daftar penyakit yang akan menyerang, tapi juga dapat membuat bibir menjadi semakin hitam. Kalau tidak bisa menghindari dan meninggalkan, minimal mengurangi dari sedikit.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

2. Panasnya terik matahari

Panasanya terik matahari merupakan salah satu penyebab bibir anda menghitam. Jika anda keluar ruangan, gunakanlah lip balm sebagai protect bibir anda. Jangan lupa untuk melihat ingredients, apakah sudah mengandung SPF tinggi atau belum. Sebab yang paling berperan dalam melindungi dari terik matahari yaitu kandungan SPF tersebut. Selalu gunakan protect bibir setiap kali anda keluar.

3. Mengeringnya bibir

Bibir yang kering bisa menyebabkan warnanya menjadi lebih mengitam. Sebab keringnya bibir menunjukan kurangnya cairan dan kelembaban bibir. Kelembaban bibir ini sangat penting untuk anda perhatikan. Sebab bibir yang lembab bisa menambah warna kemerahan bibir.

4. Kebiasaan menggigit bibir

Hindarilah kebiasaan mengigit bibir kapanpun dan dimanapun. Sebab menggigit bibir bisa membuat bibir menjadi hitam dan bahkan pendarahan. Biasanya seseorang akan menggigit bibir ketika merasa cemas dan takut, cemas, khawatir, dan grogi. Atasi itu semua dengan cara yang lain dan hindari mengigit atau menjilat bibir.

5. Seringnya pakai lipstik

Memakai lipstik memang bagus untuk menambah kecantikan anda. Namun ingat, jangan memakai lipstik berlebihan. Sebab berlebihan memakai lipsti dapat membuat kandungan paraffin dan logam pada lipstik menyebabkan bibir tidak sehat. Zat-zat akan menumpuk dan menyebabkan bibir menjadi hitam. Pakailah lipstik secukupnya saja.

6. Konsumsi teh dan kopi

Teh dan kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membuat bibir anda semakin menghitam kalau mengkonsumsinya berlebihan atau sering. Kurangilah konsumsi teh dan kopi. Anda bisa menggantinya dengan minuman lainnya. Jika belum bisa menghindari, paling tidak menguranginya.

Baca juga : Efek buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan

7. Kurang nutrisi

nutrisi dalam badan yang kurang dapat menyebabkan badan anda mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu, kurangnya nutrisi juga dapat menyebabkan bibir anda menghitam. Biasanya orang yang kekurangan nutrisi yaitu orang yang sedang menjalani diet. Disaat diet, perbanyaklah makan makanan yang mengandung nutrisi cukup.

8. Konsumsi obat

Mengkonsumsi oat berlebihan dapat menyebabkan overdosis. Bukan hanya itu saja, obat yang berlebihan uga bisa menyebabkan terjadinya penghitaman pada bibir anda. Jadi, kurangilah konsumsi obat. Jangan mengkonsumsi obat berlebihan kecuali oleh saran dokter dan dalam takaran dosis yang sewajarnya.

9. Kurang buah

Buah memiliki kandungan banyak nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk kesehatan bibir anda. Jika kekurangan buah, tentu kesehatan badan beserta bibir anda menjadi berkurang. Bibir akan tampak menghitam dan terlihat tidak sehat. Konsumsilah buah setiap harinya semoga kemerahan dan kesehatan bibir tetap terjaga.

10. Alergi

Memang beberapa orang ada yang alergi kosmetik. Sehingga bibirnya akan tampak menghitam ketika sembarangan memilih kosmetik. Beberapa kandungan yang membuat bibir menjadi menghitam yaitu timbale, mercury. dan wax yang cukup tinggi. Cara yang terbaik yaitu melihat ingredients dan menyesuaikan kondisi bibir.

11. Keadaan badan menua

Salah satu hormon yang paling kuat pada kesehatan bibir yaitu hormon esterogen. Keadaan anda yang semakin menua akan membuat kadar esterogen menjadi menurun. Inilah yang menyebabkan bibir anda menjadi menghitam.

12. Keturunan biologis

Bibir yang hitam juga bisa disebabkan karena keturunan atau faktor genetik. Jika anda memiliki bibir yang hitam, coba lihatlah, apakah anda memiliki riwayat keturunan keluarga yang memiliki bibir hitam? Jika iya, mungkin bibir hitam anda yaitu karena faktor keturunan.

13. Konsumsi alkohol

Alkohol sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kandungan didalamnya bisa membuat kesehatan badan menjadi menurun. Termasuk kesehatan dan kecantikan pada bibir anda. Bibir secara perlahan akan menghitam. Hindarilah minuman alkohol dimanapun dan kapanpun.

14. Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan bibir anda menjadi hitam. Perlahan bibir akan kelihatan membiru dan cenderung menghitam. Jika anda mengalami anemia, konsumsilah makanan yang dapat menambah darah anda.

Cara mengatasi bibir yang hitam

Setelah anda tahu beberapa penyebab dari bibir yang hitam, kini saatnya anda tahu bagaimana caranya mengatasi bibir yang hitam. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi bibir yang hitam:

1. Lemon dan madu

Campurkan lemon dan madu lalu jadikan sebagai jus. Hal ini untuk menghilangkan tan penyebab warna hitam pada bibir. Lemon akan bekerja untuk mengelupaskan tan pada bibir. Sementara madu bermanfaat untuk membuat bibir menjadi merah muda. Anda bisa mengaplikasikan jus lemon yang dicampur madu tersebut pada bibir anda secara merata. Anda bisa mendinginkan jus tersebut atau bisa juga secara langsung.

2. Irisan buah bit

Buah bit sangat kaya akan kandungan nutrisi dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Cukup memijat bibir anda dengan sepotong buah bit dingin. Anda bisa melaksanakan hal ini sambil kalem atau nonton televisi. Dengan melaksanakan cara ini rutin akan dapat membuat bibir anda menjadi lebih merah. Bukan hanya itu, bibir akan lebih lembab dan terlihat sehat.

3. Almond oil

Minyak almond memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Anda cukup mengoleskan minyak almond pada bibir anda secara merata, bibir anda akan tampak lebih lembab, lebih merah, dan lebih sehat. Lakukanlah cara ini secara rutin semoga menerima bibir merah yang sempurna.

4. Jus mentimun

Mentimun juga merupakan salah satu materi alami yang bisa anda pilih sebagai materi perawatan bibir. Anda cukup membuat jus mentimun lalu aplikasikan jus tersebut pada bibir anda secara merata. Setelah beberapa saat, lalu bersihkan dengan air. Bibir anda akan lebih kenyal dan lebih merah.

Baca juga : Manfaat masker mentimun dan cara membuatnya

5. Gliserin sebelum tidur

Bibir yang menghitam juga bisa disebabkan karena bibir pigmentasi. Anda bisa mengoleskan gliserin pada bibir anda menggunakan cotton bud sebelum tidur setiap malam. Perawatan menggunakan gliserin ini dapat mempermudah bibir anda kembali merah.

6. Olesan olive oil

Minyak zaitun sangat baik untuk perawatan kulit. Bibir akan menjadi lebih cerah, lebih merah, dan lebih lembab. Kandungan omega 3 didalamnya sangat cocok untuk perawatan tubuh. Kandungan omega 3 dan antioksidan didalamnya bisa menangkal radikal bebas serta mengangkat sel kulit mati. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ini pada bibir anda secara merata dan lakukan secara rutin.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

Demikianlah berita perihal Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.