Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan. Urang aring merupakan tumbuhan liar yang biasa ditemukan ditempat terbuka, menyerupai ditepi jalan, tanah lapang, dan pinggir selokan. Tanaman ini dapat tumbuh dari tepi pantai hingga ketinggian 1.500 m dpl. Herba tanaman Urang aring ini merupakan tumbuhan memiliki kegunaan obat penting untuk kesehatan, baik pada pengobatan ayurvedic, maupun chinnese herbal medicine untuk tonik ginjal dan hati. Daun mampu dimakan sebagai sayuran.

Urang aring berjulukan botani Eclipta Prostrata L. Sinonimnya yakni Eclipta alba (L), E.alba el marginata boiss, E erecta et prostrata L, E, erecta L, E. parciflora wall, E. philippinensis gandog, E.thermalis bunge, Verbesina alba L. Sedangkan nama daerah, daun sifat, keremek janten (Melayu), Goman, orang aring (jawa), telenteyan (madura), dan daun tinta (maluku).

Sifat dan Khasiat Tanaman Urang Aring

Rasa urang aring manis, asam, bersifat sedikit dingin, astringent. Herba ini masuk kemeridian hati dan ginjal. (yin tonik pada lemah yin hati dan yin ginjal), menyejukan darah sehingga menghentikan pendarahan (hemostatis), pereda demam (anti piretik), antibakterial, antitosik, dan tonik pada susukan cerna, peredaran darah, dan sistem saraf.

Kandungan Kimia Tanaman Urang Aring

Urang aring mengandung phytosterol, isoflavonoids, dan triterpenoid saponins menyerupai nikotin, a therthienyl, a therthienylmethanol, ecliptine,  a-formil-a thertienyl, 2-(Buta-1,3,-diynyl)-5-5(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone, dan tanin. Thiophene derivat memiliki kegunaan menghancurkan cacing dari susukan cerna.
Seluruh bab tanaman diatas tanah (aerial parts), lalu dikeringkan untuk direbus, seduh (infus), dibuat minyak bubuk powder, dan tincture. Herba ini dipanen jikalau tanaman sudah berbunga.

Efek farmakologis dan Hasil penelitian

  • Zat aktif berjulukan wedelolakton yang terkandung pada herba urang aring, memiliki kegunaan hepatoprotektor, yaitu melindungi sel hati dari racun yang ada didalam tubuh.
  • Urang aring meningkatkan jumlah limfosit (sel darah putih yang meningkatkan daya tahan tubuh).
  • Hasil penelitian mengambarkan bahwa urang aring mengatur kadar enzim didalam organ hati yang digunakan untuk melindungi organ tersebut.

Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan

.
Untuk pemakaian luar, cuci herba urang aring segar, kemudian giling hingga halus, bubuhkan pada tempat yang sakit, menyerupai luka bakar, memar, luka berdarah, lalu balut. Bisa juga dengan menggosokan pada kulit kepala dan rambut untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut. Serta air rebusannya  bisa digunakan untuk membasuh eksim, jamur disela kaki (tinea pedis), dan koreng, atau untuk berkumur jikalau gusi bengkak.
Herba yang diminum, rebus herba urang aring segar (30-120 g), atau yang telah dikeringkan (5-10 g)

Indikasi Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan

Menghentikan pendarahan pada muntah darah (hematemesis), batuk darah (hemoptoe), mimisan (epistaksis), kencing darah (hematuria), berak darah (melena), pendarahan rahim (uterina bleeding), hepatitis akut dan kronik, sirosis, diare, anak kurang gizi (infantile malnutrition), keputihan (lekore), sesak nafas (asma), bronkhitis, tubuh terasa lesu dan lemah (neurasthenia), penglihatan kabur, tujuh keliling (vertigo), pembesaran kelenjar, mempercepat pemulihan setelah melahirkan, menghitamkan dan menyuburkan rambut, dan mencegah rambut beruban sebelum waktunya.
Contoh Pemakaian

Keputihan

Rendam herba urang aring segar (30 g) dalam kaldu ayam lalu tim, minum airnya setelah dingin. Baca Obat keputihan dari tanaman berkhasiat

Mimisan

Cuci herba urang aring segar (1 genggam), lalu giling hingga halus, peras dan saring, tambahkan 5 seloki air putih, ditim agar panas, minum sehari 2 kali setelah makan. Kunjungi juga Obat tradisional penyakit sariawan

Diare

Sediakan herba urang aring segar (30 g) lalu rebus herba segar dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas, setelah hambar saring lalu minum.

Batuk berdarah dan Bronkhitis

Cuci herba urang aring segar (60 g), lalu giling hingga halus. Peras dan saring . Seduh air yang terkumpul dengan dengan 1/2 gelas cangkir air panas. Dinginkan sebentar dan minum sekaligus. Silahkan membaca untuk Obat batuk alami

Muntah darah

Giling herba urang aring segar (120 g) hingga halus, peras dan saring, lalu minum.

Gusi bengkak

Panggang herba urang aring segar hingga kering. Giling halus hingga menjadi bu8buk. Oleskan bubuk tersebut ke bab gusiyang infeksi dan sakit.

Koreng dikepala

Rebus herba urang aring segar secukupnya. lalu tunggu hingga dingin, dan gunakan untuk membasahi kulit kepala. Gosokan ampas pada koreng. Atau giling herba segar hingga halus, oleskan air pereasan pada koreng.
Catatan
  • Kontraindikasi kalau sakit dengan disertai diare akhir hambar serta organ limpa dan lambung yang lemah.
  • Digunakan juga menghambat penuaan, menyehatkan tulang, gigi, penglihatan, pendengaran, daya ingat, serta menenangkan serta memperbaiki kualitas tidur.
  • Urang aring mengandung pigmen yang berwarna hitam. Di India, urang aring air rebusan daunnya digunakan oleh ibu-ibu untuk mencuci kepala bayi guna merangsang pertumbuhan rambut kepala dan juga untuk mewarnai rambut. Warna hitamnya juga digunakan sebagai tinta tato.
  • Lemah ginjal berdampak pada rambut rontok dan memutih (ubanan) di usia muda, indera pendengaran berdenging (tinnitus), gigi rapuh, penglihatan kabur, dan gangguan saraf (sakit kepala, vertigo).
  • Sudah banyak dibuat obat paten dari herba urang aring.