Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal semenjak dahulu akan khasiatnya dalam dunia kesehatan maupun kecanntikan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Anda pasti penasaran bukan bagaimana isinya, untuk itu pribadi saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, agar bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Kandungan kunyit

1. Kandungan minyak asiri sekitar 5%, kandungan senyawa tersebut meliputi senyawa monoterpen dan senyawa sesqueterpen.
2. Mengandung minyak esensial yang terdiri dari ar-kurmin sekitar 53%, ar-turmeron sekitar 32%, kurlon sekitar 10% dan turmeron sekitar 5%.
3. Memiliki kandungan pati\
4. Kandungan kurkurmin
5. Kandungan resin
6. Bisdes-metoksikurkumin
7. Kandungan selulosa
8. Kandungan desmetoksikurkumin, dan
9. Beberapa kandungan penting yang bermanfaat buat kesehatan tubuh.
Selain itu kunyit juga mempunyai kandungan yang bisa berfungsi sebagai anti mikroba, anti-inflamasi, antifugal dan anti-oksidan yang cukup tinggi yang bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyerang tubuh.
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan  Sejuta Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat untuk kesehatan

1. Meredakan sakit perut

Rasa mulas atau sakit perut bisa hilang dengan mengkonsumsi kunyit. Berdasarkan sebuah penelitian, supplemen yang berasal dari kunyit ternyata lebih efektif untuk mengatasi sakit perut serta gejala gangguan pencernaan lainnya.

2. Mengurangi nyeri sendi

Diantara manfaat kunyit yaitu bisa mengurangi nyeri sendi. Peneliti menemukan bahwa khasiat supplemen yang mengandung ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofen yang bisa mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut.

3. Mencegah penyakit alzheimer

Tidak banyak orang yang mengetahui wacana manfaat kunyit yang satu ini. Para ilmuan percaya jikalau kandungan anti-oksidan tersebut bisa memecah plak amyloid pada otak yang menjadi penyebab alzheimer. Jika sumbatan pada pembuluh darah berkurang, maka episode tertentu pada otak bisa lebih mudah mendapatkan asupan oksigen dan otak bisa berfungsi lebih baik.

4. Membantu mencegah kanker

 Diantara manfaat kunyit yang indah yaitu bisa memerangi penyakit kanker. Seorang hebat nutrisi mengatakan bahwa setidaknya terdapat 30 penelitian yang memperlihatkan bahwa curcumin memiliki khasiat anti-tumor.

5. Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke

Manfaat kunyit lainnya yang tidak kalah penting yaitu bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Curcumin juga memiliki dampak positif terhadap kolesterol. Oleh alasannya ialah itu curcumin bisa membantu menghentikan penumpukan plak yang bisa menutupi arteri dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Melawan penyakit inflamasi

Khasiat anti-inflamasi dari kunyit juga bisa berfungsi sebagai pengobatan anti-inflamasi yang tidak menyebabkan efek samping. Dalam sebuah penelitian mengatakan jikalau kunyit bisa membantu penyembuhan inflamasi mata (uveitis).

7. Melawan demam dan flu

Pada sebuah penelitian awal memperlihatkan bahwa kunyit bisa membantu mengurangi bisul kuman serta virus.

8. Menyembuhkan gangguan pencernaan dan menurunkan berat badan

Diantara manfaat kunyit lainnya yaitu memiliki kemampuan mengatasi problem pencernaan serta bisa membantu mengendalikan berat tubuh menjadi ideal. Selain bisa menyembuhkan gangguan pencernaan juga bisa mengurangi gejala kembung dan gas.

9. Membantu penderita diabetes

Kunyit bisa membantu mengontrol aktifitas glukosa dan insulin. Pada penelitian uji coba yang dilakukan pada binatang memperlihatkan bahwa kunyit bisa menurunkan tekanan gula darah.

Manfaat untuk kecantikan

1. Mengobati jerawat

Untuk mengatasi jerawat, anda bisa mencobanya dengan membuat masker dari kunyit, caranya yaitu campurkan satu sendok makan debu kunyit atau tiga sendok makan air perasan kunyit segar, campurkan dengan sedikit madu dan yogurt, aduklah hingga merata dan kental, kemudian buatlah masker pada wajah anda.

2. Mengatasi kulit berminyak

Kunyit bisa mengontrol kelebihan produksi minyak pada pori-pori kulit anda. Anda bisa membuat masker untuk mengatasi kulit berminyak ini dengan menggunakan dua sendok makan debu kunyit dengan sendok makan air jeruk lemon. Pakailah masker tersebut pada wajah anda dan diamkan selama sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bisa berguna untuk menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini. Anda bisa membuat masker kunyit dengan menyiapakan dua sendok makan debu kunyit, satu sendok makan tepung beras, satu sendok makan susu, dan satu sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut pada wajah kemudian diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

4. Mengatasi pigmentasi

Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa berguna untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena serangan sinar ultraviolet. Jika kulit anda mengalami problem menyerupai itu, cukup oleskan campuran debu kunyit dan dan jus timun segar selama sekitar 20 menit.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi pigmentasi

5. Mengurangi bulu

Siapa sangka jikalau kunyit juga dapat digunakan untuk memperlambat bulu pada tubuh. Agar bulu tidak cepat tumbuh maka rajin-rajinlah memakai lulur yang terbuat dari debu kunyit. Pakailah lulur tersebut minimal seminggu dua kali.

7. Mengangkat sel kulit mati

Kunyit bisa dimanfaatkan buat eksfoliasi, alasannya ialah kandungan serta tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut tanpa mengakibatkan kulit iritasi. Buatlah scrub dari debu kunyit karena scrub tersebut bisa mengakibatkan kulit anda nampak bercahaya dan cerah alami.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati 

6. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Kulit kepala anda gatal serta berketombe? Atau bahkan mungkin rambutnya juga rontok? Anda tidak perlu khawatir lagi karena bahwasanya kunyit bisa mengatasi problem in. Caranya yaitu dengan mengoleskan parutan kunyit pada kulit kepala anda.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat

8. Pewarna rambut alami

Untuk mendapatkan warna rambut yang pirang gelap, anda bisa mewarnai rambutnya dengan menggunakan kunyit. Warna kuningnya yang tajam akan melapisi rambut anda dan menghasilkan warna pirang gelap yang alami. Siapkan seperempat air dari parutan kunyit, kemudian masukkan larutan air kunyit tersebut ke dalam botol spray lalu semprotkan hingga merata pada rambut anda, remas perlahan-lahan dan diamkan hingga rambut mengering, kemudian bilas hingga bersih.
Demikianlah info wacana Sejuta Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.