var Aggregatum nama botani bawang merah Khasiat Bawang Merah Khasiat Bawang Merah. Allium cepa L. var Aggregatum nama botani bawang merah, sedangkan nama absurd bawang merah ialah eschalote, eschlauch dan shalot. Orang jawa biasa menyebutnya brambang sedangkan masarakat sunda menamakannya bawang beureum. Dibeberapa daerah bawang merah juga memiliki nama berbeda-beda ibarat bawang abang mirah (aceh), bawang migareu (alas), bawang sirah, dusun merah (minangkkabau), bawang suluh (lampung), lasuna eja (makasar), jasun mirah (bali) dan bawangi (gorontalo).

Menurut sejarah, bawang merah merupakan tanaman tertua dalam silsilah budidaya tanaman. Menurut catatan dari peninggalan yunani kuno, terbukti bahwa semenjak 4000 tahun silam bawang merah pernah disebut-sebut. Pada masa I dan II Dynasti (3.200-2.700 SM) bang Mesir melukiskan pada patung dan tugu-tugu. Selain itu, pada 1.500 SM bangsa israel telah mengenal bawang merah, Kemudian perkembangan selanjutnya tanaman ini merambah kekawasan, Erofa timur, Erofa barat, Amerika serikat, kemudian ke Asia selatan dan hingga ke bumi Indonesia.

Kandungan Kimia dan Khasiat Bawang Merah

Umbi bawang merah memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi

Kalori 39 kal
protein 1.5 gram
Hidrat-arang 0.3 gram
Lemak 0.2 gram kalsium 36 mg
fosfor 40 mg
Besi 0.8 mg
Vitamin B 0.03 mg
Vitamin C 2 gram
Air 88 gram

Umbi bawang merah juga mengandung asam amino yang tidak berbau, mudah larut dalam air dan tidak berwarna. Ikatan asam amino ini sebagai allin karena pengaruh enzim lain, allin dapat bermetamorfosis zat yang mengandung sulfur yang disebut alisin. Dengan Vitamin B1 itu sendiri.

Melihat indikasi diatas pada kandungan bawang merah semenjak jaman dahulu berguna mengobati beberapa penyakit ibarat :

Bengkak pada payudara
Radang payudara atau mastitis biasanya terjadi 1-2 ahad setelah melahirkan. Biasanya  disebabkan susukan air susu yang tersumbat, serta infeksi basil yang ditularkan dari bayi pada dikala menyusatau bra yang kotor atau busana. Masitis ditandai dengan payudara yang membengkak, keras, panas terasa sakit jikalau disentuh dan warnanya kemerahan. Gejala tersebut juga disertai dengan meriang atau demam. Cara mengatasinya, siapkan bawang merah beberapa butir, kemudian basuh bersih lalu bilas dengan air hangat yang bersih, setelah itu bawang merah dilumatkan dan dilumurkan keseluruh payudara, kecuali adegan puting.

Demam
Bawang merah secukupnya ditumbuk hingga halus, lalu gosokan bawang merah tersebut keseluruh tubuh.

Batuk
Parutlah bawang merah tiga siung, tambahkan perasan air dari jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya. kemudian aduk merata lalu oleskan pada leher dan dada. Baca juga Obat Batuk Alami

Masuk angin
Cuci dan ditumbuk hingga halus 8 siung bawang merah, kemudian remas dengan air kapur sirih lalu gosokan pada perut, tulang punggung, tengkuk, dan kaki.

Hipertensi
Silahkan blender umbi bawang merah 30 gram dengan air secukupnya. Setelah bawang yang sudah dihaluskan tambahkan madu dan diminum 2-3 kali sehari. Kunjungi juga Tanaman Obat Darah Tinggi