Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikaan – Salam ialah sejenis pohon penghasil daun rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan-masakan nusantara. Pohon ini mampu tumbuh mencapai sekitar 30 meter dan gemang 60 cm dengan daun berbentuk jorong-lonjong.
Di sejumlah negara di Asia tenggara daun salam ini banyak digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, baik itu kuliner nasi, daging, sayur mayur maupun ikan. Daun ini biasa dicampurkan dalam kuliner dengan keadaan utuh sebagai penyedap masakan. Dimasak bersama kuliner hingga matang. Ketika dijual di pasar-pasar tradisional biasanya daun salam ini dipasangkan bersama dengan lengkuas ataupun laos.
Daun salam ini telah dikenal semenjak dahulu kaya akan manfaat, selain sebagai materi rempah-rempah daun salam ini juga banyak fungsinya dalam bidang kesehatan, terutama buat pengobatan-pengobatan tradisional yang sifatnya alami. Pada artikel kami kali ini akan kami kupas beberapa manfaat dari daun salam untuk kesehatan ataupun kecantikan.
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikaan  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Rincian gizi daun salam

Daun salam ini kaya akan gizi, vitamin, kaliun, tembaga, kalsium, seng, besi, magnesium, mangan serta selenium. Disamping itu juga mengandung minyak atsiri dan fitokimia penting.

* Vitamin C

Banyak sekali kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun salam ini, setiap 100 gram daun salam tersedia 46,5 mg vitamin C yang setara dengan 77,5 % kebutuhan harian dalam badan yang telah direkomendasikan.

* Vitamin A

Selain vitamin C daun salam juga banyak mengandung vitamin A yang menyediakan sekitar 206 % asupan harian vitamin A ini.

* Asam Folat

Setiap 100 % daun salam terkandung sekitar 180 mg asam folat atau 45 % dari asupan harian.

* Mineral

Kandungan mineral dalam daun salam ini sangat banyak sekali, menyerupai tembaga, kalsium, kalium, mangan, magnesium, besi, seng dan selenium. Kalium mampu berfungsi mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Manfaat daun salam untuk kesehatan

1. Pengobatan diabetes

Daun salam telah terbukti mampu mengobati diabetes tipe 2 yang mampu menurunkan kolesterol, glukosa darah dan trigliserida. Agar mampu menerima hasil yang maksimal debu daun salam mampu dikonsumsi selama 1 bulan rutin. Kandungan antioksidan dau salam mampu memproses insulin dengan efisien, sehingga sangat cocok bagi penderita resistensi insulin dan diabetes.

2. Mempengaruhi kardiovaskuler

Dalam daun salam banyak terkandung senyawa-senyawa yang mampu mencegah stroke dan meningkatkan kesehatan jantung, diantara senyawa-senyawa tersebut yaitu salisilat, flavanoid, fitonutrien dan sebagainya. Bagi penderita hipertensi senyawa flavanoid mampu membantu menormalkan darah pada tubuh. Caranya yaitu dengan mengambil 10 lembar daun salam muda kemudian basuh bersih lalu rebus dengan tiga gelas air. Minumlah dalam keadaan hangat sekali dalam sehari.

3. Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

Banyak orang yang mengkhawatirkan dengan kolesterol, karena kolesterol mampu memicu aneka macam macam penyakit yang mampu mengganggu kesehatan kita. Mungkin dari sebagian anda ada yang belum tahu jikalau sebetulnya daun salam ini mampu membantu menurunkan kolesterol. Caranya yaitu ambil 10 lembar daun salam kemudian rebus bersama tiga gelas air hingga air tersisa sekitar satu gelas. Lalu minum air rebusan tersebut dua kali sehari, minum secara rutin niscaya kolesterol jahat akan hilang.

4. Meredakan rasa sakit

Kandungan sifat anti inflamasi pada daun salam berfungsi mampu mengurangi rasa sakit akhir pembengkakan, keseleo, nyeri serta rematik. Daun salam juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan juga meringankan migrain dan sakit kepala.

5. Mencegah kencing manis

Salah satu awal dari penyebab diabetes yaitu kencing manis, daun salam ternyata mampu neredam penyakit akhir asupan gula yang berlebih. Caranya sangat mudah yaitu cukup meminum rebusan daun salam secara rutin.

6. Mencegah kanker

Kandungan quercetin, catechin dan euganol dalam salam mampu menunjukkan perlawanan terhadap penyakit kanker. Selain itu daun salam juga mengandung parthenolide yang telah terbukti mampu menahan proliferasi sel kanker serviks.

7. Mengobati sakit mata

Bisa melihat ialah suatu nikmat yang besar yang harus kita syukuri, dan mata merupakan pelita kehidupan, maka dari itu kita  juga harus mampu menjaga kesehatan mata. Sakit mata memang mampu mengganggu kenyamanan, buat anda yang mungkin ketika ini sedang terserang sakit mata maka ada baiknya anda mencoba ramuan daun salam ini. Caranya sangat mudah yaitu cukup mengusapkan air rebusan daun salam pada mata, lakukan ini secara rutin setiap harinya hingga mata benar-benar sembuh.

8. Sebagai obat maag

Buat anda yang mungkin ketika ini lagi mengidap penyakit mag tidak ada salahnya anda mencoba dengan ramuan herbal yang alami ini yaitu dengan menggunakan daun salam, Caranya yaitu ambil daun salam sebanyak 15 lembar lalu basuh bersih kemudian rebus bersama air tunggu hingga mendidih. Lalu beri sedikit gula aren sebagai pemanisnya. Diamkan hingga air rebusan tersebut hambar lalu minum, lakukan pengobatan ini setiap harinya hingga rasa perih di lambung mampu hilang.

9. Sebagai obat batuk

Daun salam ini sangat efektif dalam mengatasi gejala infeksi,pilek, flu dan segala jenis gangguan pernapasan. Caranya yaitu rebus 5 lembar daun salam bersama air 2 gelas hingga mendidih, diamkan beberapa ketika hingga air menjadi hangat. Rendam kain dalam air rebusan tersebut kemudian letakkan pada dada untuk meredakan flu, batuk dan pilek.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, penyakit ini mampu disebabkan karena pola makan atau gaya hidup yang salah, namun mampu juga disebabkan karena seringnya emosi yang kurang terkontrol. Daripada menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia maka alangkah baiknya kita menggunakan obat-obatan herbal yang lebih alami, salah satunya yaitu dengan menggunakan daun salam ini. Caranya yaitu ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama dengan tiga gelas air, tunggu hingga mendidih hingga air menyusut menjadi sekitar satu gelas saja, minumlah setengah gelas saja sekali minum, lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

11. Pengusir serangga

Daun salam mengandung asam laurat yang mampu berfungsi mengusir serangga-serangga yang ada di rumah menyerupai nyamuk. Minyak yang berasal dari ekstra daun salam yang dioleskan mampu mengurangi sakit akhir gigitan serangga.

12. Pengobatan gangguan ginjal

Daun salam ini dipercaya mampu mengatasi duduk perkara gangguan pada ginjal, menyerupai infeksi ginjal ataupun gagal ginjal. Caranya menyerupai biasa yaitu dengan mengambil 10 lembar daun salam kemudian basuh bersih, lalu rebus bersama dengan tiga gelas air hingga mendidih dan menyusut hingga menjadi sekitar satu gelas saja. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari secara rutin supaya pembentukan kerikil ginjal mampu berhenti.

13.Pengobatan asam urat

Kandungan zat purin yang bertumpuk mampu mengakibatkan gejala penyakit asam urat, kita mampu mengatasi duduk perkara ini dengan menggunakan daun salam, karena salah satu manfaat daun salam yaitu mampu mengobati penyakit asam urat. Caranya yaitu ambil 10 lembar daun salam, basuh bersih lalu rebus bersama 10 gelas air. Sisakan air hingga menjadi sekitar 5 gelas, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari secara rutin.

14. Mengobati radang tenggorokan

Mengupas manfaat dari daun salam ini memang tidak ada habisnya, karena daun salam ini memang begitu kaya manfaat, salah satu manfaatnya lagi yaitu mampu mengobati sakit radang tenggorokan. Cara pengobatannya yaitu ambil daun salam sekitar 10 – 15 lembar lalu basuh bersih, rebus bersama dengan tiga gelas air hingga mendidih, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari secara rutin supaya radang tenggorokan mampu segera sembuh.

Manfaat daun salam untuk kecantikan

1. Mengatasi rontok dan ketombe

Disamping bermanfaat dalam bidang kesehatan daun salam juga mampu bermanfaat untuk perawatan tubuh, menyerupai contohnya mampu mengatasi duduk perkara rambut rontok dan ketombe. Caranya yaitu dengan dengan membilas rambut menggunakan air rendaman daun salam. Selain itu minyak dari ekstra daun salam juga mampu berfungsi tonik yang mampu mengatasi duduk perkara ketombe dan rambut rontok.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat

2.  Menghilangkan kutu rambut

Caranya yaitu ambil sekitar 50 gram daun salam basuh bersih kemudian rebus bersama dengan 500 ml hingga mendidih, Biarkan hingga dingin, saring air tersebut kemudian aplikasikan pada kulit rambut. Diamkan selama sekitar 3 jam kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga kutu di kepala mampu hilang.

3. Meredakan kulit stres

Daun salam mampu mengatasi duduk perkara kulit setres, sehingga mencegah timbulnya kulit keriput. Caranya yaitu ambil 5 lembar daun salam kering rebus bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih pada wadah yang tertutup. Lalu buka tutupnya dan biarkan mendidih selama sekitar 2 menit. Setelah itu tuangkan ramuan tersebut pada mangkok yang besar, hirup uap ramuan tersebut dalam-dalam.

4. Memutihkan gigi

Manfaat selanjutnya dari daun salam ialah untuk memutihkan gigi. Memiliki gigi yang putih dan bersih memang dambaan semua orang, sebaliknya, gigi yang kuning akan membuat orang menjadi tidak percaya diri. Nah dengan daun salam anda dapat membuat gigi anda menjadi putih dan bersih. Caranya yaitu anda buat pasta gigi tradisional dari daun salam dan kulit jeruk dengan cara dijemur hingga kering, lalu anda tumbuk hingga lembut dan jadikan sebagai pasta gigi.

Baca juga : Penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya

Demikianlah info wacana Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.