Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Jahe merupakan tanaman rimpang yang sudah dikenal semenjak dahulu sebagai materi obat-obatan dan rempah-rempah. Jahe mempunyai ciri khas rimpang berbentuk jemari yang menggelembung tengahnya. Rasa pedas yang terdapat pada jahe disebabkan oleh senyawa keton yang berjulukan zingeron.
Jahe dipercaya berasal dari daratan India, namun juga ada yang mengatakan jikalau jahe berasal dari kawasan Tiongkok. Jahe merupakan salah satu komoditas populer di kawasan eropa sebagai materi rempah-rempah dan obat-obatan. Sifat pedas dan hangat yang terdapat pada jahe mampu memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh kita.
Di Indonesia terdapat beberapa jenis jahe, diantaranya adalah jahe meraj, jahe kuning, jahe gajah dan lain sebagainya. Banyak para mahir dalam bidang pengobatan yang telah memanfaatkan tanaman jahe ini sebagai salah satu materi obat, karena sudah banyak yang terbukti jikalau tanaman jahe ini banyak manfaatnya. Pada artikel kami kali ini akan kami kupas beberapa manfaat dari tanaman jahe baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Berikut Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan  Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Menghangatkan tubuh

Salah satu manfaat jahe yang paling terkenal adalah mampu menghangatkan suhu tubuh. Bagi penduduk kawasan pegunungan biasanya minuman jahe ini sudah menjadi konsumsi wajib setiap paginya, karena hawa yang hambar di pegunungan mampu terobati salah satunya adalah dengan meminum wedang jahe. Disamping itu jahe juga memiliki antitoksin dan antivirus yang mampu mengobati masuk angin dan batuk.

2. Pencegahan timbulnya kanker

Kandungan ekstra jahe mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, ibarat mencegah penyebaran gejala kanker ginjal, prankeas, kanker paru-paru dan gejala kanker kulit.

3. Mengatasi duduk perkara pernapasan

Umumnya duduk perkara pernapasan yang sering diderita adalah duduk perkara batuk dan pilek, jahe merupakan ekspektoran alami yang mampu berfungsi melegakan sistem pernapasan. Dengan meminum segelas wedang jahe mampu menghilangkan dan mengeluarkan lendir sehingga sistem pernapasan mampu pulih ibarat sedia kala.

4. Melancarkan pencernaan

Minuman jahe merupakan salah satu pilihan sempurna untuk melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan, jahe juga mampu mencegah sakit perut dan juga membantu peresapan makanan karena jahe sifatnya mengurangi peradangan pada tenggorokan.

5. Mengatasi memar dan rasa nyeri

Terjadinya benturan benda tumpul kadang mampu menyebabkan timbulnya memar pada kulit. Kandungan senyawa dalam jahe mampu meredakan nyeri jawaban benturan benda tumpul tersebut. karena jahe merupakan anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa nyeri.

6. Menurunkan berat badan

Kandungan sari jahe mampu berfungsi melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh, selain itu kandungan kalorinya juga sedikit sehingga sangat baik dikonsumsi buat orang yang sedang menjalani progam diet.

7. Menjaga kondisi jantung

Terlalu banyak kolesterol yang tersusun dari lemak hewani dan nabati mampu meningkatkan resiko gejala penyakit jantung. Salah satu solusi untuk mengatasi duduk perkara ini adalah dengan mengkonsumsi minuman jahe setiap harinya, karena di dalam jahe terkandung zat-zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

8. Mengatasi mabuk perjalanan

Jahe mempunyai kandungan yang sifatnya anti mual, jadi buat anda yang terbiasa mabuk kendaraan dalam perjalanan jauh maka alangkah baiknya anda mengkonsumsi minuman jahe hangat dulu sebeleum berangkat perjalanan.

9. Mengatasi morning sickness

Istilah morning sickness maksudnya adalah mual pagi, salah satu gejala mual yang biasanya dirasakan oleh ibu-ibu hamil jawaban sistem pencernaan sedikit terganggu. Wedang jahe mampu mengurangi rasa mual sehingga sangat baik diminum dikala perut terasa mual

10. Mencegah kanker usus

Salah satu mahir peneliti dari universitas di Amerika serikat menyatakan jikalau jahe ini mampu mencegah penyakit usus besar ( kanker koloretal).

11. Mengobati sakit kepala

Aktivitas seharian kadang mampu memicu setres berlebih yang mampu menyebabkan resiko penyakit lain, maka dari itu ada baiknya setelah seharian beraktivitas dengan pekerjaannya anda menyambungnya dengan membuat wedang jahe yang hangat sambil melepas lelah dan bercanda dengan keluarga biar pikiran terasa lebih segar.

12. Mengobati alergi

Jahe memiliki manfaat sebagai anti alergi karena di dalamnya terkandung senyawa yang berfungsi mampu mengurangi rasa gatal-gatal jawaban alergi kulit.

13. Mengilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah yang terjadi jawaban sistem pencernaan yang kurang baaik mampu menyebabkan perut jadi mual bahkan ingin muntah, kondisi tersebut juga sering terjadi pada orang yang mengalami masuk angin, sebagai dukungan pertama sebaiknya jangan menggunakan obat-obatan kemasan dulu, cobalah dengan meminum seduhan jahe hangat biar lambung terasa nyaman.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

14. Mengobati penyakit rematik

Caranya adalah siapkan dua rimpang jahe kemudian dibakar di atas bara api, lalu tumbuh hingga halus, setelah itu aplikasikan pada tubuh anda yang terkena gejala rematik.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika sistem imunitas dalam tubuh berpengaruh maka basil mampu ditangkalnya. Salah satu cara untuk menambah sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi wedang jahe secara teratur karena dalam ekstra jahe terkandung antioksidan yang baik buat tubuh.

B. Manfaat jahe untuk kecantikan

Jahe selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jahe biasa dijadikan sebagai masker wajah dengan campurkan materi alami lainnya. Nah berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan.

1. Mengatasi duduk perkara kulit berminyak

Minyak pada kulit bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lembab serta melindungi kulit atar tetap elastis dan tidak mudah keriput, Namun produksi minyak pada kulit yang berlebihan akan menyebabkan aneka macam masalah. Banyak kotoran, debu dan polusi yang menempel pada kulit wajah jawaban kulit wajah yang berminyak. Akibatnya kulit wajah menjadi kusam, gelap hingga muncul komedo atau jerawat. Nah duduk perkara kulit berminyak yang berlebih tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan jahe. Caranya sangat mudah sekali adalah parut jahe, campurkan dengan bubuk kayu manis, bubuk pala, dan beri sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian anda oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi kulit wajah berminyak

2. Mencegah serta mengatasi duduk perkara jerawat

Masalah nanah merupakan duduk perkara umum yang pernah dialami oleh semua orang. Meskipun duduk perkara umum, namun nanah dapat merusak penampilan sehingga harus segera diatasi. Nah jahe juga dapat kita gunakan untuk mencegah atau mengatasi duduk perkara jerawat. Caranya adalah anda basuh kulit wajah anda dengan menggunakan air jahe.

Baca juga: Cara ampuh atasi nanah dalam semalam

3. Menghaluskan kulit

Jahe juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Beberapa produk kecantikan ibarat lulur banyak yang menggunakan ekstra jahe sebagai salah satu materi utamannya. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan zat yang dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut. Untuk menerima kulit yang halus dan lembut, anda mampu menggunakan masker atau lulur yang mengandung ekstra jahe didalamnya.

Baca juga : Cara alami menghaluskan kulit wajah dengan cepat

4. Mengangkat sel kulit mati

Sel kuli mati selain membuat kulit wajah menjadi kusam, dan berangasan juga membuat kulit wajah menjadi gelap. Untuk itu duduk perkara sel kulit mati haru segera diatasi. Jahe dipercaya cukup efektif untuk mengatasi atau mengangkat sel kulit mati.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati

5. Menghilangkan selulit

Selulit kerap membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Selulit biasanya muncul dikala seseorang kehilangan banyak berat tubuh atau pasca melahirkan, sehingga muncul guratan-guratan halus pada kulit. Nah duduk perkara selulit dapat kita atasi dengan menggunakan jahe. Caranya adalah hanya meminum air rebusan jahe setiap hari, maka duduk perkara selulit akan hilang secara perlahan.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi selulit

6. Mencegah serta mengatasi duduk perkara penuaan dini

Munculnya tanda penuaan ibarat kerutan atau garis halus merupakan momok yang sangat angker sekali bagi wanita. Namun anda tak perlu khawatir, duduk perkara kerutan atau penuaan dapat dicegah dan diatasi dengan menggunakan jahe. Caranya adalah anda cukup rajin minum air jahe atau wedang jahe. Jahe mengandung zat yang dapat menghaluskan kulit serta mengencangkan kulit.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi penuaan dini

Efek samping penggunaan jahe

Jahe sesungguhnya aman jikalau dikonsumsi secara tepat, namun kadang juga mampu menjadikan efek samping yang tidak terduga, ibarat misalnya diare, mulas dan rasa yang tidak nyaman di dalam perut. Penggunaan jahe pada kulit terkadang juga mampu menyebabkan iritasi pada kulit, dan menurut sebuah berita ada yang mengatakan jikalau wanita yang sedang mengalami menstruasi mampu menyebabkan tambahnya pendarahan apabila mengkonsumsi jahe.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

Demikianlah berita perihal Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.