Buah ini ditanam oleh bangsa Cina semenjak  Aprikot Buah Penambah Stamina Buah ini ditanam oleh bangsa Cina semenjak 2000 SM dan telah tersebar diseluruh dunia. Aprikot yang dikeringkan berasal dari kawasan Hunza, Pakistan yang dipercaya memperpanjang penduduk kawasan itu. Mengkonsumsi 3-4 buah aprikot kering akan menunjukkan 1/3 adegan kebutuhan NSP (serat) bagi badan dan mencukupi 1/5 kebutuhan vitamin A dan C yang dianjurkan serta sejumlah zat besi.

Kandungan Gizi Aprikot

Vitamin C

NSP (serat)
Zat besi
Potasium
Sorbitol
Beta-karoten
GI 57 (segar)
GI 31 (dikeringkan)

  • Makanan berserat tinggi (khususnya yang dikeringkan) untuk pengeluaran energi yang lebih lambat (seperti halnya buah yang kering, dapat menjadi cemilan olahraga yang bagus)
  • Baik segar ataupun dikeringkan, aprikot mengandung beta-karoten yang berguna untuk menetralkan efek buruk radikal bebas.
  • Aprikot yang dikeringkan ialah sumber zat besi yang baik untuk mencegah kelelahan dan anemia.
Nama Aprikot berasal dari bahasa Romawi, praecox, yang berarti pematangan awal karena aprikot berbuah dan matang pada awal isu terkini panas. Kulit aprikot yang kemerahan dan berbulu halus dengan aroma dan warna yang menarik memiliki reputasi sebagai buah yang sensual, banyak karya sastra percintaan mencantumkan aprikot didalamnya.

Baca juga Buah alpukat berguna untuk kesehatan
Manfaat Kandungan Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Segar kaya akan khasiat

Aprikot memiliki karakteristik yang menarik. Buah segar ini merupakan sumber beta-karoten yang paling bagus, yang terbukti melawan penyakit jantung, stroke, katarak dan beberapa jenis kanker (seperti perut dan paru-paru). ini disebabkan karena beta-karoten merupakan pembasmi yang potensial terhadap ancaman radikal bebas. Beta-karoten juga membantu penglihatan, terutama dimalam hari. menyerupai buah kering lainnya, aprikot kering berpotensi sangat besar menghapus ancaman radikal bebas dan NSP didalamnya membantu melancarkan pencernaan. Tubuh kita dapat mengubah betakaroten dari makanan nabati, menyerupai aprikot, menjadi vitamin A yang diharapkan oleh sistem kekebalan badan dan kesehatan mata. Kebanyakan non vegetarian menerima cukup kebutuhan vitamin A dari makanan hewani.

Biji Aprikot

Jangan terpengaruhi untuk merasakan bijinya, karena biji aprikot mengandung komponen sianida (laetrile atau amygdalin) yang fatal kesudahannya kalau mengkonsumsi berlebihan mengakibatkan persoalan pernafasan, kelumpuhan, dan maut yang mendadak. Biji buah aprikot mengandung sejumlah kecil asam prussik yang rusak kalau dipanaskan.

Aprikot lembut kaya manfaat

Aprikot segar juga kaya akan vitamin C yang diharapkan untuk daya tubuh, meskipun buah ini terlihat lembut, ternyata juga mengandung banyak NSP (serat). Serat yang larut dalam aprikot ialah pektin, tipe serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan berdampak pada kadar GI yang berguna menyediakan cukup energi yang yang tidak mengakibatkan peningkatan tajam pada gula darah dan insulin, selain itu, aprikot juga mengandung sorbitol yang dapat diserap secara perlahan dan melancarkan buang air besar menyerupai efek pada umumnya terdapat pada buah-buahan kering yang lain.